Berlari di Tengah Hutan Raya

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono | 25 January 2018

Tahura Trail Running Race 2018

SPORTKU.COM

Trail running atau berolahraga lari di lintasan offroad menjadi cabang olahraga yang makin digemari di tanah air.

Berlari di jalar setapak yang terbentang di tengah hutan, perkebunan ataupun jalan pedesaan, memang menawarkan daya tarik tersendiri bagi mereka yang mungkin sudah jenuh dengan berlari di jalan raya atau aspal. Sebab, olahraga ini bisa terasa lebih seru dan menantang sekaligus menawarkan pengalaman baru bagi pelakuknya.

Makin tumbuhnya tren trail running di tanah air ditunjukkan dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti Tahura Trail Running Race 2018, akhir pekan lalu di Tahura Juanda, Bandung, Jawa Barat. Tak hanya ratusan, jumlah peserta yang mengikuti lomba ini diklaim Indonesia Biking Adventure (IBA), selaku penyelenggara, mencapai 2300 pelari. Event ini meruakan event tahun yang pada tahun ini event yang ke-6.

Para peserta Tahura Trail Running Race tak hanya berasal dari dalam negeri. Sejumlah pelari asing juga turut berlomba pada kejuaraan yang masuk dalam kalender, Asia Trail Masters (ATM) ini. ATM sendiri meruakan seri kejuaraan trail running terkemuka di Asia.

Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya, Tahura Trail Running Race 2018 berlangsung selama 2 hari. Menurut Taufik Hidayat, ketua IBA, hal itu disebabkan oleh besarnya animo penggemar olahraga trail running dan kategori yang dilombakan juga ikut bertambah.

Hari pertama, Tahura Trail Running Race melombakan 2 kategori yang paling bergengsi, yaitu half marathon (21km) dan Full Marathon (42km). Masing-masing kategori terbagi lagi menjadi 2 kelas, yaitu kategori open dan master (putri/putri).

Hari berikutnya, race ini melombakan kategori 17km, 10km dan Family. Khusus kategori 17km dan 10km, race terbagi lagi menjadi Open (putra/putri) dan Master (putra/putri).

Hujan yang semat mengguyur Kawasan Tahura Juanda juga memberikan bonus kepada para peserta. akibatnya, tak sedikit yang terjatuh di lintasan sehingga membuat peserta menjadi jauh dari kata bersih.

Sebagai bagian dari seri ATM, para juara pada kelas bergengsi di event ini juga akan mendapatkan poin dalam ranking ATM. Poin tersebut akan nantinya diakumulasikan hingga akhir seri untuk menentukan pelari terkuat dari ajang ini.

Kampanye pelestarian lingkungan

Penyelenggaraan Tahura Trail Running Race ruanya tak hanya lomba semata. Event ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungannya.

“Sesuai tema tahun lalu, tahun ini kami juga mengusung tema, satu pohon satu pelari. Artinya setiap peserta akan mendapatkan 1 bibit pohon yang bisa ditanam sendiri atau dibawa ulang, atau didonasikan untuk ditanam di kawasan Tahura Juanda,” jelas Taufik kepada Sportku.com.

Upaya tersebut tentu menjadi sesuatu yang patut diapresiasi agar kawasan hutan yang menjadi arena dalam “permainan” ini bisa tetap terjaga dan terus lestari.

 

Baca juga:
KISAH PESEPAKBOLA YANG NYARIS BUNUH DIRI

Baca juga:
4 Tim Dapatkan Tiket Giro


Seorang pelari saat melintasi perkebunan
galeri-foto-tahura-trail-22469d7b036b8ca.JPG

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pariyono | 25 January 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

BFI Finance Gelar Lomba Lari

BFI Finance Gelar Lomba Lari

RUNNING
Gelaran Anyo Charity Run 2018

Gelaran Anyo Charity Run 2018

RUNNING
Legenda Atlet Roger Bannister Berpulang

Legenda Atlet Roger Bannister Berpulang

RUNNING
BFI Run Siap Digelar April

BFI Run Siap Digelar April

RUNNING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company