Lima Klub yang Pernah atau Masih Dimiliki Gede Widiade

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Fajrin Fathia | Editor: Dedi Hermawan | 2 February 2018

Lima Klub Milik Gede Widiade

SPORTKU.COM

Gede Widiade tercatat setidaknya pernah atau masih memiliki lima klub berbeda di Indonesia, baik di Liga 1 maupun Liga 2.

Nama Gede Widiade saat ini sudah tak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, pria asal Surabaya tersebut menjabat sebagai Presiden Persija Jakarta sejak tahun 2017 lalu. Sebagai orang nomor satu di salah satu klub besar di Indonesia, dirinya tentu tak lepas dari pemberitaan, terutama hal-hal yang terkait klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Meski demikian, tak banyak yang tahu bahwa Gede sebelumnya sudah lama terlibat di sepak bola Indonesia. Bahkan sebelum menjabat sebagai Presiden Persija, ia pernah memiliki klub dan menjabat di posisi yang cukup strategis.

Berikut ini lima klub yang pernah atau masih dimiliki oleh Gede yang disusun oleh redaksi Sportku, Jumat (2/2):

Persebaya I927 (Persebaya IPL)

Barangkali kesebelasan Persebaya 1927 atau yang juga dikenal dengan Persebaya IPL adalah klub pertama bagi dirinya berkecimpung di dunia sepak bola dengan menjabat sebagai CEO. Bahkan dirinya menjabat dalam dua periode yakni di musim 2011/2012 dan 2012/2013.

Ketika Gede menjabat sebagai CEO, Persebaya sendiri bermain di kompetisi Indonesia Primer League (IPL). Di tangan pria yang memiliki perusahaan di bawhah bendera Spring Hill itu sukses mengantarkan klub tersebut sebagai runner up di musim 2011/2012 lalu.

Rheza Mojokerto Putro

Selepas menjabat sebagai CEO Persebaya, Gede mengelola tim asal Jawa Timur lainnya, yakni PS Mojokerto Putro. Dikutip dari Bola, ia sukses mengakuisisi sebanyak 90 persen saham klub tersebut sehingga dapat dikatakan dirinya menjadi pemilik mayoritas klub tersebut.

Uniknya, akuisisi yang dilakukan oleh Gede pada tahun 2013 lalu itu pun mengubah nama PS Mojokerto Putro menjadi Rheza Mojokerto Putro. Nama Rheza sendiri merupakan nama anak dari pria berdarah Bali tersebut.

Baca juga
Pebalap Formula 1 Akan Dilengkapi dengan Sarung Tangan Canggih

Persebaya ISL (Kini Bhayangkara FC)

29 April 2015 dapat dikatakan sebagai hari bersejarah bagi Gede. Ia sukses mengakuisisi sebagian besar saham PT Mitra Muda Inti Berlian (MMIB). Hal tersebut membuat dirinya menjadi pemilik dari kesebelasan Persebaya yang bermain di ajang Liga Super Indonesia.

Dalam perjalannya, Persebaya ISL berubah nama menjadi Persebaya Surabaya United, Bonek FC, Surabaya United sampai akhirnya melebur dengan PS Porli dan mengubah nama menjadi Bhayangkara Surabaya United pada tahun 2016 dan kemudian menjadi Bhayangkara FC setelah sebagian besar saham Gede diakusisi oleh pihak Polri.

Gede sendiri mengaku bahwa dirinya sudah tak memiliki saham di Bhayangkara FC. Namun, meski begitu banyak pihak yang meragukan dirinya melepas klub ini begitu saja. Banyak yang menganggap bahwa Gede masih memiliki saham di klub ini kendati hanya sedikit. Hal itu terbukti ketika dirinya sering hadir di acara klub ini.

Persija Jakarta

Seperti yang di utarakan di atas bahwa Gede merupakan Presiden Persija. Ia mulai menjabat posisi tersebut mengantikan Ferry Paulus pada Maret 2017 lalu. Di tangan Gede, prestasi tim ibu kota ini lumayan menjanjikan lantaran sukses meraih satu tiket Asia musim lalu.

Meski demikian Gede juga dikritik lantaran membuang pemain macam Amarzukih yang selama tujuh musim belakangan bermain di Persija.

Persika Karawang

Meski sudah menjabat sebagai Presiden Persija—dan memiliki saham di Bhayangkara, namun tak membuat Gede terpaku di klub tersebut. Baru-baru ini ia ditunjuk sebagai CEO kesebelasan Liga 2, Persika Karawang.

Kehadiran Gede di Persika sendiri sebagai upaya yang dilakukan manajemen klub asal Jawa Barat itu untuk promosi ke Liga 1. Sebelumnya mereka sudah merekurt dua pelatih handal, yakni Indra Sjafri dan Ricky Nelson.

Selain Gede, Ustad kenamaan Indonesia, Yusuf Mansur juga dikabarkan menjadi salah satu petinggi Persika Karawang dengan menjabat sebagai komisaris.

Lima Klub yang Dimiliki Gede Widiade (Fajrin Fathia/Sportku)
gede-widiade-persija-official--53541cef74be606.jpg


Baca juga

Inilah Nominal Gaji Pebalap Formula 1

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pesepakbola Tenar Gagal Bersinar

Lima Pesepakbola Tenar Gagal Bersinar

TOP 5
Lima Transfer Termahal Sepanjang Masa

Lima Transfer Termahal Sepanjang Masa

TOP 5
Kejutan Tes Pramusim MotoGP

Kejutan Tes Pramusim MotoGP

TOP 5
Lima Produk Gagal La Masia

Lima Produk Gagal La Masia

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company