Hafizh Syahrin Dipuji Legenda Balap Malaysia

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Bikesrepublic | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: New Straits Times | 7 February 2018

SPORTKU.COM

Kesuksesan Hafizh Syahrin menembus ajang MotoGp 2018 bersama tim Yamaha Tech 3 membuat legenda balap Malaysia bangga.

Shahrol Yuzy Ahmad Zaini mantan pebalap kenamaan asal Malaysia mengaku bangga bahwa saat ini telah lahir pebalap asal Malaysia yang sukses menembus ajang MotoGP. Pebalap yang dimaksud adalah Hafizh Syahrin yang kini tengah menjalani tes bersama Yamaha Tech 3 dan berpeluang besar menggantikan Jonas Folger yang sebelumnya memilih mengundurkan diri karena menderita penyakit Sindrom Gilbert.

Shahrol Yuzy, pebalap yang memutuskan pensiun pada tahun 2002 lalu mengatakan bahwa Hafizh Syahrin adalah jawaban dari doanya lantaran ia ingin agar ada pebalap asal Malaysia yang bisa berlaga di MotoGP.

Saya selalu berharap dan berdoa agar dia (Hafizh Syahrin) bisa bertarung untuk berlomba di MotoGP dan pada saat bersamaan, sebagai orang Malaysia kita harus bahagia dan bangga karena kita memiliki rekan Malaysia yang telah mewakili negara di setiap tingkat balapan motor, mulai dari Moto3 ke Moto2 dan sekarang menjadi kelas utama MotoGP,” ungkap Shahrol Yuzy sepertdi dikutip dari New Straits Times, Selasa (6/2).

"Ini menunjukkan kepada kita bahwa kita memiliki pembalap yang diperlukan untuk menampilkan kebolehan mereka dan berpotensi tidak hanya di Asia Tenggara tapi benua Asia. Kita sekarang hampir setara dengan negara-negara Eropa seperti Spanyol dan Italia yang memiliki pebalap di setiap kelas,” sambungnya.

Baca juga
Energica, Produsen Tunggal MotoGP Listrik

Selain memuji Hafizh Syahrin, Shahrol Yuzy juga memuji para stakeholder balapan yang telah membuat program akar rumput seperti Cub Prix yang telah menjadi platform penting yang membantu mengorbitkan talenta tersembunyi seperti Hafizh.

"Sebagai mantan pebalap, saya tentu saja sangat bangga dengan Hafizh dan inilah yang ingin saya lihat setelah saya pensiun dari balap. Bagi saya kemunculan bakat baru sebenarnya pertama kali terjadi di Cub Prix dimana pembalap muda pemula berusia di bawah 13 tahun. Bisa mengembangkan dan mengasah ketrampilan mereka di kelas Wira,” katanya.

Menurut Shahrol Yuzy, program pembinaan pebalap saat ini lebih baik ketimbang saat dia mentas. Hal tersebut terjadi lantaran tak ada banyak event diselenggarakan sehingga pebalap muda sulit mengasah dan mengembangkan bakat.

“Jika dibandingkan dengan waktu saya, sulit untuk mengasah dan mengembangkan bakat karena tidak ada jalan nyata bagi para pembalap muda untuk mengasah dan memamerkan keterampilan dan bakat mereka. Yang berarti mereka yang memiliki apa yang dibutuhkan, dan bisa menjadi terobosan adalah orang-orang yang terlambat berkembang, tidak seperti Hafizh yang pada usia muda sudah memiliki pengalaman berkendara yang kompetitif selama empat tahun di Moto2,” ujarnya.

Hafizh Syahrin sendiri dikenal sebagai salah satu pebalap muda potensial pada tahun 2007 lalu saat ia terjun di ajang Cub Prix lalu melanjutkan karirinya di FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) mulai tahun 2010 sampai 2012.

Kemudian, Hafizh Syahrin melebarkan sayapnya di Moto2 Eropa pada tahun 2011 sampai 2012 dan mendapatkan wild card untuk membalap di kelas Moto2 dalam seri MotoGP 2013 di Sepang. Tahun lalu, ia finis di urutan 10 di ajang Moto2.

Baca juga
Legenda Liverpool Segera Kunjungi Jakarta

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Hamilton vs Crutchlow, Siapa Menang?

Hamilton vs Crutchlow, Siapa Menang?

CIRCUIT
Fakta Menarik WSBK Australia 2018

Fakta Menarik WSBK Australia 2018

SUPERBIKE
Highlight Marquez-Pedrosa di Jakarta

Highlight Marquez-Pedrosa di Jakarta

MOTOGP
Espargaro-Simeon Setia dengan KYT

Espargaro-Simeon Setia dengan KYT

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company