Jenis Bukaan Pintu Untuk Mobil Sport Kelas Dunia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Autoweek | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

Bukaan Pintu Sportcar Kelas Dunia

SPORTKU.COM

Selain menonjolkan kekuatan mesin, beberapa mobil sport kelas dunia juga memiliki desain konstruksi dan mekanisme bukaan pintu yang unik.

Pintu mobil menjadi salah satu jalan akses keluar masuk bagi penumpang maupun pengemudi. Mekanisme bukaan pintu di desain agar akses keluar masuk lebih mudah, tidak sulit, mudah untuk dioperasikan, dan tidak terlalu banyak makan space ketika terbuka lebar.

Namun untuk sportcar, sering kali kita temui bukaan pintunya memiliki desain yang unik, beda dan memberi kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Berikut enam jenis bukaan pintu pada mobil sport kelas dunia :

Gull-Wing Door
Mekanisme pintu gull-wing door adalah yang dibuka keatas, sehingga membuat akses ke kabin sangat lapang dan tidak perlu khawatir kepala terbentur saat masuk ke ruang kabin.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-23017344289fd4e.jpg

Bukaan pintu seperti ini dilengkapi dengan sistem hidrolik yang pada saat terbuka akan tampak seperti sayap burung. Kendala dari pintu jenis ini adalah bagaimana membuat daun pintu seringan mungkin namun tetap aman ketika terjadi tabrakan dari samping.

Scisoor Door
Jenis bukaan pintu mobil seperti ini pertama kali dipopulerkan oleh Lamborghini, yaitu pada mobil Alfa Romeo Carabo Concept tahun 1968, maka sering kali orang menyebutnya dengan vertical door atau lambo door.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-388194543b9e94b.jpg

Kelebihan pintu yang menyerupai gunting ini adalah saat dibentangkan tidak terlalu lebar, sehingga memudahkan pengemudi atau penumpang yang ingin keluar masuk mobil khususnya pada area sempit, seperti garasi atau di tempat parkir umum.

Butterfly Door
Bukaan pintu jenis ini biasanya kita temukan pada mobil La Ferrari dan McLaren P1. Orang biasa menyebutnya dengan pintu kupu-kupu, kenapa demikian? Karena apabila pintu terbuka dan kita melihatnya dari depan, akan nampak seperti sayap kupu-kupu yang akan terbang.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-34420822c0e77ce.jpg

Raptor Door
Bukaan pintu jenis ini bisa kita temukan pada mobil Koenigsegg. Tampilannya memang beda di banding kelas sportcar lainnya, namun pengemudi maupun penumpang perlu berhati-hati ketika ingin membuka pintu dan turun dari mobil dengan bukaan pintu seperti ini, karena bagian pintu akan langsung tersangkut trotoar jika terlalu dekat dengan sisi jalan.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-75896b4d75f9d3d.jpg

Canopy Door
Canopy door sedikit mengadaptasi pada desain kabin pesawat terbang, dimana bagian atap dan pintu menyatu dan akan terangkat apabila pintu dibuka kedepan.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-2510903e6d08ceb.jpg

Sebenarnya bukaan seperti ini tidak bisa dikatakan pintu, karena desainnya tidak layak seperti pintu. Tapi inilah satu-satunya akses keluar masuk mobil yang bisa dilakukan meskipun harus dengan memanjat.

Sliding Door
Desain seperti ini banyak kita temukan pada mobil-mobil tipe MPV untuk mengakses barisan ruang kedua pada mobil. Tapi jangan salah, karena bukaan pintu tipe ini juga terdapat pada sportcar kelas dunia, seperti Rezvani Beast Alpha. Namun arah sliding untuk mobil ini bukaannya kedepan, bukan kebelakang.

tipe-bukaan-pintu-sportcar-956738e56d4ca42.jpg

Baca Juga:
Modifikasi & Aftermarket Indonesia Tampil Diajang Osaka Automesse 2018

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Autoweek | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

DID U KNOW
Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

DID U KNOW
Rekor Indonesia di Asian Games

Rekor Indonesia di Asian Games

DID U KNOW
Tertua-Termuda di Asian Games 2018

Tertua-Termuda di Asian Games 2018

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company