Lima Transfer Pemain Teraneh di Inggris

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

Lima Transfer Pemain Teraneh

SPORTKU.COM

Inilah lima pemain yang proses transfernya yang dianggap sebagai transfer teraneh yang pernah terjadi di Inggris.

Ketika bursa transfer terjadi. Kerap kali terjadi transfer pemain yang dianggap aneh. Misalnya, Chelsea pada januari 2018 lalu diisukan akan merekrut pemain andalan Stoke City, Peter Crouch yang berusia 36 tahun.

Namun, transfer tersebut akhirnya tak terjadi. Chelsea akhirnya mendatangkan pemain yang lebih muda dari Arsenal, Olivier Giroud.

Chelsea memang pada akhirnya gagal melakukan transfer aneh lantaran mendatangkan pemain yang sudah “habis” tersebut, namun di masa lalu, deretan klub ini melakukan transfer yang dapat dikatakan aneh:

Manchester United – Bebe

Manchester United – Bebe (The Independent)

lima-transfer-permain-teraneh-22850230366f069.jpg

Ada yang menarik dalam transfer Bebe. Pemain berkebangsaan Protugal itu baru saja bergabung bersama kesebelasan Vitoria de Guimaraes yang berkompetisi di Liga Utama Portugal dari tim amatir, Estrela.

Karena baru saja didatangkan, Bebe sendiri belum melakukan pertandingan kompetitif bersama Vitoria. Namun, United berani membayar pemain yang saat didatangkan berusia 20 tahun itu dengan biaya 9 juta euro Rp143 miliar.

Uniknya, Bebe menjadi satu-satunya pemain yang dibeli oleh United era Sir Alex Ferguson yang mana pelatih tersebut bahkan tak pernah melihat permainannya. Ia mengaku setuju dengan transfer ini lantaran atas saran dari asisten manajernya saat itu, Carlos Queiroz.

Benar saja, karir Bebe di Old Trafford tak berjalan baik. Ia tercatat hanya bermain sebanyak tujuh pertandingan bersama United. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu justu lebih sering dipinjamkan dan dilepas secara gratis pada tahun 2014 silam.

Belakangan terungkap bahwa United sebenarnya bisa mendapatkan Bebe dengan harga sekitar 3 juta euro. Namun, bayaran transfer membengkak menjadi 9 juta euro dimana 6 juta lainnya lari ke kantong Jorge mendes, agen sang pemain tersebut.

Notts County – Sol Campbell

Notts County – Sol Campbell (Vice)

lima-transfer-permain-teraneh-6999781b315fdb1.jpg

Sol Campbell membuat kejutan pada tahun 2009 lalu dengan bergabung di klub kontestan League Two atau Divisi Keempat Inggris bersama kesebelasan Notts County. Padahal dirinya merupakan pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Inggris yang pada musim 2008/2009 sukses memenangi Piala FA bersama Portsmouth.

Keputusan Campbell pindah ke klub tersebut lantaran Sven-Goran Eriksson, mantan pelatih Manchester City yang bertugas sebagai Direktur Sepak Bola Notts Couty yang mengatakan bahwa masa depan klub ini cerah lantaran diakuisisi oleh tapian asal Timur Tengah.

Campbell yang mendapatkan kontrak selama lima musim di Notts County itu justru memilih pergi setelah hanya menjalankan satu laga kompetitif bersama klub tersebut. Menurut pengakuannya, ia tak dibayar oleh klub.

Versi lainnya menyebutkan bahwa Campbell memilih keluar dari Notts County lantaran dengan bermain di liga amatir yang membuatnya akan kesulitan menjadi pemain Timnas Inggris di Piala Dunia 2010 lalu.

Baca juga
Ambisi Stoner Terhadap Lorenzo

Leicester City – Roberto Mancini

Leicester City – Roberto Mancini (The Sun)

lima-transfer-permain-teraneh-321948076cad623.jpg

Nama Leicester City dikenal dunia lantaran kesuksesan mereka meraih gelar Liga Primer Inggris pada musim 2015/2016 lalu. Namun, tahukah Anda bahwa klub tersebut pernah membuat gebrakan unik dengan mendatangkan Roberto Mancini. Bukan sebagai pelatih, tetapi sebagai pemain.

Mancini saat itu usianya sudah 36 tahun ketika bergabung dengan Leicester City. Saat itu, dirinya dianggap masih dapat menunjukan kemampuan terbaiknya meski usianya sudah lanjut berkat reputasinya sebagai pemain yang pernah memenangkan Liga Europa pada tahun 1992.

Sayang, Mancini dianggap bermain setengah hati. Bahkan, ia jarang tampil sebanyak 90 menit full. Tak heran dirinya hanya bermain sebanyak empat pertandingan dan kemudian memutuskan pensiun setelah mendapatkan tawaran melatih Fiorentina pada Februari 2001 silam.

Garforth Town – Socrates

Garforth Town – Socrates (Talksport)

lima-transfer-permain-teraneh-2357541780a5683.jpg

Legenda sepak bola Brasil, Socrates secara mengejutkan pada November 2004 lalu kembali ke lapangan setelah hampir 15 tahun lamanya ia memutuskan gantung sepatu. Klub amatis asal Inggris, Garforth Town yang sukses membujuk pemain yang juga memiliki gelar akademisi dokter itu untuk bermain kembali.

Socrates yang saat itu berusia 50 tahun itu pun dipercaya tampil di satu pertandingan kompetitif meski menjadi pemain pengganti dan hanya bermain selama 12 menit. Meski demikian, hal tersebut menjadi sebuah kegilaan tersendiri mengingat pesepak bola yang meninggal pada tahun 2011 lalu itu mau kembali bermain meski hanya di level amatir.

Southampton – Ali Dia

Southampton – Ali Dia (OddsDaily)

lima-transfer-permain-teraneh-1809280daf6535c.jpg

Pada November 1996, Manajer Southampton Graeme Souness menerima telepon dari seorang yang mengaku sebagai George Weah. Nah, Weah palsu ini menawarkan sepupunya, Ali Dia untuk bermain di klub tersebut.

Sebagai pemanis, Weah—yang saat itu tengah menjadi pemain paling populer di dunia—mengatakan bahwa Ali pernah bermain di Paris saint-Germain dan baru saja mencetak gol bagi Timnas Senegal.

Akhirnya pelatih asal Skotlandia itu tertarik dan memberikan kontrak kepada Ali selama satu bulan. Nasib kemudian membawa dirinya bisa tampil di ajang Liga Primer Inggris. Namanya masuk dalam skuad cadangan Southampton.

Hal ini terjadi lantaran banyak pemain klub yang baru satu kali menjuarai Liga Primer Inggris itu banyak dibekap cedera sehingga Ali yang statusnya pemain tim reserve bisa naik kelas.

Sabtu, 23 November 1996, Ali pun debut bersama Southampton. Pada menit ke-32, ia pun diturunkan sebagai pengganti Matt Le Tissier yang cedera.

Menit-menit pertama Souness merasa pemain yang baru dimasukannya itu tak tampil baik lantaran diduga canggung, namun belakangan ia baru sadar bahwa pemain yang dikontraknya itu pesepakbola amatiran. Ali akhirnya ditarik keluar pada menit ke-85 dan digantikan oleh Ken Monko.

Secara total, Ali hanya berada di Southampton selama 14 hari. Ia diputus kontrak oleh The Saint dengan alasan cedera panjang. Banyak yang menganggap alasan tersebut hanya untuk menutupi kesalahan mereka dalam merekrut pemain yang diketahui merupakan pesepakbola amatir.

Baca juga
Simic Hattrick, Persija Hajar PSMS

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Berbagai Sumber | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Fakta Tersembunyi Asian Games

5 Fakta Tersembunyi Asian Games

TOP 5
Lima Alasan Arsenal Bisa Juara

Lima Alasan Arsenal Bisa Juara

TOP 5
Pesona Atlet Taklukan Selebritis Indonesia

Pesona Atlet Taklukan Selebritis Indonesia

TOP 5
Lima rekrutan terbaik Musim 2018

Lima rekrutan terbaik Musim 2018

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company