Akademi Itu Bernama Borussia Dortmund

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

SPORTKU.COM

Borussia Dortmund kini dikenal sebagai akademi baru bagi klub-klub besar Eropa. Apa sebabnya?

Dilepasnya Pierre Emerick Aubameyang ke Arsenal di deadline bursa transfer 31 Januari lalu, membuat Dortmund kehilangan dua pilar penting hanya dalam kurun waktu enam bulan. Ada apa dengan Dortmund? Kenapa mereka sangat berani melepas dua bintang dalam jeda waktu yang singkat. Ini tentunya menjadi pertanyaan bagi pencinta sepak bola melihat fenomena yang dialami Dortmund.

Memang sudah sejak lama Dortmund memulai kebijakan melepas pemain bintangnya ke tim besar di setiap bursa transfer. Hal ini sangat terasa sejak tahun 2012, beberapa pemain bintang mulai keluar dari Signal Iduna Park menuju klub yang bisa memberikan prestasi lebih besar dan juga tentunya gaji besar pula.

Nama-nama seperti Robert Lewandowski, Ivan Perisic, Henrikh Mkhitaryan, Mario Gotze, serta Shinji Kagawa merupakan pemain yang memutuskan hengkang dari Dortmund. Meski dua nama terakhir yang disebut, akhirnya kembali membela Die Borussen karena gagal bersinar di klub yang membelinya.

Baca Juga:
Stadion-Stadion Yang Tergusur di Jakarta

Yang terbaru tentunya sangat menghebohkan, yaitu Ousmane Dembele yang hengkang ke Barcelona di musim panas 2017 lalu. Ia ditebus Barcelona dengan harga 105 juta euro atau setara dengan 1,7 triliun rupiah, sebuah harga yang fantastis untuk seorang pemuda berusia 20 tahun. Apalagi, semusim sebelumnya Dortmund hanya mengeluarkan uang 15 juta euro saja untuk memboyong Dembele.

Kemudian Aubameyang yang dilepas ke Arsenal dengan harga 1 triliun padahal Dortmund hanya mengeluarkan uang 217 miliar ketika membelinya dari Saint-Etienne. Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang didapat Dortmund dari Dembele dan Aubameyang.

Ya, kelihaian Dortmund di bursa transfer memang patut diacungi jempol. Pemain yang dijual pasti memberikan keuntungan besar secara finansial, meski tidak semuanya berjalan mulus karena Lewandowski dan Matts Hummels harus pergi secara gratis ke rival mereka, Bayern Munchen. 

Tapi, meski kehilangan dua pemain penting secara gratis, secara keseluruhan manajemen mereka bisa dikatakan sangat cerdas. Secara total, sejak 2012 keuntungan Dortmund di bursa transfer dalam menjual 11 pemain saja mencapai 260 juta euro. Jumlah yang besar tentunya dalam kurun waktu enam tahun, jadi sekarang bukan hanya Arsenal yang dicap sebagai akademi sepak bola karena kegemarannya membeli pemain muda kemudian melepasnya setelah jadi. Karena, kini ada akademi sepak bola baru bernama Borussia Dortmund.

Baca Juga:
Bekuk Tiongkok, Tim Putra Indonesia Juara BATC 2018

borussia-dortmund-25779dd21e3c38d.jpg

Text : Aga Buge Katiara | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Mega Bintang di Asian Games

Mega Bintang di Asian Games

INFOGRAPHIC
Legiun Asing Baru Liga 1

Legiun Asing Baru Liga 1

INFOGRAPHIC
Perubahan Logo Asian Games

Perubahan Logo Asian Games

INFOGRAPHIC
Negara-negara Adidaya di Asian Games

Negara-negara Adidaya di Asian Games

INFOGRAPHIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company