Marko Simic, Oase Bagi Persija

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Persija Official | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

SPORTKU.COM

Kehadiran Marko Simic anggap sebagai jawaban atas kebutuhan striker tajam yang lama tak dimiliki oleh Persija Jakarta.

Persija Jakarta menjadi klub yang cukup mengejutkan di ajang Piala Presiden 2018 kali ini. Maklum, untuk pertama kalinya dalam ajang ini mereka sanggup masuk hingga babak semifinal setelah sebelumnya selalu mentok di babak grup di dua ajang sebelumnya.

Bahkan anak asuh Stefano Cugurra Teco tersebut berpeluang besar untuk tampil di final usai mengalahkan PSMS Medan di putaran pertama babak dengan skor 4-1 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (10/2) lalu.

Kesuksesan Persija melangkah sejauh ini tak dapat dipungkiri adalah berkat ketajaman Marko Simic. Penyerang asal Kroasia itu kini tercatat sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di ajang Piala Presiden 2018 untuk sementara dengan raihan delapan gol—termasuk hattricknya ke gawang PSMS.

Hebatnya, delapan gol yang diciptakan oleh pemain berjuluk Sumer Simic itu dilakukan hanya dalam enam pertandingan saja. Tak heran, banyak pihak yang menaruh harapan kepada pesepak bola berusia 30 tahun tersebut sebagai oase di tengah padang pasir bagi Persija, terutama dalam mencari sosok penyerang haus gol.

Sebelumnya, Persija memiliki reputasi sebagai pengepul penyerang kelas wahid tak hanya pemain lokal, tetapi juga pemain impor. Nama seperti Bambang Pamungkas, Aliyudin, Budi Sudarsono, Emmanuel De Porras, Greg Nwokolo, hingga Pache Kenmogne pernah tercatat sebagai pemain yang memiliki ketajaman yang memikat.

Namun, belakangan, Persija seperti kesulitan untuk mencari striker haus gol. Bambang yang masih bertahan, mulai termakan usia sehingga ketajamannya setiap tahun selalu menurun. Sementara penyerang lainnya macam Agu Casmir, Ivan Bosnjak, Rudi Widodo, Rahmat Afandi, Mario Costas, Rodrigo Tosi, hingga Boakay Eddie Foday yang pernah bertugas menjadi penyerang justu tak mampu menunjukan kemampuan terbaiknya di Persija.

Baca juga
Intip Kemeriahan HUT Ke-13 Suzuki Thunder

Kegagalan tersebut bahkan terjadi sampai musim lalu di mana Persija tetap kesulitan dalam mencari striker yang mampu mencetak banyak gol. Di awal, tim asal Jakarta itu mendatangkan Bruno Lopes dan Luiz Junior sebagai duet penyerang asing.

Namun di tengah musim, Luis Junior yang sebelumnya tercatat sukses mencetak 17 gol bersama Barito Putera di ajang ISC A 2016 itu didepak lantaran mandul. Penggantinya, Reinaldo Elias juga gagal menunjukan kapasitasnya sebagai penyerang top.

Di awal, Reinaldo memang tampil meyakinkan dengan mencetak lima gol dari tiga pertandingan. Namun, dirinya harus mendapatkan cedera parah dan pada akhirnya memilih untuk pensiun di akhir musim.

Sementara, Bruno Lopez yang mencetak 10 gol di Liga 1 musim 2017 lalu pun memilih hijrah ke Kelantan di awal musim 2018.

Kehilangan dua pemain membuat Persija pun mencari penggantinya. Salah satu dari dua pemain tersebut adalah Simic yang kini berpeluang keluar sebagai top skor turnamen yang merupakan ajang pramusim sebelum liga bergulir.

Sebelum datang ke Indonesia, Simic memang sudah menunjukan kualitasnya sebagai penyerang kelas wahid. Di tahun 2017 lalu, pemain yang pernah menjadi andalan Tim Nasional (Timnas) Kroasia itu sukses mencetak 21 gol dari 28 laga dengan rincian 9 gol di Negeri Sembilan dan 12 gol ketika berseragam Melaka United.

Bila Simic tetap konsisten mencetak gol tak hanya di Piala Presiden, tapi juga saat liga bergulir, tentunya hal ini merupakan sebuah sinyal bahwa Persija sudah tak perlu lagi mencari sosok ideal penyerang berkualitas yang dalam beberapa tahun terakhir ini sulit didapat oleh tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Baca juga
Akademi Itu Bernama Borussia Dortmund

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Persija Official | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Kemenangan Lorenzo, Penyesalan Bagi Ducati

Kemenangan Lorenzo, Penyesalan Bagi Ducati

TOPIC OF THE WEEK
Kroenke dan Masa Depan Arsenal

Kroenke dan Masa Depan Arsenal

TOPIC OF THE WEEK
Fernando Alonso: Sayonara Formula 1

Fernando Alonso: Sayonara Formula 1

TOPIC OF THE WEEK
Kilas Balik Asian Games

Kilas Balik Asian Games

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company