Manfaat Pengaplikasian Ukuran Ban Berbeda di Balap Drag Race

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 12 February 2018

Penjelasan Mengenai Ban Drag Race

SPORTKU.COM

Untuk balapan drag race mobil, pengaplikasian ban depan dan belakang mengalami perbedaan. Mengapa demikian? Simak ulasannya di sini!

Balap drag race memang mengutamakan kekuatan performa mesin di atas lintasan lurus. Meski jeroan mesin sudah mengalami peningkatan, namun ada bagian yang juga harus disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut. Bagian tersebut adalah ban. Peranti ini memiliki peranan penting dalam balap drag race. Sehingga, dalam pengaplikasiannya, ban depan dan belakang mobil drag menggunakan ukuran yang berbeda.

Ada alasan teknis yang melandasi penggunaan ban tersebut. Menurut Galih Ramadhan, mekanik dari RB Auto Tuning, hal tersebut karena untuk mendapatkan traksi saat mobil mulai berakselerasi atau saat start.

Baca juga:
PREMA RACING RESMI PERKENALKAN LIVERY BARU MOBIL BALAP SEAN GELAEL

"Kalau ban belakang lebih kecil itu buat traksi pada saat dia ada pressure atau tekanan ke belakang pada saat start. Terus angin yang diberikan saat jalan lurus itu dia lebih kecil tekanannya, sehingga tekanan yang diberikan ke depan jadi langsung naik dan lebih stabil," ujar Galih atau yang akrab disapa Ais, ketika ditemui di sela-sela putaran terakhir Sentul Drag Race, akhir pekan kemarin (11/2).

Hasil dari penggunaan ukuran yang lebih kecil di bagian ban belakang tersebut pun memberikan efek yang signifikan untuk performa mobil. Karena, dengan begitu hambatan angin yang datang akan diminimalisir dengan lebar ban yang lebih kecil. "Dampaknya lumayan, untuk perubahan waktu lumayan banget," tambah mekanik yang telah berkecimpung selama enam tahun di ajang drag race.

Baca juga:
MIRKO SIMIC, OASE BAGI PERSIJA

Pengaplikasian tersebut pun tidak menuntut hanya bisa digunakan di kelas tertentu. Karena bagi Ais, pengadopsian ban yang berbeda itu bisa dipakai untuk semua kelas dalam balap drag race, mulai dari FFA hingga kelas 19 detik. "Pengguanan tersebut bisa diaplikasikan pada semua kelas, tidak hanya pada kelas tertentu saja," imbuh Ais.

Mengenai ukuran ban yang biasa digunakan, Ais menjelaskan bahwa umumnya ada beberapa ukuran yang biasa dipakai oleh dragster. "3,5 inch. Peleknya bisa ukuran 15 inch. Jadi hanya lebih kecil di tapak ban saja. Idealisnya segitu. Dan rata-rata pemain drag pakai 3,5 inch sampai 5,5 inch dan itu juga tergantung tiap tunernya mereka mau pakai yang mana. Dengan penggunaan ukuran 3,5 inch sudah cukup membantu," pungkas Ais.

  • facebook share

RELATED NEWS

Wolff Ingin Gergaji Halo

Wolff Ingin Gergaji Halo

FORMULA 1
McLaren Resmi Luncurkan MCL33

McLaren Resmi Luncurkan MCL33

FORMULA 1
Dua Pebalap Cadangan Tim Mercedes

Dua Pebalap Cadangan Tim Mercedes

FORMULA 1
Ferrari Resmi Luncurkan SF71H

Ferrari Resmi Luncurkan SF71H

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company