Lima Klub Musafir Liga 1 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 13 February 2018

SPORTKU.COM

Inilah kelima klub kontestan Liga 1 musim 2018 yang akan bermain jauh dari home base-nya.

Liga 1 akan segera bergulir. Bila sesuai dengan jadwal yang ditentukan, liga tertinggi sepak bola Indonesia akan dimulai pada 3 Maret 2018 mendantang.

Meski waktunya sudah mepet dari jadwal kickoff liga. Masih banyak tim kontestan Liga 1 yang belum memiliki stadion yang akan digunakan untuk mengarungi kompetisi yang panjang di tahun ini. Dapat dikatakan mereka akan menjadi tim musafir alias bermain jauh dari home base asalnya.

Berikut ini lima klub yang kemungkinan akan menjalani laga di Liga 1 dengan status sebagai musafir:

Persija Jakarta

Kesebelasan Persija Jakarta menjadi tim pertama yang kemungkinan akan kembali bermain di luar Jakarta. Musim lalu, mereka bermain di Stadion Patriot Candrabaga yang terletak di Bekasi. Namun di tahun 2018 kali ini, stadion tersebut tak dapat digunakan lantaran akan disterilkan untuk ajang Asian Games 2018.

Di ajang Piala AFC, Persija memang dibolehkan untuk menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Namun, untuk partai Liga 1, tim yang terakhir juara Liga Indonesia pada tahun 2001 itu kemungkinan akan menggunakan Stadion Manahan Solo di Kota Solo atau Stadion Singaperbangsa di Karawang.

Persib Bandung

Rival dari Persija, Persib Bandung juga kemungkinan besar akan meninggalkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Jalak Harupat. Kedua stadion masih dalam tahap renovasi untuk digunakan ajang Asian Games 2018.

Sebagai gantinya, markas tim PSGC Ciamis, Stadion Galuh akan dijadikan sebagai home base. Meski demikian, kapasitas yang stadion yang berada di Kabupaten Ciamis tersebut hanya sekitar 20 ribu kursi. Jumlah tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan Stadion Siliwangi yang memiliki jumlah kursi sebanyak 25 ribu.

Hal ini justru berpotensi chaos mengingat banyak Bobotoh—julukan pendukung Persib—yang kesulitan mendapatkan akses masuk.

Baca juga
Panahan Putra Lolos Final Test

Bhayangkara FC

Juara Liga 1 musim 2017, Bhayangkara FC juga mendapatkan masalah serupa. Mereka dilarang untuk menggunakan Stadion Patriot Candrabaga—stadion yang sama yang digunakan oleh Persija.

Awalnya, tim berjuluk The Guardian tersebut mengusulkan bila Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebagai kandang mereka. Namun, belum ada verifikasi dari PSSI apakah stadion tersebut layak atau tidak.

Sebagai opsi lain, Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur dijadikan pilihan. Bila demikian, hal ini semacam reuni. Pasalnya, klub tersebut pernah menggunakan stadion ini pada tahun 2016 lalu saat masih bernama Surabaya United.

PSIS Semarang

Sebagai tim promosi Liga 1 musim lalu, PSIS Semarang juga kesulitan bermain di Stadion Jatidiri lantaran sedang dalam renovasi dan baru kelar akhir tahun ini.

Sebagai gantinya, PSIS mengajukan Stadion Moch Soebroto sebagai pengganti. Namun, pihak verifikasi PSSI menilai bahwa stadion tersebut masih belum layak dipergunakan untuk jadi arena laga kandang kontestan Liga 1 2018.

Akhirnya, tim Mahesa Jenar sendiri saat ini tengah mengajukan Stadion Maguwoharjo, Sleman untuk dijadikan kandang.

PSMS Medan

Setali tiga uang dengan PSIS Semarang. Sebagai tim promosi. PSMS dilarang menggunakan Stadion Teladan dan Stadion Baharoeddin Siregar lantaran gagal lolos verifikasi. Bahkan mereka juga dilarang untuk menggunakan Stadion Harapan Bangsa, Aceh. Kali ini alasan penolakan lantaran stadion akan direnovasi.

Akhirnya, PSMS pun mengajukan Stadion Utama Riau. Stadion tersebut merupakan salah satu stadion megah yang ada di Indonesia. Stadion yang terletak di Pekanbaru dibuka pada tahun 2012 silam untuk kepentingan PON Riau 2012 silam.

Baca juga
Wasit Indonesia Akan Pimpin Pertandingan Liga Champions

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pesepakbola Tenar Gagal Bersinar

Lima Pesepakbola Tenar Gagal Bersinar

TOP 5
Lima Transfer Termahal Sepanjang Masa

Lima Transfer Termahal Sepanjang Masa

TOP 5
Kejutan Tes Pramusim MotoGP

Kejutan Tes Pramusim MotoGP

TOP 5
Lima Produk Gagal La Masia

Lima Produk Gagal La Masia

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company