Lima Skandal Doping Atlet Dunia

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 14 February 2018

Lima Skandal Doping Atlet Dunia

SPORTKU.COM

Banyak atlet yang tersandung skandal besar, mulai dari masalah pribadi hingga penggunaan obat terlarang atau doping. Anda penasaran?

Bagi yang menggemari dunia olahraga pastinya sudah tidak asing dengan istilah doping. Doping adalah penggunaan obat untuk meningkatkan performa dalam berolahraga. Jika seorang atlet merasa kemampuan fisiknya meningkat setelah mengkonsumsi sejenis obat atau karena dosis berlebih, maka hal itu bisa dikatakan sebagai doping. 

Doping kerap kali ditemukan di dunia olahraga karena tuntutan performa yang baik. Untuk itulah, demi mendapat kondisi fisik maksimal beberapa atlet memilih menggunakan doping.  Dan pemberitaan soal doping makin ramai setelah puluhan atlet Rusia terkena kasus doping di beberapa Olimpiade dan kini dicekal untuk ikut di Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan. 

Baca Juga:
Mick Schumacher Kembali Berlaga Di F3 Musim 2018

Yang terbaru, ada atlet speed skating dari Jepang, Kei Saito yang diskors dari Olimpiade Musim Dingin 2018 setelah gagal melewati tes doping. Saito diketahui menggunakan jenis obat masking agent. Dengan temuan ini, ia pun harus meninggalkan ajang ini dan menunggu keputusan dari Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).  

Jika melihat maraknya kasus doping di dunia olahraga, kami akan coba merangkum lima skandal doping atlet dunia, berikut ulasannya.

Lee Chong Wei

Lee Chong Wei (Indiana Express)

atlet-doping-32700b98d9b492c.jpg

Pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, diketahui gagal lolos tes doping jenis dexamethasone saat mengikuti Kejuaraan Dunia 2014 lalu. Kemudian, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengumumkan hasil tes tiga bulan berselang. Lee harus menghadapi persidangan di Amsterdam pada 11 April 2015. Dua pekan kemudian, ia pun dinyatakan bersalah dan dijatuhi larangan bertanding selama delapan bulan. 

Tetapi, setelah lepas dari masa hukuman Lee Chong Wei bangkit dan sempat menduduki peringkat satu dunia dan meraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Maria Sharapova

Maria Sharapova (cnbc)

atlet-doping-2493108c5eed6a7.jpg

Petenis cantik asal Rusia ini tersangkut kasus doping pada Maret 2016. Diketahui ia positif menggunakan obat jenis meldonium, obat tersebut dikonsumsi oleh Sharapova sejak 2006 lalu karena alasan kesehatan. Awalnya, meldonium tak masuk dalam daftar obat yang dilarang, namun sejak 1 Januari 2016 zat tersebut resmi masuk daftar obat yang tak boleh dikonsumsi oleh para atlet.

Sayangnya, Sharapova mengaku lalai tidak membaca pemberitahuan soal perubahan status obat itu yang dikirim melalui email. Akibatnya, ia gagal tes doping jelang Australia Terbuka 2016. Atas hal ini, Sharapova pun diganjar sanksi dua tahun yang pada akhirnya setelah diajukan banding hukuman menjadi 15 bulan saja.

Baca Juga:
Cantiknya Pemanah Jepang, Utano Agu

Ben Johnson

Ben Johnson (BlogTO)

atlet-doping-41803d967d25489.jpg

Sprinter kelahiran Jamaika ini sempat mengundang decak kagum saat meraih medali emas pada Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan. Ia berhasil mencapai rekor dunia 100 meter dengan catatan wakti 9,79 detik. Tetapi, seluruh catatan itu hancur setelah dia terbukti menggunakan doping jenis steroid, Akhirnya IOC mencabut medali emas yang diraihnya.

Lance Armstrong

Lance Armstrong (New York Times)

atlet-doping-798715d5c088fb0.jpg

Juara tujuh kali Tour de France, Lance Armstrong memang dikenal sering dituding menggunakan obat-obatan terlarang sepanjang kariernya. Salah satunya dari rivalnya, Christophe Basson setelah Armstrong memenangi gelar pertama pada 1999. Selang 11 tahun, mantan rekan setimnya, Tyler Hamiltonm, dalam sebuah acara televisi mengaku menjadi saksi jika Armstrong menyuntik dirinya dengan obat sepanjang Tour de France 1999. 

Tetapi, Armstrong selalu membantah tuduhan tersebut dan ia selalu lolos tes doping. Namun, pada Januari 2013, Armstrong akhirnya mengakui perbuatannya. Dalam wawancara kepada selebritas Amerika Serikat (AS), Oprah Winfrey, ia mengaku telah menggunakan obat untuk meningkatkan stamina sepanjang karier balap sepeda. Pengakuan itu diberikan setelah Badan Anti Doping AS (USADA) membeberkan detail laporan tindakan curangnya. 

Setelah itu, karier Armstrong pun benar-benar hancur. Tujuh gelar Tour de France yang diraihnya mulai 1999 hingga 2005 dicabut, selain itu ia juga dilarang bertanding seumur hidup.

Marion Jones 

Marion Jone (Renewed fitness)

atlet-doping-69761d07c5cee0a.jpg

Atlet atletik Marion Jones sangat terkenal sebelum tersandung masalah doping, sosoknya pun menjadi perhatian ketika memenangi tiga medali emas di Olimpiade Sydney 2000. Tetapi, tujuh tahun berselang, Jones membuat pengakuan mengejutkan, ternyata dirinya menggunakan streroid sebelum Olimpiade Sydney. Pengakuan itu pun akhirnya membuat Komite Olimpiade Internasional (IOC) memintanya mengembalikan lima medali yang telah diraih.

Dan Badan Anti Doping Amerika (USADA) menjatuhkan sanksi selama dua tahun. Derita Jones pun makin bertambah karena dia dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan akibat berbohong kepada agen federal saat menjalani penyelidikan terkait kasus Olimpiade Sydney. 

Baca Juga:
Widodo Akui Bali United Pantas Kalah Dari Yangon

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 14 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Fakta Tersembunyi Asian Games

5 Fakta Tersembunyi Asian Games

TOP 5
Lima Alasan Arsenal Bisa Juara

Lima Alasan Arsenal Bisa Juara

TOP 5
Pesona Atlet Taklukan Selebritis Indonesia

Pesona Atlet Taklukan Selebritis Indonesia

TOP 5
Lima rekrutan terbaik Musim 2018

Lima rekrutan terbaik Musim 2018

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company