Lima Comeback Terbaik Dalam Sepak Bola

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Guardian | Editor: Dedi Hermawan | 17 February 2018

SPORTKU.COM

Dalam sebuah laga sepak bola drama pasti sering terjadi, salah satunya adalah comeback dari tim yang awalnya lebih dulu tertinggal.

Dalam sebuah pertandingan sepak bola terkadang berjalan penuh dengan drama. Salah satu drama sepakbola yang sangat menarik ialah momen di mana tim yang pada awal pertandingan tertinggal namun berhasil menyamakan kedudukan, bahkan akhirnya memenangi pertandingan.

Momen-momen seperti itu tidak bisa lepas dari kegigihan 22 manusia yang bertarung dalam lapangan bola. Tak ada kata menyerah, apalagi lelah di benak mereka. Berikut kami rangkum comeback terbaik dalam sejarah sepakbola

Manchester United vs Bayern Munich (Final Liga Champions 1999)

Manchester United mengakhiri penantian panjang 31 tahun untuk mengangkat kembali titel Liga Champions, yang sekaligus menyempurnakan raihan treble winners pada 1998/99. Pada laga final kontra Bayern Munich di Camp Nou, The Red Devils sebenarnya sudah tertinggal sejak menit keenam lewat gol tendangan bebas Mario Basler,Kendati kalah dari segi permainan hampir di sepanjang laga.

Mental juara United akhirnya berbicara pada injury time. Dua sepak pojok David Beckham berujung gol-dari Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer yang memastikan United mengangkat trofi liga Champions lagi setelah lebih dari tiga dekade.

Baca Juga:
Anak dan Istri Alasan Utama Vizcarra Ingin Menjadi WNI

Deportivo La Coruna vs AC Milan (Perempat final Liga Champions 2004)

Laga ini sepertinya menjadi mimpi buruk bagi Milan. Bagaimana tidak, mereka sebenarnya sudah unggul 4-1 di leg pertama dan diprediksi akan lolos dengan mudah ke semifinal. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Deportivo berhasil unggul cepat lewat gol Walter Pandiani, Juan Carlos Valeron, serta Albert Luque di babak pertama. Milan yang panik akhirnya harus mengubur mimpi mereka ke semifinal karena di babak kedua, Gonzalez Fran mencetak gol keempat tuan rumah yang membuat skor menjadi 4-0.

Liverpool vs AC Milan (Final Liga Champions 2005)

Di partai final liga champion 2004- 2005 Liverpool berhasil menggetarkan Istanbul dengan comeback nya. Gawang Liverpool dibobol Paolo Maldini dan dua gol Hernan Crespo. Mengira harapan meraih gelar UCL kelima sudah pupus, justru Liverpool bangkit hanya dalam waktu enam menit saja, The Reds berhasil menyamakan kedudukan melalui tiga gol dari Steven Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso.

Skor 3-3 akhirnya bertahan sampai waktu normal dan extra time habis. Di babak adu penalti, Liverpool akhirnya mengukuhkan diri sebagai raja Eropa usai memenangi duel dengan skor 3-2. Pertandingan ini pun seolah menjadi deja vu bagi I Rossoneri yang semusim sebelumnya juga merasakan hal sama ketika dipermalukan Deportivo La Coruna.

Baca Juga:
Orbea Enduro Team Bersiap Hadapi EWS

Manchester City vs QPR (Laga terakhir Premier League 2012)

Pada laga terakhir sekaligus penentuan juara Premier League musim 2011-2012, Manchester City tertinggal 1-2 dari Queens Park Rangers (QPR). Dengan waktu semakin menipis dan trofi juara sepertinya akan menjadi milik Manchester United. The Citizens secara luar biasa mampu mencetak 2 gol dari Edin Dzeko dan Sergio Aguero di detik-detik akhir yang akhirnya membawa trofi Premier League ke Etihad setelah 44 tahun puasa gelar.

Barcelona vs Paris Saint-Germain (16 besar Liga Champions 2017)

Laga ini disebut sebagai comeback terbaik di sepak bola. Bagaimana tidak, Barcelona yang kalah 0-4 di leg pertama mampu bangkit dan melakukan keajaiban di Camp Nou. Harapan mereka sempat menipis karena setelah unggul tiga gol, Edinson Cavani mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3. Hal itu pun membuat anak asuh Luis Enrique mau tak mau mecetak tiga gol tambahan.

Tetapi, Blaugrana yang terus menerus menyerang akhirnya bisa mencetak tiga gol hanya dalam waktu kurang dari lima menit lewat dua gol Neymar dan Sergi Roberto mampu membuat seisi stadion bergemuruh karena mereka akhirnya menang dengan skor 6-1 dan lolos ke perempat final. Dengan hasil ini, Barcelona pun tercatat sebagai tim pertama di Liga Champions yang berhasil comeback setelah tertinggal empat gol di leg pertama.

Baca Juga:
Citroen Salip Toyota dan Hyundai di SS6 dan SS7

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Guardian | Editor: Dedi Hermawan | 17 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

Kemenangan Terbesar di Piala Dunia

TOP 5
5 Minuman Berenergi di MotoGP

5 Minuman Berenergi di MotoGP

TOP 5
Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

Alasan Leroy Sane Didepak Jerman

TOP 5
Lima Pemain Tertua Pildun

Lima Pemain Tertua Pildun

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company