Regenerasi Pebalap Tanah Air Harus Diimbangi dengan Konsistensi yang Tinggi

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 20 February 2018

SPORTKU.COM

Regenerasi pebalap terus berlangsung. Akan tetapi, konsistensi dari pebalap di setiap seri juga memiliki peranan penting

Bicara dunia motorsport Tanah Air, khususnya roda empat, memang terus menumbuhkan bibit-bibit pebalap baru. Dalam setiap seri balapan, contoh di gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang sudah digelar sejak beberapa tahun silam, banyak pebalap-pebalap baru muncul di dalam lintasan. Namun demikian, ada satu hal lagi yang patut diperhatikan, yakni konsistensi dari pebalap di setiap serinya.

Memang regenerasi merupakan hal terpenting demi kelangsungan hidup industri balap Tanah Air. Akan tetapi, jika tanpa diimbangi dengan konsistensi yang tinggi dari pebalap, maka bukan tidak mungkin cahaya balap Tanah Air akan mengalami keredupan.

Ibarat lampu pijar, yang semula terang lama kelamaan akan meredup karena bahan bakar untuk lampu tersebut mulai habis. Ada beberapa hal yang melandasi ketidakkonsistensian pebalap untuk terus balapan, salah satunya adalah mengenai biaya atau finansial.

Baca juga:
MENCERMATI BIAYA YANG DIPERLUKAN UNTUK BALAPAN DI INDONESIA

Seorang pebalap senior, Gerry Nasution, memberikan komentar mengenai regenerasi dan konsistensi pebalap Tanah Air.

"Kita tahu bahwa balapan ini adalah olahraga mahal yang marketnya sebenarnya niche banget. Orang banyak yang mau balapan, saya yakin banyak anak-anak muda sekarang yang mau balapan, tapi habis itu dia berpikir mampukah saya? Ya kalau sekali dua kali okelah, tapi kalau untuk konsistensinya, kita kan belum tahu?," jelas Gerry kepada SPORTKU.

Jika kita berkaca dari banyaknya pebalap baru yang berpartisipasi di Sentul, memang cukup melegakan. Hampir setiap kejuaraan yang diselenggarakan di ISSOM selalu diwarnai oleh kehadiran pebalap muda. Bahkan, ada beberapa pebalap yang sudah berumur pun ikut eksis di gelaran ISSOM. Pertanyaan pun muncul, dengan kondisi industri balap Tanah Air seperti sekarang -yang terbilang tidak kondusif-, apakah kegiatan balap di Indonesia bisa terus bertambah atau surut di masa mendatang?

Baca juga:
STADION-STADION UNIK DI DUNIA

"Regenerasi akan terjadi, iya. Tapi apakah itu akan kontinyu dalam keberlangsungannya? Itu tanda tanya," jelas Gerry.

"Kalau kita bicara pebalap baru sih ada, tapi apakah konsistensinya dapat kita jaga? Ya tidak tahu. Karena biar bagaimanapun, jangankan untuk satu musim, dari seri ke seri saja ada beberapa pebalap yang tidak konsisten untuk berpartisipasi, dalam artian di seri ini hadir, nanti di seri depan tidak hadir," sambungnya.

Untuk menjaga konsistensi pebalap memang dibutuhkan effort yang lebih besar. Tidak hanya dari sisi finansial yang jelas menjadi faktor utama. Dari segi ketersediaan waktu, hal ini pun kadang berbenturan dengan agenda lain yang memang terjadi dadakan atau agenda penting yang sudah dijadwalkan di awal.

Dengan kata lain, menjaga konsistensi pebalap untuk tetap berada di jalur balap tidaklah mudah, jika dibandingkan dengan regenerasi. Nah, perlukah kita duduk bersama untuk mencari solusi agar konsistensi pebalap tetap terjaga?

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 20 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Catatan Rekor di MotoGP Jerman

Catatan Rekor di MotoGP Jerman

TOPIC OF THE WEEK
Akhir Generasi Emas Belgia

Akhir Generasi Emas Belgia

TOPIC OF THE WEEK
Rahasia Prancis Juara Piala Dunia

Rahasia Prancis Juara Piala Dunia

TOPIC OF THE WEEK
Persaingan di Tour de France

Persaingan di Tour de France

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company