Serena Williams: Saya Nyaris Meninggal Pasca Melahirkan

Text : Maya Soeparwoto | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2018

SPORTKU.COM

Serena Williams membuat pengakuan mengharukan sekaligus mengejutkan saat mengungkapkan dirinya nyaris meninggal kala melahirkan putrinya, Alexis Olympia Ohanian Jr.

Pengakuan Serena Williams tentang pengalaman pelik saat melahirkan putrinya termuat pada pada CNN, Selasa (20/2). Williams sebelumnya telah mengungkapkan beberapa komplikasi yang dimilikinya setelah melahirkan namun kini ia mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang sebuah pengalaman yang sejak saat itu menginspirasinya untuk berbicara mengenai pentingnya perawatan saat kehamilan hingga melahirkan.

Serena mengatakan bahwa kehamilan yang dilaluinya cukup mudah. Putri kecilnya lahir melalui bedah caesar setelah detak jantungnya turun drastis selama kontraksi. Operasipun berjalan lancar. Sebelum ia mengetahuinya, Olympia berada dalam pelukannya. Itu adalah perasaan paling menakjubkan yang pernah ia alami. Tapi itu hanya berlaku 24 jam pasca melahirkan setelah melewati enam hari ketidakpastian.

Semua ini berawal dimulai dengan emboli paru, yang merupakan kondisi di mana satu atau lebih arteri di paru-paru menjadi terhalang oleh pembekuan darah. Karena riwayat kesehatan Serena terkait dengan masalah ini, praktis ia hidup dalam ketakutan. Jadi, ketika ia tidak mampu bernafas, Williams tidak menunggu sedetik untuk mengingatkan perawat.

Sikon ini memicu lebih banyak komplikasi kesehatan baginya. Pertama luka setelah operasi caesarnya  terbuka akibat batuk yang disebabkan oleh *emboli paru. Kembali lagi Serena harus menempuh operasi, dimana para dokter menemukan hematoma yang besar, pembengkakan darah yang menggumpal di perutnya. Tim dokter bergegas melakukan tindakan operasi agar mencegah penggumpalan darah ke paru-parunya. Usai operasi yang kedua dan Serena diperbolehkan pulang, ia harus harus menghabiskan enam minggu pertama untuk rehat di tempat tidur. 

Baca Juga:
Kalah Lagi, Serena Williams Pantang Mundur

"Saya sangat bersyukur memiliki akses tim dokter dan perawat medis yang luar biasa di rumah sakit dengan peralatan canggih. Mereka tahu persis bagaimana menangani pergantian peristiwa yang rumit ini. Jika bukan karena perawatan profesional mereka, saya tidak akan berada di sini hari ini," ujar Serena.

Dengan semua pengalaman ini, kini Serena Williams terus mendorong masyarakat untuk beramal pada Yayasan atau Badan yang menanggulangi para Ibu hamil dan melahirkan juga bagi bayi-bayi yang baru lahir. Di akhir kata hanya kata inilah yang bisa Serena ucapkan "Saya bersyukur karena bisa bertahan".

*emboli paru: Emboli paru adalah kondisi ketika arteri pulmonalis (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung menuju paru-paru) mengalami penyumbatan, biasanya akibat gumpalan darah yang berasal dari kaki atau bagian tubuh lainnya. (Sumber: alodokter)


Baca Juga:
Federer Bukan Petenis Nomor Satu Tertua Dunia?
Roger Federer Raih Gelar ATP Rotterdam Ketiga Kalinya









 

 

 

Text : Maya Soeparwoto | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

McLaren Unggah Teaser 570LT

McLaren Unggah Teaser 570LT

HOT ISSUE
Mobil Sport Listrik Perdana Porsche

Mobil Sport Listrik Perdana Porsche

HOT ISSUE
Jaguar Produksi Hypercar Listrik

Jaguar Produksi Hypercar Listrik

HOT ISSUE
Maling Ini Berhasil Gasak Mercedes

Maling Ini Berhasil Gasak Mercedes

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company