HUT Ke-72 Korps Marinir Adakan Lomba Renang Melintasi Selat Sunda

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Lifestyle | Editor: Andi Wahyudi | 3 March 2018

SPORTKU.COM

Lomba renang dalam rangka HUT-ke 72 Korps Marinir dengan melintasi Selat Sunda akan digelar hari ini, Sabtu (3/3).

Para peserta yang sebagian besar berasal dari korps marinir ini memulai lomba dari Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya, Bakauheni Lampung Selatan menuju Pantai Tanjung Sekong, Dermaga PT Jumbo Power Int, Merak, Banten.

Peserta memulai pertandingan pada Jumat sekitar pukul 21.30 WIB dan diperkirakan finish sekitar pukul 09.00-11.00 WIB pada Sabtu (3/3). Lomba renang tersebut terbagi dalam dua gelombang dengan selisih waktu 10 menit.

Dari 300 perenang, terdapat satu peserta yang sudah berusia 52 tahun. Adalah Mayor Marinir Kardiman, yang menjadi peserta tertua dalam lomba berenang melintasi Selat Sunda, berjarak sekitar 39 kilometer dari Bakauheni (Lampung)-Merak (Banten).

Kepala Dinas Penerangan Korps Marinir Letkol Marinir Ali Sumbogo mengatakan, "Mayor Kardiman merupakan peserta tertua bersama Serma Marinir Abdul Haris yang berumur 52 tahun. Mereka telah mempersiapkan diri untuk lomba renang melintasi Selat Sunda sejak empat bulan lalu."

Kardiman dan Abdul Haris yang saat ini bertugas di Pangkalan Marinir Surabaya, Jawa Timur telah berlatih renang antara dua hingga delapan jam setiap harinya.

Sedangkan untuk peserta termuda tercatat atas nama Ryan Syahputra Nasution (13) dari klub renang Bina Tirta Utara, dan Mahesa Maulana (14) dari klub Raflesia.

Ali Sumbogo juga menjelaskan bahwa terdapat dua peserta wanita yakni Archia Febra Novera dari Ditkuad, dan Ni Luh Putu Meisaningsih dari Lantamal V Surabaya.

Baca Juga :
Toyota Agya Club Rayakan HUT Keempat

Selain itu, kegiatan lain dalam rangka HUT-ke 72 Korps Marinir adalah berupa lomba dayung melintasi Selat Sunda, dengan peserta sebanyak 576 pendayung terbagi atas 72 tim.

"Masing-masing tim terdiri atas delapan atlet, dan pesertanya juga sebagian besar marinir," tambah Ali seperti yang dikutip Republika.

Ia menjelaskan, hadiah untuk juara pertama berenang melintasi Selat Sunda berupa piala, sertifikat, dan mobil. Juara kedua piala, sertifikat, dan mobil, sedangkan juara ketiga piala, sertifikat, dan sepeda motor.

Sedangkan, juara pertama untuk lomba dayung mendapatkan piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp 100 juta. Juara kedua piala, sertifikat, dan uang pembinaan Rp 75 juta, serta juara ketiga memperoleh piala, sertifikat, dan uang senilai Rp 50 juta.

Baca Juga :
Kakek 99 Tahun Pecahkan Rekor Renang Dunia

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Lifestyle | Editor: Andi Wahyudi | 3 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company