Fungsi Aero Rakes Pada Mobil Formula 1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

SPORTKU.COM

Dalam melakoni sesi tes pramusim, mobil balap Formula 1 menyematkan peranti aero rakes. Apa fungsi dari peranti tersebut?

Mobil Formula 1 menjadi lebih aneh ketika sesi tes pramusim sedang berlangsung. Ada beberapa penambahan peranti yang ikut disematkan oleh masing-masing team di mobil mereka. Pengadopsiannya pun terbagi menjadi beberapa sektor, di depan, tengah, atau di belakang. Sebenarnya apa tujuan dari pengadopsian peranti tersebut? Dalam sebuah video yang dirilis oleh Formula 1, mereka menjelaskan perihal fungsi peranti tersebut.

Baca juga:
NYCK DE VRIES TERCEPAT KEDUA, SEAN GELAEL TERUS BERIMPROVISASI

Grill yang dipasangkan di mobil Formula 1 tersebut merupakan sebuah sensor yang biasa disebut 'Kiel Probe'. Benda tersebut merupakan alat pengukur tekanan stagnasi atau stagnasi suhu pada dinamika fluida.

Kiel Probe merupakan bentuk lain dari Pitot probe dimana inlet tersebut dilindungi oleh perisai atau kain selubung. Jika dibandingkan dengan Pitot probe, benda ini kurang memiliki sensitivitas terhadap perubahan sudut yaw, dan oleh karena itu berguna bila aligment probe dengan arah aliran yang bervariasi.

Sejatinya, grill tersebut akan membaca aliran angin yang melewati benda tersebut. Baik itu bagian depan (yang diletakan di belakang ban depan), tengah (di depan ban belakang), dan belakang (di belakang ban belakang dan di depan rear wing), berfungsi untuk membaca aliran angin yang datang.

Nantinya, data yang didapat ini akan digunakan untuk membuat virtual map airflow dan membandingkan yang didapat dari data simulasi yang bertujuan untuk melihat performa mobil yang sejalan dengan harapan tim mekanik. Hasil tersebut juga akan membantu para mekanik untuk mengembangkan mobil mereka dan membuat performa mobil tersebut lebih cepat.

Baca juga
Kekuatan Timnas MTB di Kejuaraan Asia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 8 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Toyota Juara Le Mans 24Hours

Toyota Juara Le Mans 24Hours

CIRCUIT
Mobil F1 Pertama Ferrari

Mobil F1 Pertama Ferrari

FORMULA 1
Bentuk Nyeleneh Mobil F1 Ferrari

Bentuk Nyeleneh Mobil F1 Ferrari

FORMULA 1
Sejarah Penamaan Silver Arrow

Sejarah Penamaan Silver Arrow

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company