Kalah Oleh Petenis Kualifikasi, Ada apa Dengan Djokovic?

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : BNP Paribas Open | Editor: Andi Wahyudi | 12 March 2018

Ada Apa Dengan Djokovic?

SPORTKU.COM

Krisis performa Novak Djokovic terus berlanjut. Ia ditundukkan oleh petenis kualifikasi Jepang Taro Daniel, Senin (12/3).

Novak Djokovic tidak bisa melewati pertandingan pembukaannya di Indian Wells. Tak hanya Indian Wells, ia bahkan harus mengucapkan salam perpisahan dari prestasi yang pernah didominasinya.

Namun ia menyebutnya sebagai "intervensi medis kecil" pada siku kanannya yang merepotkan. Operasi siku kanan yang dilewatinya, ternyata tak memperbaiki performanya. Ia takluk dengan 7-6 (3) 4-6 6-1 oleh petenis peringkat 109 dunia.

Penampilan Djokovic di set terakhir saat melawan Daniel, membuat siapapun yang menontonnya akan terheran-heran. Empat kali juara Grand Slam Amerika Jim Courier mempertanyakan upaya permainan petenis Serbia tersebut, dengan mengatakan Djokovic telah "menyerah."

"Tanda tanya seputar kekalahannya hari ini hanya akan bertambah besar. Kami bertanya-tanya tentang operasi yang telah dilakukannya. Tampak sikunya tak bereaksi terhadap tekanan dan jiwanya pun tidak bereaksi dengan benar di pertandingan ini. Seakan saya menggaruk kepala sendiri tentang dirinya," kata Courier dalam komentar di Tennis Channel.

Dua belas kali juara Grand Slam Djokovic, yang diunggulkan ke-10, mengakui penampilan buruknya. "Rasanya seperti pertandingan pertama yang pernah saya mainkan dalam tur. Sangat aneh. Saya benar-benar kehilangan ritme. Saya berjuang dengan kesehatan beberapa minggu terakhir ini," katanya kepada wartawan. 

Djokovic juga menambahkan, sebenarnya ia sangat bersyukur bisa melakukan operasi sikunya dengan baik. Tapi ia merasa heran karena ketegangan seakan menderanya. Ia juga mengakui bahwa sering melakukan kesalahan sendiri selama pertandingan.

Petenis Serbia ini absen enam bulan setelah terhenti di perempat final Wimbledon tahun lalu. Djokovic tidak bermain lagi untuk sisa tahun 2017 dalam upaya untuk menyembuhkan masalah siku kanannya tanpa operasi.

Praktis ia  harus melewati satu Grand Slam lagi yaitu Amerika Terbuka. Ia kembali di Australia Terbuka Januari lalu dimana ia kalah di putaran keempat. Ironisnya ia dikalahkan oleh petenis muda Korea yang disebut-sebut sebagai duplikat dirinya yaitu Chung Yeon. Kegagalan di Australia Terbuka ini memaksa dirinya menempuh operasi sikunya di Swiss.

Baca Juga:
Djokovic Gagal Melawan 'Duplikatnya'

Pasca operasi, petenis berusia 30 tahun ini belum menjelaskan secara rinci akan kondisinya. Namun dia mengatakan pada hari Minggu bahwa dia awalnya tidak berharap untuk siap bermain di Indian Wells namun pulih lebih cepat dari yang diantisipasi. Ketika ditanya apakah dia khawatir tentang akan mengalami cedera siku lagi saat menghadapi Daniel, Djokovic menjawab, "Tidak juga".

"Yang pasti hanya bermain dalam beberapa pertandingan selama sembilan bulan, Anda akan bertarung di dalam pikiran, apakah Anda fit atau tidak. Dan meskipun Anda tidak memiliki rasa sakit, Anda masih memikirkannya karena itu adalah sesuatu yang saya rasakan dan membawanya selama lebih dari dua tahun." ungkap Djokovic.

Dari hasil laga ini, Daniel telah mengantongi dua putaran kualifikasi dan berhasil menahan petenis kualifikasi Cameron Norris untuk bertemu pertama dengan Djokovic.



 
Baca Juga:
Roger Federer Diganggu Hujan
Serena dan Venus Williams Kembali Berduel di Indian Wells

 

 

 

 

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : BNP Paribas Open | Editor: Andi Wahyudi | 12 March 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

TENNIS
Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

TENNIS
Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

TENNIS
Anderson Menangi Semifinal Wimbeldon Terpanjang

Anderson Menangi Semifinal Wimbeldon Terpanjang

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company