Esksistensi MAT Hingga Tanah Borneo

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 5 April 2018

SPORTKU.COM

Selama 7 tahun lamanya, NSO World terus membuktikan eksistensi MAT (Malang Adventure Trail).

Tak ada salahnya jika mengklaim MAT adalah salah satu yang terbesar dalam jajaran event trail adventure di Indonesia. Meski masih tetap mempertahankan nama Malang Adventure Trail, namun Edi Kampang selaku pimpinan NSO Project untuk pertama kalinya memboyong event tersebut ke luar Pulau Jawa.

Kalimantan Selatan tepatnya Banjarbaru menjadi rujukan pertama gelaran MAT di luar Jawa. Mengusung tema 'MAT7 Explore Borneo', gelaran akbar ini mendapat banyak sambutan luar biasa. Termasuk dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang juga memang punya hobi ngetrail.

Kenapa akhirnya MAT dibawa ke luar Jawa? Ini karena Indonesia memang bukan hanya di Jawa. Tentunya Edi Kampang ingin membawa spirit baru di dunia trail adventure dengan upayanya untuk terus menghapus kesan MAT yang selama ini identik pakai kata Malang.

MAT7 Explore Borneo yang ditayangkan selama tiga hari sejak 31 Maret hingga 2 April menjadi sebuah pilot project. Yang tidak menutup kemungkinan, bahkan bisa dipastikan MAT berikutnya akan terus dibawa keliling nusantara untuk mengeskplore Indonesia lebih dalam.

Seperti halnya MAT7 Explore Borneo. Sejatinya memang benar-benar berkonsep untuk mengeksplorasi potensi yang dimiliki Pulau Kalimantan. Khususnya kawasan Kalimantan Selatan. Eksistensi MAT yang telah digelar sejak tahun 2010 tidak bisa diragukan lagi.

NSO World dalam setiap gelarannya memang selalu mengusung konsep khasnya yang memadukan sebuah event trail adventure dan entertainment. Jadi memang sudah menjadi trendsetter gelaran trail adventure Tanah Air dengan beragam kejutan menarik di dalamnya.

Baca Juga
Mugiyono, Teknisi Helm Asal Indonesia Yang Mendunia

“Bukan tanpa alasan kita memilih Banjarbaru sebagai lokasi central penyelenggaraan MAT7. Di sini antusiasme para pecinta trail adventure sangat besar. Terbukti, hampir setiap minggu event trail adventure selalu digelar di kawasan Kalimantan. Tidak itu saja, dengan mengusung tema Explore Borneo ini, kita benar-benar ingin memberikan pengalaman baru bagi pecinta trail adventure bahwa Indonesia itu sangat luas dan indah,” terang Edi Kampang.

Benar saja, serbuan para bikers membludak di MAT7 Explore Borneo. Tercatat di ruang pendaftaran, ada sebanyak 2.425 peserta yang hadir (sebelumnya dilaporkan 2.684 peserta). Lebih menarik lagi, bukan hanya peserta dari berbagia kawasan di Indonesia, tapi juga ada yang datang dari mancanegara macam Malaysia, Singapura, Thailand hingga Filipina. Sudah menjadi tradisi juga setiap gelaran MAT memang ada bikers dari luar negeri yang ikut nimbrung.

Gayung bersambut. Karena konsep yang diusung MAT7 Explore Borneo kali ini memiliki visi yang sama dengan pemerintah daerah Kalimantan Selatan. Sabirin Noor, orang nomer satu di Kalimantan Selatan langsung mensupport gelaran yang sangat bergengsi di kalangan pecinta trail adventure ini. Gubernur yang sangat low profile ini tidak kalah antusias mengawal gelaran ini hingga selesai.

“Suatu kehormatan bagi warga Kalimantan Selatan event semacam ini bisa digelar di sini. Kalimantan Selatan memiliki banyak potensi dari geografis alamnya dan budaya akan kami suguhkan khusus untuk para tamu yang hadir mengikuti kegiatan selama di Kalimantan Selatan. Bagi para pecinta trail adventure, silahkan menilai sendiri bagaimana track khas Borneo,” ungkap sang Gubernur yang akrab disapa warga Paman Birin.

Tidak tanggung-tanggung Paman Birin benar-benar totalitas dalam mendukung MAT7 ini. Bahkan, lokasi gelaran start dan finish dilakukan kawasan pusat pemerintahan kantor Gubernur Kalimantan Selatan. Beberapa spot wisata andalan Kalsel juga sengaja dijadikan untuk tempat persinggahan.

Untuk sensukseskan gelaran MAT7 Explore Borneo ini, NSO Project tentunya tidak bekerja sendiri. Banyak element yang menjadi bagian dalam kesuksesan event ini. Selain Pemerintah Daerah Kalsel, terlibat juga IMI (Ikatan Motor Indonesia) Pengprov Kalsel yang tidak kalah gesit memberikan supportnya.

Baca Juga
Galeri Foto: MAT7 Explore Borneo

“Kegiatan otomotif di Kalsel dalam setahun memang sangat padat. Termasuk kegiatan yang serupa, untuk itu kami dari IMI mendukung kegiatan hobi otomotif ini dengan merancang jadwal agar tidak bentrok dengan kegiatan serupa lain,” bilang H. Edy Sudarmadi yang menjabat sebagai Ketua IMI Kalsel.

“MAT adalah sebuah event sakral trail adventure. Kami bangga sekali event ini akhirnya singgah di kota kami. Itu artinya, kami menjamu para adventurer dari seluruh Indonesia. Untuk itu kami berusaha memberikan yang terbaik. Baik dari segi suguhan trek, konsep acara dan element pendukung lainnya,” tutur Waluyo selaku Ketua Panitia MAT7 Explore Borneo.

Di MAT7 Exlpore Borneo, panitia juga kembali mendatangkan tamu spesial Graham Jarvis. Juara Dunia Enduro tersebut juga tampak antusias membelah trek Borneo bersama para bikers lainnya. Namun, Agenda utama bule asal Inggris itu memang untuk memberikan materi dalam jadwal coaching clinic. Graham Jarvis berbagi ilmu tentang tips-tips seputar dunia enduro.

“Senang sekali bisa membagikan pengalaman yang saya punya. Indonesia adalah negara yang menurut saya yang sangat indah. Pecinta trail enduro terbesar di dunia bagi saya adalah Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta dalam setiap event trail adventure. Dan sebagian besar fans dan follower Instagram saya adalah orang Indonesia. Amazing,” bilang Jarvis.

Pastinya, lewat popularitas yang dimiliki Jarvis, nama Indonesia pun bisa lebih dikenal di dunia internasional. Lihat saja di lini masa Instagram Jarvis. Dalam sekali postingannya saat mengikuti rangkaian MAT7 Explore Borneo, puluhan ribu komentar dan like memenuhi timeline-nya.

Baca Juga
Tim Drag Bike Tryto Project Bosan Balap Liar (Video)

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 5 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Marc Marquez Semakin Sulit Dijinakkan

Marc Marquez Semakin Sulit Dijinakkan

TOPIC OF THE WEEK
Yamaha Mulai Imbangi Kawasaki-KTM

Yamaha Mulai Imbangi Kawasaki-KTM

TOPIC OF THE WEEK
MotoGP Indonesia, Masihkan Sekadar Wacana?

MotoGP Indonesia, Masihkan Sekadar Wacana?

TOPIC OF THE WEEK
Galang Jangan Sampai Berujung Malang

Galang Jangan Sampai Berujung Malang

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company