Derbi-Derbi Panas di Eropa

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Dedi Hermawan | 7 April 2018

Derbi Terpanas di Eropa

SPORTKU.COM

Pertandingan antara rival satu kota atau disebut 'derbi' sering kali berlangsung dengan tensi panas dan diwarnai bumbu yang sangat menarik.

Di seluruh dunia pasti terdapat pertandingan antara klub sekota dengan tensi yang panas. Begitu pula di Eropa, ada banyak derbi terjadi seperti di Premier League, La Liga, Serie A, dan Bundesliga yang menarik untuk disaksikan.

Mulai dari perseteruan antar suporternya atau dari para pemain yang bertarung di lapangan. Seperti yang akan kami sajikan di bawah ini, berbagai derbi panas yang tersaji di Eropa.

 

Derbi Marseyside (Liverpool vs Everton)

Derbi antara Liverpool kontra Everton ini menjadi salah satu yang terpanas di Eropa. Sebenarnya kedua klub ini awalnya adalah satu klub bernama St. Domingo FC sebelum terjadi perpecahan pada tahun 1800-an. Kesebelasan itu didirikan oleh jemaat gereja St. Domingo yang kemudian berganti nama menjadi Everton FC karena tidak hanya jemaat gereja saja yang ingin bermain melainkan warga sekitar juga ingin berpartisipasi. 

Keributan terjadi saat derbi Marseyside musim lalu (Joe.uk)

derbi-panas-75194bf4fa1ce47.jpg

 

Kemudian, mereka pindah markas dari Stanley Park ke lapangan Anfield milik John Houlding. Tetapi, pemilik lapangan terlibat keributan dengan petinggi Eberton terkait sewa lapangan. Untuk itu Everton akhirnya pindah ke Goodison Park yang jaraknya satu kilometer dari Anfield. Akhirnya, Houlding memutuskan membuat tim baru yang kini dikenal dengan nama Liverpool FC. 

Mulai dari situlah ketegangan kerap terjadi antara kedua tim ini ketika bertanding di lapangan. Bahkan, jumlah kartu merah yang sudah terjadi dalam derbi Marseyside menjadi rekor tersendiri di Premier League, yaitu sebanyak 20 buah. Bahkan, legenda The Reds, Steven Gerrard sampai dua kali menerima kartu merah saat bertemu Everton.

Kini, pertarungan kedua tim sekota tersebut akan kembali tersaji di markas The Toffees pada Sabtu (7/4) malam. Pertandingan ini jelas wajib ditunggu karena Liverpool dalam kondisi terbaik usai mengalahkan Manchester City di Liga Champions. Sedangkan Everton jelas tidak akan kehilangan muka saat tampil di kandang sendiri.

Baca Juga:
Rossi Podium Terbanyak di Argentina

Derbi Manchester (Manchester City vs Manchester United)

Masih di Inggris, kali ini di Kota Manchester. Terdapat dua klub Manchester United dan Manchester City yang sebenarnya tidak terlalu terlibat rivalitas panas. Namun, City diambil alih oleh taipan Uni Emirat Arab semuanya berubah.

Panasnya derbi Manchester 

derbi-panas-99021a34df685fe.jpg

 

Manchester United mulai takut karena City didukung dengan kekuatan uang yang luar biasa sejak saat itu. Hasilnya? City mampu menyaingi United saat menjuarai Premier League 2011/2012 lalu dan kini level bermain mereka justru ada di atas The Red Devils sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson. 

Cukup menarik pada derbi Manchester yang akan berlangsung pada Sabtu (7/4) nanti. Derbi ini bukan sekedar perebutan tiga poin saja tapi masalah harga diri. Karena City dipastikan akan mengunci gelar juara musim ini jika mampu menaklukkan United kali ini. Tentunya hal ini makin menaikkan moral pemain karena menjadi juara usai mengalahkan rival sekota terasa menyenangkan.

 

Derbi Madrid (Atletico Madrid vs Real Madrid)

Derbi kali ini sebenarnya tidak terlalu panas pada awalnya karena yang kita ketahui Real Madrid selalu keluar sebagai pemenang. Namun, sejak Diego Simeone masuk melatih Atletico Madrid pada 2011 lalu, Atletico mulai muncul sebagai tim pengganggu dominasi Real Madrid dan Barcelona di La Liga.

Mereka bahkan bisa keluar sebagai juara La Liga pada 2013 lalu mengalahkan dua tim kuat yang disebutkan di atas. Dan untuk pertemuan dengan Los Blancos, Atletico yang sekarang memang jauh berbeda. Di bawah asuhan Simeone mereka tampil secara spartan dan mengandalkan kekuatan fisik.

Ketegangan terjadi antara Cristiano Ronaldo dan Koke (The Independent)

derbi-panas-301608020d666e4.jpg

 

Terutama saat bertemu El Real. Semangat Los Rojiblancos seolah naik berkali-kali lipat. Dan keributan kecil sering terjadi di lapangan saat kedua tim ini bertemu. Salah satu contohnya adalah saat final Copa Del Rey 2013 lalu, dalam laga yang dimenangi Atletico tersebut, Ronaldo harus menerima kartu merah karena melanggar dengan keras Gabi.

Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim juga sebenarnya cukup berimbang. Meski Real Madrid menang dua kali, Atletico hanya sekali dan dua pertandingan lain berakhir imbang. 

Kini, kedua tim akan kembali bertemu di jornada ke-31 La Liga pada Minggu (8/4) di Santiago Bernabeu. Pertarungan ini diprediksi kembali berjalan keras mengingat kembalinya Diego Costa ke Atletico.

Seperti diketahui sebelum hengkang ke Chelsea 2015 lalu, Costa menjadi aktor antagonis pada derbi Madrid ini bersama Pepe. Memang saat ini Pepe sudah hengkang tapi tetap saja adanya Diego Costa membuat pertandingan ini kembali menimbulkan tensi tinggi.

Ditambah, Atletico kini ada di atas Real Madrid dalam tabel klasemen sementara. Skuat asuhan Simeone saat ini duduk di urutan kedua dengan koleksi 67 poin sedangkan El Real di bawahnya dengan 63 poin.

Derbi Della Madonnina (AC Milan vs Inter Milan)

Di Italia, sebuah pertandingan derbi akan berlangsung sangat panas. Salah satunya adalah derbi Della Madonnina antara AC Milan kontra Inter Milan. Pertarungan ini kian panas karena kedua tim saat ini menghuni satu stadion yang sama sebagai markas mereka. 

Dan momen panas yang paling diingat ketika kedua tim bertemu di leg kedua perempat final Liga Champions 2004/2005. Ketika itu, Inter sudah kalah 0-2 di leg pertama yang membuat mereka butuh gol cepat di leg kedua.

Marco Materazzi dan Rui Costa di derbi Della Madonnina 2005 silam (Sports Nova)

derbi-panas-13454c22b13e832.jpg

Namun, yang terjadi justru sebaliknya, mereka malah kebobolan setelah Andriy Shevchenko mencetak gol. Inter sempat menyamakan kedudukan lewat Esteban Cambiasso tapi gol itu dianulir wasit yang membuat suporter Inter mengamuk.

Berbagai benda mulai dilempar ke dalam lapangan seperti botol dan flare. Lemparan flare dari Interisti bahkan mengenai penjaga gawang Milan, Dida yang membuat pertandingan dihentikan di menit 74. 

Setelah pertandingan dihentikan selama 30 menit, wasit akhirnya memutuskan mengakhiri pertandingan. Inter Milan harus menerima denda dari UEFA sebesar 200 ribu euro atau setara Rp 2,8 miliar dan dinyatakan kalah 0-3 akibat peristiwa ini. 

 

Derbi della Capitale (Lazio vs AS Roma)

Derbi Ibu Kota Italia memang berlangsung sangat panas karena banyak dibumbui hal berbau politis. Kedua klub ini juga punya latar belakang karakter yang berbeda. Suporter Roma dikenal berasal dari wilayah miskin yang menganut paham politik sayap kiri.

Sedangkan tifosi Lazio dari wilayah yang mapan dan mempercayai politik sayap kanan. Bahkan kebencian antar kedua suporter ini membuat mereka melebihi kecintaan terhadap klub kesayangannya. Hal ini terjadi pada 2010 lalu saat suporter Lazio meminta kepada timnya untuk mengalah kepada Inter.

Derbi della Capitale selalu berlangsung panas (The18.com)

derbi-panas-2174613c03276a1.jpeg

Saat itu, Inter memang bersaing ketat dengan Roma untuk memperebutkan gelar juara Serie A. Dan bagi Inter kemenangan atas Lazio bisa memuluskan langkah mereka untuk meraih Scudetto. Padahal, Lazio dalam kondisi yang hampir terdegradasi karena ada di urutan ke-17 klasemen.

Namun, suporter Lazio sepertinya rela tim kesayangannya turun kasta dibandingkan melihat Roma mengangkat trofi. Hal itu terlihat dari tulisan spanduk yang dibentangkan suporter garis keras (Ultras) Lazio. “Jika sampai menit 80 Lazio menang, kami akan masuk ke lapangan!”.

Derbi della Capitalle bisa dikatakan sebagai yang terpanas di Italia karena banyak faktor yang mempengaruhi. Ditambah, kedua klub ini menempati stadion yang sama, yaitu Olimpico. 

 

Derbi Istanbul (Galatasaray vs Fenerbahce)

Sebagai dua klub terkuat di Turki, pertarungan antara Galatasay kontra Fenerbahce memang punya cerita menarik. Jika kedua tim ini bertemu, maka bisa dipastikan tak ada tempat tersisa di stadion. Dukungan keras pun mengalir selama 90 menit diiringi dentuman drum, bendera, poster, flare dan smoke bomb.

Suasana stadion sebelum derbi Istanbul (Youtube)

derbi-panas-716015ac49d072c.jpg

Memang masih ada klub Istanbul lain yaitu Besiktas, tapi perseteruan antara Galatasaray vs Fenerbahce tidak bisa dikalahkan oleh siapapun di Turki. Yang menarik lagi derbi ini sering disebut dengan Intercontinental Derby atau derbi antar benua. 

Bisa dikatakan demikian Istanbul memang terletak di persimpangan benua Asia dan Eropa. Nah, Galatasaray punya letak di sisi Eropa sedangkan Fenerbahce ada di sisi Asia. Untuk itulah derbi ini dikatakan persaingan dua tim antar benua. 

 

Derbi Ruhr (Borussia Dortmund vs Schalke 04)

Pertarungan antar Dortmund kontra Schalke ini bisa dikatakan menjadi derbi terbesar di tanah Jerman, mengalahkan pertandingan Der Klassiker saat Dortmund bertemu Bayern Munchen. Masyarakat Ruhr yang identik sebagai buruk pabrik atau tambang memang punya antusiasme yang luar biasa terhadap sepak bola. 

Derbi Ruhr menjadi yang terpanas di Jerman (DFB)

derbi-panas-17150a4bdf35888.jpg

Tanpa ada embel-embel politik, aroma panas yang tercipta di derbi ini sebenarnya didasari pada harga diri dan kebanggaan untuk jadi yang terbaik di kawasan Ruhr dalam hal sepak bola. Apalagi, kedua klub ini menjadi yang paling sukses di wilayah Ruhr karena sudah mengoleksi berbagai titel juara. Mulai dari Bundesliga, Piala Jerman, Piala Super Jerman, Piala UEFA (sekarang Liga Europa), Piala Winners, Piala Intertoto, hingga Piala Interkontinental.

Baca Juga:
'Superclassico' Pertandingan Panas Sebenarnya

Baca Juga:
Lima Pesepakbola Mata Keranjang

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Dedi Hermawan | 7 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Karius, Kiper Terbaik Premier League

Karius, Kiper Terbaik Premier League

FOOTBALL
Beruntungnya Benjamin Mendy

Beruntungnya Benjamin Mendy

FOOTBALL
Saat Ronaldo Bicara Soal Messi!

Saat Ronaldo Bicara Soal Messi!

FOOTBALL
Manchester United Gandeng Kohler Co

Manchester United Gandeng Kohler Co

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company