11 Pemain Terbaik Bila Yugoslavia Masih Eksis

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : 90 Minutes Up | Editor: Andi Wahyudi | 15 April 2018

SPORTKU.COM

Inilah 11 pemain terbaik bila negara Yugoslavia masih eksis hari ini. Berpotensi menjadi negara kuat di bidang sepak bola.

Piala Dunia 2018 akan bergulir sebentar lagi, dari 32 negara peserta, terdapat dua negara bekas Yugoslavia yang sukses menembus putaran final ajang yang akan mulai bergulir pada pertengahan Juni 2018 mendatang.

Lolosnya dua negara eks Yugoslavia, yakni Kroasia dan Serbia membuktikan bahwa sepak bola di dua negara tersebut sangat kuat. Dan kemungkinan akan menjadi bertambah kuat bila mereka masih berada di bawah bendera nasional yang sama di gelaran Piala Dunia 2018 kali ini.

Inilah daftar 11 pemain terbaik Yugoslavia bila negara tersebut masih berdaulat

Kiper: Jan Oblak

Sebagai seorang kiper, Jan Oblak kini masuk dalam jajaran kiper terbaik di dunia. Kiper asal Slovenia itu menjadi pemain andalan Atletico Madrid dalam beberapa musim terakhir meski usianya masih tergolong muda, yakni 25 tahun.
Musim ini, Oblak menjadi salah satu kiper yang paling jarang kebobolan di La Liga. Tampil sebanyak 31 kali, ia sukses menciptakan 15 pertandingan clean sheet.

Sayang, kemampuan dirinya menjadi tertutup di Timnas Slovenia lantaran negara tersebut bukan negara kuat di Eropa—sehingga gagal lolos ke Piala Dunia. Bila Yugoslavia masih berdiri, tentu dirinya berpeluang main di turnamen besar seperti Piala Dunia.

Bek Kiri: Aleksandar Kolarov

Apa yang membuat AS Roma tampil luar biasa di musim 2017/2018 kali ini. Jawabannya tentu beragam. Namun, kokohnya lini belakang Roma lantaran kehadiran Aleksandar Kolarov, bek berusa 32 tahun yang kembali bangkit usai “tidur panjang” di Manchester City.

Kolarov pun menjadi pemain yang tak tergantikan di Timnas Serbia dan sukses mengantarkan negaranya itu tampil di Piala Dunia.

Bek Kanan: Sime Vrsaljko

Posisi sayap kanan Timnas Kroasia sudah ditakdirkan dihuni oleh Sime Vrsaljko. Hal tersebut lantaran ia tak tergantikan sejak tim nasional kategori usia 15 sampai debutnya bersama tim senior pada 2011 lalu.
Vrsaljko memang bukan pilihan utama di Atletico Madrid. Namun kinerjanya tak pernah mengecewakan bila dipercaya turun ke lapangan.

Bek Tengah: Dejan Lovren

Sejak kehilangan Jamie Carragher, Liverpool pun melakukan pencarian pemain untuk menggantikan sosok legenda tersebut. Sejumlah pemain didatangkan, namun tak ada yang lebih baik sebelum akhirnya mereka mendatangkan Dejan Lovren.

Lovren yang membela Timnas Kroasia memang dikenal sebagai pemain serba bisa. Tak heran ia menjadi pemain kunci dan sukses meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2018.

Baca juga
Playoff NBA Dipenuhi Pebasket Internasional

Bek Tengah: Branislav Ivanovic

Branislav Ivanovic memang sudah dianggap pemain tua. Usianya kini sudah menginjak 34 tahun. Namun, justru pengalaman dirinya sebagai bek masih membuat ia menjadi andalan bagi tim yang ia bela, Zenit Saint Peterburg.

Baru-baru ini Ivanovic mendapatkan jabatan kapten Serbia, hal ini menandakan perannya yang sentral bagi negaranya itu.

Pemain tengah: Luca Modric

Luka Modric saat ini merupakan pemain tengah terbaik tak hanya di Kroasia, namun juga di dunia. Ia memiliki skill yang lengkap sebagai pemain tengah. Memiliki kecepatan, punya naluri dalam mencetak gol namun tak menghilangkan perannya sebagai penyuplai bola dengan umpan akuratnya.

Tak heran bila Kroasia sukses lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 mendatang. Kehadiran Modric membuat negara tersebut sukses lanjutkan tradisi lolos ke ajang empat tahunan itu.

Pemain Tengah: Ivan Rakitic

Barcelona telah kehilangan salah satu pemain paling berbakat yang mereka miliki, yakni Xavi Hernandez. Namun, tak lama mereka sukses menemukan pengganti sepandan, yakni hadir dalam diri Ivan Rakitic.

Rakitic memiliki peran yang sangat krusial di Barcelona. Ia menjadi sosok kreator permainan dengan bertugas sebagai penyambung lini belakang dengan depan.

Pemain tengah: Miralem Pjanic

Ketika Paul Pogba pergi, Juve memutuskan untuk membeli Miralem Prjanic dari AS Roma. Pembelian pemain asal Bosnia itu dianggap sebagai pembelian jitu lantaran ia sanggup menggantikan sosok pemain asal Prancis itu.

Pjanic sendiri memiliki kesamaan dengan Modric. Namun yang menjadi kelebihan dirinya adalah ia memiliki akurasi tendangan freekick yang tinggi.

Sayap Kanan: Ivan Perisic

Di awal musim 2017/2018 lalu, Manchester United sangat ngotot untuk mendatangkan Ivan Perisic. Pemain asal Kroasia itu merupakan motor serangan Inter Milan lantaran karakternya sebagai pemain yang siap bekerja keras dan memiliki kecepatan membunuh.

Sayap Kiri: Kevin Kampl

Lahir di Jerman, namun Kevin Kampl memiliki darah Slovenia yang merupakan bekas negara Yugoslavia. Pemain yang membela RB Leipzig ini adalah pemain serba bisa yang tak hanya bermain di sektor kiri, tapi juga kanan.

Penyerang: Edin Dzeko

Tua-tua keladi, itulah pribahasa yang tepat untuk mengambarkan sosok Edin Dzeko. Penyerang berdarah Bosnia itu kini menjadi salah satu penyerang berbahaya di Serie A. Bahkan musim lalu ia keluar sebagai top skor dengan 29 gol.

Dzeko sendiri mencatatkan namanya sebagai top skor sepanjang masa Timnas Bosnia. Bayangkan bila Yugoslavia masih ada dan diperkuat oleh pemain seperti dirinya. Tentu lini serang mereka menjadi sangat menakutkan.

Baca juga
FIFA akan Kembangkan Piala Dunia Antarklub

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : 90 Minutes Up | Editor: Andi Wahyudi | 15 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Gelar Piala Dunia, Rusia Untung

Gelar Piala Dunia, Rusia Untung

FOOTBALL
Kiper Inggris Pilihan Barton

Kiper Inggris Pilihan Barton

FOOTBALL
Peluang Boateng ke Piala Dunia

Peluang Boateng ke Piala Dunia

FOOTBALL
Griezmann Galau, Bertahan Atau Pergi?

Griezmann Galau, Bertahan Atau Pergi?

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company