Aikido Kobayashi Dojo Japan Gelar Seminar

Text : Suhartono | Photo / Video : Aikido Reflow Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 25 April 2018

Ratusan Aikidoka Indonesia Hadiri Seminar

SPORTKU.COM

Aikido, seni bela diri dari Jepang yang dikembangkan oleh Morihei Ueshiba, makin diminati oleh penikmat martial art di Indonesia.

Hampir 1000 orang Aikidoka -istilah untuk praktisi Aikido- menghadiri seminar Aikido yang diselenggarakan oleh Takiotoshi Nagare dan Aikido Reflow pada Minggu (22/4) di Markas Komando Paspampres, Jakarta Pusat. Para Aikidoka ini tak hanya berasal dari Jakarta, namun juga dari seluruh Indonesia.

“Sebenarnya acara ini diadakan setiap tahun dan setiap tahun selalu mengundang Sensei dari Jepang,” tutur Sensei Kusnanto, SE, CCPS, CATS atau dikenal sebagai Sensei Anto Jangkar. Sensei Anto merupakan pendiri Aikido Reflow Indonesia.

Aikido Reflow Indonesia yang didirikan tahun 2004 kini telah mengajar sekitar 1.000 murid, dengan 63 di antaranya berhasil mencapai black belt. Sensei Anto mulai berlatih sejak tahun 1998 dan kini telah bergelar Sensei Aikido Dan III International Kobayashi Dojo Japan. Di Indonesia, belum banyak pengajar yang telah mencapai level tersebut.

“Di Indonesia terdapat ratusan dojo dan puluhan organisasi Aikido. Karena itu, dalam kesempatan ini kami ingin mengadakan gathering dan latihan bersama,” kata Ketua Panitia acara seminar, Sensei Ary Mudhita SE, yang juga merupakan Kepala Sekolah dari Takiotoshi Nagare. “Tujuannya agar para Aikidoka semakin solid.” Sensei Ary dibantu juga oleh Sensei Mury Trisnurizki, ST yang juga merupakan Ketua Dewan Guru.

Baca Juga
Kecewa Galang Hendra di WSSP300 Assen 2018

Selain seminar, terdapat juga ujian peningkatan yang akan berlevel internasional dengan penguji langsung tiga Shihan (istilah untuk master instructor) dari Kobayashi Dojo Japan, Shuniciro Koyanagi (6th Dan). Konayagi yang ramah senyum ini ditemani Kikawa (5th Dan) dan Yano (5th Dan), semuanya dari Kobayashi Dojo Japan.

Acara yang berlangsung sejak pagi hari ini diikuti dengan antusias oleh ratusan peserta seminar dan ujian. Yang unik, Aikidoka ini sangat variatif dari segi umur: mulai dari anak usia 6 tahun hingga warga senior yang berusia lebih dari 70 tahun. Aikido memang tidak mengenal usia, Shihan Koyanagi sendiri mengatakan bahwa usia muridnya di Jepang bervariasi dari usia 4 tahun hingga 85 tahun.

Sementara itu, menurut Sensei Anto, Indonesia sebenarnya merupakan negara dengan kemajuan Aikido yang paling pesat di Asia Tenggara. Peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan. Selain Pak Dewa yang adalah Hakim Mahkamah Konstitusi, para Aikidoka ini berasal dari berbagi profesi lain seperti pengusaha, karyawan swasta, hingga dokter bedah.

“Saya juga bercita-cita ingin mengajarkan Aikido kepada para biker. Banyak bikers yang masih berkendara malam, sehingga risikonya termasuk tinggi. Saya tidak bermaksud untuk membuat jadi sok jago, kalau bisa menghindar mengapa mesti dilawan? Namun terkadang ada situasi ketika kita harus menghadapi bahaya sendirian dan tidak bisa mengandalkan orang lain. Apa yang mesti dilakukan?" jelas tutur Sensei Anto yang juga Ketua Forum Motor Besar Indonesia (FMBI).

Baca Juga
Klasemen Sementara ARRC 2018 Usai Australia
Dewasalah Suporter Indonesia!

Text : Suhartono | Photo / Video : Aikido Reflow Indonesia | Editor: Andi Wahyudi | 25 April 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pendaki Wanita Indonesia Catat Sejarah

Pendaki Wanita Indonesia Catat Sejarah

ACTUAL
Pendaki Indonesia Kibarkan Merah Putih

Pendaki Indonesia Kibarkan Merah Putih

ACTUAL
Srikandi Indonesia Juara Dunia

Srikandi Indonesia Juara Dunia

ACTUAL
Pendaki Indonesia Selesaikan Rangkaian Aklimatisasi

Pendaki Indonesia Selesaikan Rangkaian Aklimatisasi

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company