Ajang Bersepeda Untuk Cyclist Sejati

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

Toba Audax 2018

SPORTKU.COM

Danau Toba memang telah dikenal sebagai destinasi wisata berskala internasional.

Hal itu berkat panorama alamnya yang sangat menawan dan sulit mencari tandinganya di tempat lain.

Tak hanya bagi para pelancong, danau Toba pun bisa menjadi surga bagi para cyclist. Sebagaimana yang dilakukan para peserta event Toba Audax yang berlangsung pada 28 hingga 29 April lalu.

Toba Audax adalah sebuah event bersepeda yang dirancang khusus bagi penggemar sepeda. Event ini mulai digelar pada tahun 2014 dan digelar setiap tahunnya. Toba Audax ditujukan bagi para cyclist sejati yang ingin menikmati bersepeda sambil menikmati panorama alam sekitar yang dilaluinya.

Menurut Hendra Sammy, selaku penyelenggara, Toba Audax didesain untuk memberikan kepuasan pesepeda dan bukan bersifat prestasi atau lomba. Toba Audax tahun ini agak eksklusif karena juga menjadi momen sebagi uji coba untuk event kejuaraan balap sepeds marathon Gran Fondo New York (GFNY) Samosir yang akan digelar 2 September mendatang.

Selain itu, peserta juga bisa memesan berbagai hal khusus lainnya, seperti nomor dan nama peserta yang terdapat di jersey.

Sebagai event yang ditujukan bagi cyclist sejati, Toba Audax menjadi sebuah event yang eksklusif. Contohnya, menurut Hendra (penyelenggara), pada tahun pertamanya, Toba Audax diikuti oleh 170 an peserta. Tapi pada tahun berikutnya menciut menjadi sekitar 40 orang saja.

Hal itu disebabkan oleh durasi acara yang panjang, medannya yang menantang, dan jaraknya yang tergolong panjang serta biayanya yang tidak murah.

Namun semua kebutuhan peserta dipenuhi pihak penyelenggara, mulai dari transortasi, penginapan. Demikian juga dengan keselamatan peserta, dimana penyelenggara menyiapkan pengawalan di jalan raya, dokter, fisioterapi, hingga mekanik.

Meski jumlah peserta Toba Audax tidak terlalu banyak, namun penyelenggara tetap menggelar acara ini.
“Kami membuat event ini dengan hati karena kita pegowes sejati, bukan profit minded,” pungkas Hendra.

Baca juga:
IKUTI ASIAN MOUNTAIN BIKE CHAMPIONSHIPS, TIMNAS MTB XC BERTOLAK KE FILIPINA

Baca juga:
FEDERER KEMBALI, SIAP BERTARUNG DI PIALA MERCEDES

Toba Audax 2018 diikuti oleh 41 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air dan luar negeri, seperti Timika, AS, Hong Kong dan Medan. Pada penyelenggaraannya tahun ini, Toba Audax 2018 menempuh rute sepanjang sekitar 250km, yang terbagi dalam 2 hari perjalanan.

Hari pertama, para peserta Toba Audax menempuh rute berjarak 110km, yang dimulai dari Tuk Tuk dan kembali ke lokasi yang sama. Rute hari ini, para peserta melewati Pangururan, pemandian air hangat dan Batu Hobon.

Rute hari ini memang didominasi jalan yang mendatar dan di sepanjang jalan, peserta dapat menikmati panorama danau Toba. Namun, setelah Pangururan, jalan menanjak dengan curam sampai ke Batu Hobon. Dari sana jalan mulai menurun dan peserta dapat melaju sepuasnya di jalan yang mulus dan sepi.

Sebelum finish, para peserta berhenti sejenak Di kawasan pantai wisata pasir putih Tandarabun. Di sini mereka diajak untuk menikmati festival budaya yang bernama Gondang Naposo.

Jumlah peserta festival Gondang Naposo tahun ini, menurut Hendra, memang berjumlah lebih sedikit dari tahun sebelumnya disebabkan ada event lain. Namun demikian, suasana di lapangan tetap ramai dan meriah. Di sini, peserta Toba Audax tak hanya bisa menonton aksi para penari, tapi juga menari bersama dengan para seniman lokal yang didominasi oleh kalangan muda-mudi.

Perjalanan hari berikutnya adalah perjalanan yang lebih berat. Oleh penyelenggara, perjalanan kali ini disebut dengan Tantangan Total. Pasalnya, di rute hari ini, selain melintasan kawasan Tele yang menanjak dan berliku, para peserta juga dihadang oleh sebuah tanjakan lain yang disebut Tanjakan Putus Asa.

Terletak di wilayah Dairi, Tanjakan Putus Asa berjarak 26km dan tak putus-putus. Meski sangat berat, tanjakan ini justru menjadi daya tarik bagi peserta.

Perjalanan berakhir di sebuah resort eksklusif, Taman Simalem Resort. Panorama alam yang disuguhkan di resort ini pun sangat menakjubkan dan menjadi pengobat rasa lelah para peserta.

Toba Audax memang sebuah event touring bersepeda. Durasi yang panjang, jarak tempuh yang jauh dan beratnya medan yang dilalui, menjadikan event ini layak diikuti oleh pesepeda sejati. 

Dua rider saat melintasi kawasan Tele

test-rute-gfny-samosir-46245d7a37e5965.jpg

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Peserta Vuelta a España

Peserta Vuelta a España

ROAD BIKE
Highlights Tour de Setu Depok

Highlights Tour de Setu Depok

ROAD BIKE
Kilas Balik Vuelta a Espana

Kilas Balik Vuelta a Espana

ROAD BIKE
Timnas Sepeda Berlatih di “Ketinggian”

Timnas Sepeda Berlatih di “Ketinggian”

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company