Pesilat Eddie Marzuki Nalapraya Raih Penghargaan dari FIB UI

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

Pesilat Senior Raih Penghargaan

SPORTKU.COM

Eddie Marzuki Nalapraya meraih penghargaan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) 2018 atas dedikasinya di dunia pencak silat.

Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya meraih penghargaan dalam kategori Pembina Seni di acara Anugerah Budaya 2018 yang digelar oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) pada Kamis (3/5).

Eddie Marzuki dianggap berjasa besar di dunia seni pencak silat yang ia geluti sejak muda. Bahkan, ia menggunakan kemampuan bela dirinya itu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada saat terjadinya perang revolusi kemerdekaancpada 1947.

Eddie yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat saat itu bergabung dengan Detasemen Garuda Putih yang dipimpin Kapten Burda—yang merupakan ayah dari penyanyi Rhoma Irama menjadi bagian dari Badan Keamanan Rakyat (TKR).

“Saya mulai tertarik pada pencak silat, ketika ada aksi militer Belanda pertama, Juli 1947 yang menyerang daerah Republik. Saya bergerilya bersama keluarga besar pencak silat yang bahu membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” kata Eddie.

Eddie yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Musyawarah Masyarakat (BAMUS) Betawi 1996-1998 itu mengaku banyak bergaul dengan kalangan pesilat. Kecintaan dirinya dengan seni bela diri tersebut membuat dirinya terpilih menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DKI Jakarta pada tahun 1978.

“Saat itu orang malu jika berseragam silat, kalau datang ke tempat latihan berpakaian biasa, baru ganti baju latihan silat ketika latihan. Karena orang mengatakan silat itu olahraga kampungan,” kenang Eddie.

Baca juga
Lima Pesepakbola yang Jadi Politikus

Mayjen TNI (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya (kedua dari kiri)

mayjen-tni-purn-eddie-71144abb0a975eb.jpeg

Saat menjabat sebagai ketua IPSI DKI Jakarta, Eddie membuat banyak gebrakan. Pada 1980, ia menjadi pemrakarsa terbentuknya Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT)—yang notabene merupakan akar dari pendirian badan silat internasional seperti Persekutuan Silat Singapore (PERSISI), Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA) dan utusan dari Brunei Darusalam—sekaligus menjadi ketua.

Kemudian antara tahun 1981 sampai 2003, Eddie yang juga pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 1984-1987 ini, didaulat menjadi Ketua Umum PB IPSI.

Di bawah kepemipinan dirinya, beliau sukses membuat Kejuaran Pencak Silat Dunia dengan menggandeng pesilat dari Malaysia dan Singapura pada 1982 dan 1984 di Jakarta. Berikutnya kejuaran dunia pencak silat digelar pada 1986 di Winna Austria, 1987 di Malaysia, 1988 di Singapura, 1990 di Den Haag Belanda dan 1992 di Indonesia.

Jasa paling besar yang dilakukan oleh Eddie adalah dirinya sukses memasukan pencak silat sebagai olah raga yang dipertandingan pada Sea Games 1987 dan pencak silat pun diakui oleh Olympic Committee of Asian (OCA) Komite Olimpiade Asia—yang membuat seni bela diri ini diperlombakan di tingkat Asia seperti Asia Beach Games 2008 di Bali, Martial Art Games 2009 di Thailand, dan Asian Indoor Games 2009 di Hanoi.

Atas jasa besarnya itu, Eddie pun mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 1997, ia diangkat sebagai pendekar besar kehormatan peguruan silat Tapak Suci dan pada 2005, pria berusia 86 tahun itu menerima anugerah selendang kehormatan tertinggi dari Pertumbuhan Seni Silat Lincah Malaysia. Lalu, pada 2008, dirinya ditetapkan sebagai Bapak Pencak silat Eropa di Swiss, berbarengan dengan ajang kejuaraan pencak silat Eropa.

Atas jasa besarnya memajukan dunia pencak silat Indonesia di kancah nasional dan internasional, pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia diberi gelar Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Pratama dari Pemerintah Republik Indonesia.

Baca juga
Roma-Bayern Seharusnya di Final

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 3 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Highlights Indonesia Ultimate Golf Series

Highlights Indonesia Ultimate Golf Series

ACTUAL
Wushu Junior Kumandangkan Indonesia Raya

Wushu Junior Kumandangkan Indonesia Raya

ACTUAL
Test Event APG Cabang Atletik

Test Event APG Cabang Atletik

ACTUAL
Tim Sepak Bola Ramaikan AG2018

Tim Sepak Bola Ramaikan AG2018

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company