Novak Djokovic Mendominasi Putaran Pertama Italia Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : ATP World Tour | Editor: Dedi Hermawan | 15 May 2018

SPORTKU.COM

Novak Djokovic membuka kejuaraan Italia Terbuka dengan permainan yang mendominasi, Senin (14/5).

Ketika ATP merilis daftar ranking pada hari Senin, Novak Djokovic jatuh ke posisi No. 18. Ini adalah posisi terendahnya sejak 2 Oktober 2006 (No. 22). Sebagai runner up tahun lalu di Roma, petenis Serbia itu memiliki 600 poin untuk dipertahankan. Padahal ia mencoba bangkit dari absen panjang akibat cedera siku kanan.

Namun Djokovic melakukan salah satu penampilan terbaiknya sejak kembali pada Senin, di Italia Terbuka dengan menyingkirkan Alexandr Dolgopolov 6-1, 6-3 dalam waktu 56 menit.

"Ini awal yang bagus. Saya selalu merasa sangat nyaman di Roma. Saya pikir kondisinya sangat cocok dengan permainan saya. Saya selalu menantikan untuk kembali ke Roma."kata Djokovic.

Mantan No. 1 dunia, yang telah menang di Foro Italico sebanyak empat kali dan mencapai final masing-masing dalam dua tahun terakhir, berusaha untuk memenangkan pertandingan back-to-back untuk pertama kalinya sejak Monte-Carlo, di mana ia kehilangan tiga set melawan runner up Madrid Terbuka Dominic Thiem di babak 16 Besar. Dalam catatan karier di Italia Terbuka, Djokovic belum pernah kalah sebelum perempat final dalam 11 penampilan.

Baca Juga:
Nasib Kontras Djokovic dan Nadal di Madrid Terbuka

Djokovic memberi tanda-tanda positif dengan penampilannya di Court Centrale. Ia tampil dengan pola permaianan khasnya untuk menetralisir serangan mencolok Dolgopolov, memaksa mantan petenis No. 13 dunia itu melakukan kesalahan. Petenis Serbia itu juga agresif saat kembali, menempatkan banyak bola pada baseline, menghadang kemampuan petenis Ukraina itu untuk menyerang.

Mungkin satu-satunya kegagalan Djokovic datang di awal set kedua, 1-1. Unggulan No. 11 itu menghadapi satu-satunya break point pertandingan. Namun ia menjawab dengan dua service pertama yang tidak dapat dilawan dan service kedua yang melambung tinggi pada game point dimana Dolgopolov tidak dapat mengembalikan pada net. Djokovic mematahkan service pada game berikutnya dengan pengembalian service kedua yang agresif, memunculkan bola pendek yang diterimanya dan menutup kemenangan dengan pukulan forehand menyilang.

"Tiga pertandingan terakhir, empat minggu adalah hal yang lebih baik di lapangan dengan latihan dan pertandingan. Pertandingan hari ini mendorong saya untuk maju dan semoga bisa mendapatkan beberapa pertandingan lagi di Roma daripada yang saya miliki dalam beberapa bulan terakhir," kata Djokovic.

Pemain berusia 30 tahun, yang memperpanjang keunggulan dari pertemuan dengan Dolgopolov menjadi 6-0, akan menghadapi salah satu dari dua pertandingan kualifikasi yang belum pernah dimainkannya di putaran kedua. Itu adalah antara Georgia Nikoloz Basilashvili atau Filippo Baldi. Jika dia berhasil melewati pertandingan itu, unggulan No. 8 dan juara Miami Terbuka John Isner akan menanti di putaran ketiga. Petenis Amerika itu akan menghadapi petenis Spanyol Albert Ramos-Vinolas, finalis Monte-Carlo 2017, yang telah mengalahkan petenis Argentina Federico Delbonis 2-6, 7-5, 6-1 dalam dua jam, 14 menit.

Pada partai sebelumnya petenis Jepang Kei Nishikori yang memikul cedera seperti halnya Djokovic, juga mengawali dengan solid. Ia  menyingkirkan petenis Spanyol Feliciano Lopez dengan 7(7) - 6(5) - 6-4.

Lopez berjuang ulet dan memaksakan tie-break pada set pertama. Petenis Jepang itu mendapat  break di set kedua. Tetapi Lopez merebut jalan kembali pada 3-3 sebelum akhirnya Nishikori menampilkan keberaniannya dengan service sempurna untuk menutup kemenangan.

"Untungnya saya menang set pertama dan setelah itu saya lebih percaya diri," kata Nishikori.

Sama dengan Nishikori, petenis Belgia No.10 dunia David Goffin juga berhasil menaklukkan petenis Argentina Leonardo Mayor dengan 6-1 6-2 di putaran pertama ini.


Pada kelas wanita, petenis Jepang membuka penampilannya dengan gemilang. Ia yang datang ke Roma hanya dengan satu kemenangan di turnamen musim ini, meraih kemenangan dominan 6-3, 6-0 atas Victoria Azarenka di putaran pertama. Petenis Rumania itu memiliki keunggulan head-to-head 3-1. Pada Indian Wells Osaka juga menorehkan catatan prestasi penting dengan mengalahkan No.1 dunia Simona Halep di semifinal dengan straight set, 6-3, 6-0.

"Saya memiliki kesempatan untuk memainkannya di Prancis Terbuka. Dia bermain sangat bagus dan saya juga bermain bagus hari itu. Saya berlatih dengannya di Madrid, sebenarnya." kata Osaka kepada wartawan, Senin. Selanjutnya Nishikori akan melawan unggulan ketiga Grigor Dimitrov dari Bulgaria di putaran kedua.

Selain Osaka, runner up AS Terbuka 2017 Madison Keys juga melewati putaran pertamanya dengan baik usai menaklukkan petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova dengan 6-4 6-1.

Baca Juga:
Zverev Cetak Gelar Masters Ketiga
Petra Kvitova Capai Gelar Madrid Terbuka Untuk Ketiga Kali


 

 

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : ATP World Tour | Editor: Dedi Hermawan | 15 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Status Non-Unggulan Serena Menuai Kritikan

Status Non-Unggulan Serena Menuai Kritikan

TENNIS
Nadal Capai Gelar Kedelapan Italia-Terbuka

Nadal Capai Gelar Kedelapan Italia-Terbuka

TENNIS
Svitolina, Ratu Roma 2018

Svitolina, Ratu Roma 2018

TENNIS
Laga Berkesan Dua Rival Lama

Laga Berkesan Dua Rival Lama

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company