Sharapova, Kerber dan Ostapenko Lakukan Tugas Baik di Italia Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Italian Open | 16 May 2018

Kesuksesan Sharapova, Kerber dan Ostapenko

SPORTKU.COM

Juara tiga kali Italia Terbuka Maria Sharapova membuka dengan kemenangan tiga set atas unggulan ke-16 Ashleigh Barty, Selasa (16/5).

Maria Sharapova membukukan putaran kedua yang menarik dengan Dominika Cibulkova berkat kemenangan tiga set atas unggulan 16 Ashleigh dengan 7-5, 3-6, 6-2 pada penampilan perdana di Roma. Kemenangan Sharapova, merupakan kemenangan pertandingannya ke-34 dalam karirnya di ibukota Italia, setelah menempuh laga maraton dua setengah jam dalam pertemuan pertama antara kedua pemain.

Menjadikan debut undian utamanya di Roma, Barty memperpanjang gelar juara Grand Slam lima kali itu untuk menjadi penentu. Hal ini sama seperti yang dilakukannya oleh juara Australia Terbuka Caroline Wozniacki pekan lalu di Roma. Tetapi sayang lagi-lagi menjadi yang terbaik kedua dalam kekalahan yang panjang.

Barty yang berperingkat 18 dunia, menampilkan perlawanan keras terhadap juara 2011, 2012 dan 2015 Sharapova dalam pertandingan akhir. Ia menyelamatkan dua match point, tetapi akhirnya terdampar pada kesalahan sendiri untuk membuat Sharapova lolos ke babak kedua dengan aman.

Hasilnya telah terbukti berbeda. Jika bukan karena pukulan penting di awal penentuan, sebagaimana Sharapova melakukan service dalam kedudukan game 1-1 yang krusial setelah gagal mengkonversi pada tiga break point miliknya pada game sebelumnya. Mencoba keluar dari sikon genting, petenis Rusia itu mematahkan servicenya pada game berikutnya dan hanya kehilangan tiga poin untuk sisa pertandingan itu sebelum akhirnya kembali menentukan match point.

Kemenangan ini menghentikan kekalahan empat pertandingan Sharapova sebelumnya dalam penentuan set. Terakhir kali kemenangan tiga set diraihnya saat melawan petenis Amerika Alison Riske di putaran kedua Shenzhen Terbuka pada Januari. Sebaliknya, pemain nomor satu Australia itu kini telah memenangkan dua laga tiga set di tanah liat Eropa, setelah memenangkan lima musim pertamanya di musim ini.

Selanjutnya Sharapova dan Cibulkova akan bertemu untuk ketujuh kalinya dalam pertemuan head to head mereka. Keduanya belum pernah bertemu lagi selama empat tahun. Terakhir kali Cibulkova mengalahkan Sharapova dalam tiga set di putaran keempat Australia Terbuka 2014 dalam perjalanannya menuju final. Petenis Slovakia ini memimpin 2-1 di pertemuan lapangan tanah liat antara keduanya.


Sebelumnya kesuksesan juga direngkuh oleh petenis Jerman Angelique Kerber. Unggulan No.11 ini menandai kembalinya dari cedera dengan kemenangan 6-2, 7-6 (6) atas Zarina Diyas. Kerber membuat penampilan pertamanya sejak gugur melawan Anett Kontaveit di Stuttgart Terbuka lalu. Dengan performa khasnya kali ini, ia menunjukkan kehandalannya untuk berlanjut ke putaran kedua.

"Saya benar-benar bahagia bisa kembali setelah dua minggu terakhir. Setelah turnamen Stuttgart, itu adalah waktu yang sangat sulit karena saya mengalami banyak rasa sakit di kaki. Namun sekarang saya bisa mengatakan tanpa rasa sakit sepanjang pertandingan dan saya bisa menampilkan permainan seperti saat berlatih beberapa hari terakhir. Akan sangat baik untuk memiliki pertandingan sebanyak mungkin sebelum ke Paris Terbuka" kata Kerber setelah pertandingan.

Selanjutnya Kerber akan ditantang oleh petenis Rumania Irina-Camelia Begu yang telah menundukkan petenis Cina Peng shuai dalam tiga set 4-6,6-4,6-1. Mengekor kesuksesan Kerber, adalah petenis Ukraina Elina Svitolina juga sukses pada penampilan perdananya. Ia menaklukkan petenis Kroasia Petra Martic dengan 6-1,6-2, Rabu (16/5).

Cerita sukses juga hadir dari petenis No.6 dunia Jelena Ostapenko melakukan tugas dengan baik dalam permaianan dominan 6-2 7-5 atas petenis Cina Zhang Shuai di bawah guyuran hujan di Roma.

Petenis Latvia ini berada pada kondisi terbaiknya, dimana Zhang tidak sanggup menghadapi kekuatan super lawannya pada baseline. Zhang menyerah dalam waktu satu jam dan 10 menit. Juara Prancis Terbuka 2017 ini, menorehkan 27 winner sedangkan Zhang 10. Ini adalah kemenangannya ke-11 di lapangan tanah liat dalam 13 pertandingan terakhirnya di musim lalu.

Unggulan kelima ini akan menghadapi Johanna Konta dari Inggris atau Hsieh Su-wei dari Taiwan untuk menempati di perempat final.


Baca Juga:
Djokovic Mendominasi Awal Italia Terbuka
Zverev Cetak Gelar Masters Ketiga

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Italian Open | 16 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pemanasan Tenis Jelang Asian Games

Pemanasan Tenis Jelang Asian Games

TENNIS
Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

TENNIS
Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

TENNIS
Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company