Ferrari Kembali Bermasalah dengan FIA

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

SPORTKU.COM

Usai laga Grand Prix Spanyol, FIA langusng mengeluarkan pernyataan mengejutkan terkait perangkat baru yang digunakan oleh Ferrari.

Tampilan baru SF71H di Grand Prix Barcelona tampil berbeda. Dalam laga yang dilangsungkan akhir pekan kemarin, Scuderia Ferrari, melakukan perombakan tampilan dari kokpit Halo. Ferrari telah menambahkan peranti baru di kokpit Halo dengan menyematkan kaca spion. Namun, baru pertama kali muncul, FIA langsung mengatakan pihaknya akan melakukan investigasi.

Hal yang menjadi perhatian dari FIA adalah bukan karena tampilannya, melainkan keuntungan lain dari peranti tersebut. Pasalnya, seperti dilansir Formula 1, rival Ferrari mengatakan tidak senang dengan adanya peranti tersebut. Mereka berspekulasi bahwa winglet yang digunakan bersamaan dengan kaca spion, akan memiliki keunggulan dari sisi aerodinamika mobil.

Baca juga:
CARLOS SAINZ TEMPEL KETAT MAX VERSTAPPEN DI TES BARCELONA

"Ini interpretasi liberal dari kata 'mounting' sebenarnya," ujar Charlie Whiting, Race Director Formula 1. "Begitulah cara mereka menjadi legal, karena tidak ada pengerjaan yang mengatur untuk memperbolehkan di are di bagian atas itu. Interpretasi bergantung pada apakah kami pikir itu memuncak atau tidak. Kami entah bagaimana, berpikir untuk tidak jadi mengambil tindakan itu," tegas Whiting.

Meskipun Tim Ferrari telah mengemukakan argumennya, namun Charlie Whiting tetap berdiri pada pendiriannya untuk tetap melarang penggunaan komponen tersebut. "Mereka (Ferrari) berpikir (winglet) berkontribusi pada kekakuan cermin. Ini hanya masalah interpretasi dan interpretasi yang lemah bukanlah sesuatu yang kami senangi," tambah Whiting.

Dengan demikian, kaca spion baru milik Ferrari sejatinya tidak akan terlihat lagi di laga berikutnya di Grand Prix Monaco dalam beberapa waktu ke depan. Ferrari harus mencari cara lagi untuk bisa memberikan aerodinamika yang baik untuk SF71H miliknya.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Cerita Di Balik Keberhasilan Anjasara

Cerita Di Balik Keberhasilan Anjasara

GYMKHANA
ISSOM Night Race Resmi Digelar

ISSOM Night Race Resmi Digelar

TOURING
Pengganti Alonso di McLaren

Pengganti Alonso di McLaren

FORMULA 1
Modal Iseng, Malah Dapat Piala

Modal Iseng, Malah Dapat Piala

DRAG RACE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company