Pirelli Ancam Tidak Akan Perpanjang Kontrak Dengan F1

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pirelli F1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

SPORTKU.COM

Pirelli berikan ancaman serius kepada Formula 1 terkait negosiasi harga di kontrak baru.

Pirelli merupakan satu-satunya pemasok resmi ban F1 sejak 2011, dan hingga kini masih memiliki kontrak eksklusif hingga akhir musim 2020.

Marco Tronchetti Provera selaku Wakil Presiden Eksekutif Ban Pirelli telah melakukan pertemuan dengan para investor Pirelli. Ia pun mengatakan bahwa ada kemungkinan pabrikan ban asal Italia tersebut tidak memperpanjang kontrak mereka dengan Formula 1 di akhir 2020.

Marco Tronchetti Provera tidak ingin perusahaannya terlibat perang negosiasi soal harga agar bisa terus melanjutkan statusnya sebagai pemasok eksklusif ban Formula 1.

Pirelli diyakini bersedia menghormati kontrak baru yang berlaku, tapi tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu akan membatalkannya ketika ada perubahan kondisi. Terutama jika ada calon pabrikan ban lain yang memiliki sumber daya lebih banyak dan tertarik untuk bergabung ke Formula 1.

Baca Juga :
Carlos Sainz Tempel Ketat Max Verstappen di Tes Barcelona

Beberapa waktu lalu, Bos Pirelli Motorsport, Mario Isola pernah mengatakan kepada pewarta bahwa ia tidak yakin dengan adanya perang ban di kompetisi balap jet darat ini. Karena Pirelli memasok produk yang sama ke semua tim, jadi dari segi ban, semua tim memiliki performa yang sama.

"Jika kompetisi ban dibuka, maka biaya juga akan naik karena keperluan tes. Anda akan melihat tim-tim besar menggunakan ban yang lebih bagus ketimbang tim-tim papan tengah atau bawah, karena Anda tidak diwajibkan untuk memasok ban yang sama," kata Mario Isola.

Jika hal tersebut terjadi, maka akan tercipta perbedaan antara tim-tim besar dengan yang lain, di mana akan terlihat beberapa tim bersaing di depan, dan sisanya akan kesulitan mendapatkan performa.

"Dengan ban, pebalap bisa memangkas setengah detik atau bahkan lebih, jadi perbedaan itu bisa semakin besar," ujarnya.

Rivalitas antara dua pemasok ban sebelumnya pernah terjadi di tahun 2006 yang melibatkan Michelin dan Bridgestone.

Baca Juga :
Sean Gelael Jalani Tes Bersama Toro Rosso Di Barcelona

Text : Ria Afriliani | Photo / Video : Pirelli F1 | Editor: Andi Wahyudi | 16 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Kilas Balik Sirkuit Monaco

Kilas Balik Sirkuit Monaco

FORMULA 1
Konsistensi MBCIRC di Gelaran ISSOM

Konsistensi MBCIRC di Gelaran ISSOM

TOURING
McLaren Masih Butuh Fernando Alonso

McLaren Masih Butuh Fernando Alonso

FORMULA 1
Ikut Verstappen Menjelajah Sirkuit Monaco

Ikut Verstappen Menjelajah Sirkuit Monaco

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company