Nadal Buka Kemenangan, Djokovic Berlanjut di Italia Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : ATP World Tour | 17 May 2018

Nadal Kembali Perkasa

SPORTKU.COM

Rafael Nadal kembali melakoni musim lapangan tanah liatnya dengan kemenangan. Keberhasilan Nadal ini juga diikuti oleh sejumlah bintang tenis lainnya, Rabu (16/5).

Pada gelaran Italia Terbuka, Nadal mencapai putaran ketiga Italia Terbuka usai mengatasi petenis Bosnia Damir Dzumhur 6-1 6-0 hanya dalam waktu 61 menit. Selanjutnya ia akan bertemu semi finalis Madrid Terbuka minggu lalu Denis Shapovalov atau Robin Haase.

Nadal, yang kehilangan peringkat nomor satu dunia setelah kemenangan 14 pertandingannya di lapangan tanah liat dihentikan oleh Dominic Thiem di perempat final Madrid Terbuka pekan lalu, kembali ke performa terbaiknya saat ia membungkam kemenangan dengan forehand winner yang solid.

"Itu penting, setelah kehilangan di Madrid, untuk kembali kuat. Dan itulah yang saya lakukan hari ini. Saya pergi ke lapangan dengan intensitas yang tepat. Saya tidak tahu berapa banyak kesalahan yang saya buat, tetapi tidak banyak. Saya juga memiliki kontrol, kurang lebih dari persentase poin yang tinggi. Itulah cara saya bermain" ujar pemain berusia 31 tahun, yang menerima bye di babak pembukaan.

Petenis Spanyol itu dapat merebut kembali peringkat nomor satu dunia dari Roger Federer jika dia memenangkan gelar rekor kedelapan di Roma minggu ini.


Thiem, yang menjadi runner-up di Madrid pada hari Minggu, berjuang untuk menemukan ritmenya. Namun sayang ia harus menderita kekalahan 6-4 1-6 6-3 oleh petenis tuan rumah Fabio Fognini. Petenis nomor 21 dunia Fognini didukung penuh oleh penonton Italia. Sedangkan Thiem makin dilanda frustrasi meski dengan posisi pukulan lob yang bagus dan juga pukulan voli yang menyentuh berupaya untuk mencatat kemenangan pertamanya atas petenis Austria itu dalam tiga pertemuan.


Novak Djokovic, pemenang empat kali di Roma, mengerahkan kekuatannya untuk ke putaran ketiga dengan kemenangan meyakinkan 6-4 6-2 atas petenis Georgia Nikoloz Basilashvili. Petenis Serbia itu akan memiliki peluang untuk mencapai perempat final pertamanya musim ini pada Kamis, ketika ia menghadapi petenis Spanyol Albert Ramos-Vinolas.

Petenis Jepang Kei Nishikori juga sukses menagatasi Grigor Dimitrov di hari ulang tahunnya yang ke-27 untuk maju ke putaran ketiga. Ia bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan petenis nomor empat dunia dengan 6-7 (4) 7-5 6-4. Selanjutnya ia akan dihadang oleh petenis Jerman Philipp Kohlschreiber untuk babak 16 besar.

Marin Cilic yang baru saja melepas masa lajangnya pada 29 April lalu, menyelesaikan pertandingannya yang tertunda akibat hujan dengan tiga set 7(7) - 6(3) 6-1 7(7) - 6(1). Sedangkan petenis Argentina Juan Martin del Potro juga menuai kesuksesan usai mengatasi petenis muda Yunani Stefanos Tsitsipas dengan 7-5 6-3.

Alexander Zverev yang baru saja menjuarai Madrid Terbuka, selamat dari perlawanan petenis favorit tuan rumah Matteo Berrettini. Dlam penampilan perdananya di Italia Terbuka, Zverev tetap fokus dan menghindari pertarungan yang berpotensi berbahaya selama pertandingan.

Zverev mengalahkan petenis Italia yang berusia 21 tahun dengan 7-5, 6-3 di Court Centrale untuk kemenangannya yang ke-10 berturut-turut. Ini adalah rentetan yang mencakup gelar back-to-back di BMW Terbuka dan Madrid Terbuka. Ia  juga mengklaim gelar ATP World Tour Masters 1000 yang ketiga. Pemain Jerman berusia 21 tahun itu memenangkan set ke-20 berturut-turut di tanah liat dan meningkat menjadi 14-2 di permukaan tahun ini.

“Tidak mudah datang dari Madrid, di mana ada banyak ketinggian, sangat cepat di sini. Jadi, pada dasarnya saya hanya punya satu hari persiapan. Dan untuk itu, saya pikir saya bermain dengan baik. Namun, saya memiliki beberapa penyesuaian yang harus dilakukan di set pertama. Tapi setelah masuk di set kedua, saya bermain bagus, ”kata Zverev.

Zverev selanjutnya akan bertemu petenis top Inggris, Kyle Edmund, yang menyelamatkan satu-satunya break point setelah mengalahkan petenis Perancis Lucas Pouille 6-2, 7-6 (3) dalam satu jam, 34 menit. Edmund mencapai perempat final Masters 1000 perdananya pada pekan lalu di Madrid, mengalahkan Novak Djokovic sebelum akhirnya disingkirkan oleh petenis Kanada Denis Shapovalov.

Baca Juga:
Zverev Cetak Gelar Masters Ketiga
Kvitova Capai Gelar Ketiga Madrid-Terbuka

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : ATP World Tour | 17 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Pemanasan Tenis Jelang Asian Games

Pemanasan Tenis Jelang Asian Games

TENNIS
Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

TENNIS
Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

TENNIS
Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company