Halep Kuasai Osaka, Venus Kembali Memukau

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Italian Open | 17 May 2018

Petenis Wanita Bermain 'Cantik'

SPORTKU.COM

Bintang-bintang tenis wanita menuai kesuksesan di italia Terbuka. Maestro Tua Venus Williams kembali cemerlang.

Pada penampilan perdananya, No.1 dunia Simona Halep memulangkan juara BNP Paribas Terbuka Naomi Osaka, Rabu (16/5). Petenis Rumania ini memulai kampanyenya untuk meraih gelar Italia pertama dengan kemenangan komprehensif 6-1, 6-0.

Setelah tiga kemenangan berturut-turut untuk Halep, termasuk kemenangan putaran keempat di Australia Terbuka tahun ini, Osaka akhirnya mengklaim kemenangan pertamanya dalam head-to-head mereka di semifinal Indian Wells. Tapi Halep, runner up Roma tahun lalu, membalas dendamnya pada pemain Jepang, mengklaim pertandingan dalam 59 menit.

"Di Melbourne, saya bermain melawan Osaka dan itu pertandingan yang sangat bagus untuk saya. Kemudian di Indian Wells, saya tidak tahu apa yang terjadi di pertandingan itu. Saya tidak bisa bermain tenis terbaik saya, dan dia bermain dengan percaya diri di sana. Saya hanya termotivasi dengan pertandingan itu. Kini saya fokus dan harus bermain seperti yang saya rencanakan sebelumnya. Itu adalah taktik yang bagus. " kata Halep kepada media, setelah pertandingan.

Setelah menjatuhkan game pertama pertandingan, unggulan teratas merangkum 12 straight game untuk menjatuhkan Osaka. Halep memiliki 15 winner untuk 14 kesalahan sendiri, sementara Osaka dengan 29 kesalahan sendiri dan hanya 10 winner.

"Kamu tidak pernah tahu sekarang. Di lapangan tanah liat, petenis dengan pukulan terbaik bisa bermain sangat baik. Saya hanya ingin bermain seperti hari ini, membentuk permainan di lapangan tanah liat dan kita lihat berikutnya."kata Halep.

Selanjutnya Halep akan masuk babak 16 besar dan siap ditantang oleh runner up AS Terbuka 2017 Madison Keys.


Berbeda dengan Halep, perjuangan alot harus ditempuh juara AS Terbuka 2017, Sloane Stephens. Ia berhasil menyingkirkan petenis kualifikasi asal Estonia Kaia Kanepi dengan  6-0, 5-7, 6-4. Ini adalah upaya balas dendam untuk pertemuan mereka sebelumnya, di babak pertama Estoril pada tahun 2012. Ketika itu Kanepi mengalahkan Stephens 6-1, 6-0 yang berusia 19 tahun. Selanjutnya Stephens akan berjumpa petenis Prancis Caroline Garcia.

Kekalahan mengejutkan datang dari petenis No.5 dunia Karolina Pliskova. Baru mendarat di Roma, ia harus pulang kembali usai ditaklukkan petenis Yunani Maria Sakkari dalam tiga set melelahkan 6-3 3-6 5-7.

"Kami belum pernah saling bermain, kami tidak pernah berlatih, saya tidak tahu permainannya. Jadi saya butuh sedikit waktu sampai berhasil masuk pada ritme permainan. Pada akhir set pertama, saya mulai merasakan dan memahami bagaimana saya harus bermain melawannya, jadi itulah mengapa saya tampil di set kedua dan ketiga" Sakkari mengatakan kepada pers, setelah pertandingan.


Petenis belia Daria Kasatkina sebelumnya juga menoreh keberhasilan usai mengatasi petenis AS Danielle Rose Collins dalam straight set 6-2 6-3. Selanjutnya Kastkina akan ditunggu oleh petenis Ukraina Elina Svitolina pada 16 besar.

Juara dua kali Grand Slam Angelique Kerber juga menyelesaikan tugasnya dalam tiga set atas Irina-Camelia Begu dengan 3-6 7-5 7-5. Selanjutnya Maria Sakkari akan menantangnya.

Sedangkan maestro tua Venus Williams yang hanya memenangkan pertandingan ketiganya dalam tujuh pertemuan sebelumnya melawan Elena Vesnina, maju ke putaran ketiga. Juara Grand Slam tujuh kali itu mencoba melanjutkan perjalanannya di Roma dan mengalahkan petenis Rusia itu untuk pertama kalinya sejak 2015, dengan 6-2 4-6 7-5.

"Anda hanya harus berpikir ini belum berakhir sampai selesai, dan saya senang datang ke lapangan ini dengan kemenangan. Karena itu bukan pertandingan yang mudah," kata Venus dengan ringkas.

Petenis yang kini berusia 37 tahun menempuh perjuangan yang berat. Ia harus menghabiskan waktu dua jam dan 12 menit di lapangan. Venus menjuarai di Roma hampir 20 tahun yang lalu. Pemenang 49 gelar WTA dan unggulan No.8 itu akan berhadapan dengan Anett Kontaveit. Pertemuan terakhir mereka terjadi di Madrid Terbuka pekan lalu.

Maria Sharapova yang terus berjuang mengembalikan sinarnya usai kasus doping, mengalahkan musuh lamanya Dominika Cibulkova di Foro Italico. Juara tiga kali Italia Terbuka ini bertemu Cibulkova setelah satu dekade. Dengan 3-6 6-4 6-2 Sharapova mencapai putaran ketiga.

"Saya sangat senang di akhir pertandingan hari ini. Saya pikir ada banyak hal bagus yang bisa diambil darinya. Ia memainkan tekhnik terbaiknya untuk waktu yang lama."kata Sharapova usai pertandingan.

Juara Australia Terbuka 2017 Caroline Wozniacki juga menorehkan kemenangan usai mengalahkan petenis Belgia Alison Van Uytvanck dengan straight set 6-1, 6-4. Wozniacki masih mempertahankan harapan No.1 dunianya dalam permainan yang mendominasi. Petenis Denmark ini memiliki kesempatan untuk mewujudkan peringkat teratas di Roma, asalkan Simona Halep tidak mencapai perempat final dan Wozniacki bisa menyelesaikan satu putaran lebih jauh darinya. Selanjutnya Wozniacki akan berjumpa dengan petenis Latvia Anastasija Sevastova.

Kegagalan pada penampilan perdana juga mampir pada juara Grand Slam dua kali Garbine Muguruza. Sang lawan Daria Gavrilova mencatat kemenangan epik dalam tiga set 5-7, 6-2, 7-6 (6). Pertandingan ini sungguh melelahkan karena dimulai  dalam pertandingan yang dimulai paad Rabu malam dan berakhir di pagi hari pada hari Kamis, tepatnya jam 2:00 pagi waktu setempat.

Kemenangan atas No.3 dunia Muguruza adalah kemenangan Gavrilova atas pemain Top 10 pertama tahun ini, dan kemenangan Top 5 yang keempat. Yang lebih manis lagi, ini adalah pertandingan pertama mereka yang dimulai sejak Acapulco pada Februari lalu. Selanjutnya Gavrilova akan berhadapan dengan Maria Sharapova.

Baca Juga:
Nadal Kembali Pada Performa Terbaiknya
Kvitova Capai Gelar Ketiga Madrid-Terbuka

 

 

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Italian Open | 17 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Status Non-Unggulan Serena Menuai Kritikan

Status Non-Unggulan Serena Menuai Kritikan

TENNIS
Nadal Capai Gelar Kedelapan Italia-Terbuka

Nadal Capai Gelar Kedelapan Italia-Terbuka

TENNIS
Svitolina, Ratu Roma 2018

Svitolina, Ratu Roma 2018

TENNIS
Laga Berkesan Dua Rival Lama

Laga Berkesan Dua Rival Lama

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company