Pencapaian Timnas XC di Kejuaraan Asia Sesuai Target

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 17 May 2018

SPORTKU.COM

Timnas XC putra berhasil masuk dalam peringkat 10 besar di Asian MTB Championships 2018 di Filipina.

Pada kejuaraan antarnegara di Asia itu, rider Indonesia Chandra Rafsanjani berhasil finish di peringkat sembilan, dan diikuti oleh Zaenal Fanani di peringkat 10.

Pencapaian tersebut menunjukkan hasil yang positif, mengingat pencapaian terbaik Indonesia pada ajang yang sama tahun lalu, hanya finish di posisi 18.

Menurut pelatih Timnas Cross Country (XC) Oki Raspati, pencapaian Timnas XC putra sudah sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Peringkat 9-10, sesuai target saya. Sebenarnya anak-anak (para atlet) baru berlatih dua bulan ini, target mereka di Top Ten (10 besar) saja. Ini modal penting kedepannya,” ungkap Oki di paddock tim di Danao City, Cebu. 

Baca juga:
AKSI MEMIKAT MATTHIAS DANDOIS DI BMX FLATLAND WORLD CUP

Oki menambahkan, hasil itu juga terwujud berkat dukungan dari salah satu pabrikan sepeda nasional, yang sekaligus menunjukkan kualitas dari sepeda tersebut.

“Apalagi kan didukung oleh Pacific. Ya, Chandra, dengan sepeda Pacific, bisa unggul di depan juga sangat bagus, yang berarti itu menunjukkan bahwa kualitas, dan anak-anak juga ada progres ke depan. Di dua bulan, atau dua bulan setengah ini, mudah-mudahan ada sesuatu penambahan lagi untuk mereka, untuk lebih bagus lagi,” jelas Oki lagi.

Oki menambahkan, persiapan Timnas MTB XC pada Kejuaraan MTB Asia tahun ini dinilai lebih serius.

“Meski persiapan hanya dua bulan, tahun ini lebih serius untuk mempersiapkan kejuaran Asia ini. Karena mereka (atlet) juga terpacu untuk lebih baik untuk tes seleksi,” jelas Oki.

Oki juga menilai, Indonesia memiliki peningkatan prestasi yang lebih baik dari negara Asean lainnya. Namun, Indonesia masih membutuhkan lebih banyak kompetisi di level yang lebih tinggi.

“Peningkatan kita dibanding negara Asean yang lain, kita lebih bagus. Di atas kita ya, Jepang, Iran, Korea. Ya karena mereka sering berkompetisi di level yang lebih tinggi. Kita butuh yang seperti itu,” pungkas Oki.

Baca juga:
SEPULUH TIM BALAP F1 KEMBALI KE BARCELONA UNTUK UJI COBA KENDARAAN

Pelatih timnas XC Oki Raspati (tengah) saat memberikan arahan kepada tim putri

kejuaraan-mtb-asia-2018-16854633458ada4.jpg

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 17 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Trek Albstadt Dikuasai Pebalap Swiss

Trek Albstadt Dikuasai Pebalap Swiss

CROSS COUNTRY
Timnas Prancis Latihan Bersepeda

Timnas Prancis Latihan Bersepeda

MTB
Julien Absalon Pensiun

Julien Absalon Pensiun

CROSS COUNTRY
Lintasan Menantang EWS Putaran 3

Lintasan Menantang EWS Putaran 3

ENDURO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company