Intip Persiapan MXGP Indonesia 2018 di Pangkal Pinang dan Semarang

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 19 May 2018

Intip Persiapan MXGP Indonesia 2018

SPORTKU.COM

Motocross Grand Prix (MXGP) 2018 akan dihelat dua kali di Indonesia. Masing-masing di Pangkal Pinang dan Kota Semarang.

Dua seri MXGP 2018 akan berlangsung di Indonesia. Youthstream sebagai penyelenggara MXGP juga kembali menunjuk Lightning Production sebagai EO lokal yang bertanggung jawab akan terselenggaranya MXGP Indonesia di dua lokasi berbeda.

MXGP Indonesia 2018 masing-masing akan dihelat di Pangkal Pinang pada tanggal 1 Juli sebagai rangkaian Seri 12. Selang satu minggu atau tepatnya pada tanggal 8 Juli, MXGP Indonesia 2018 akan diselenggarakan di Kota Semarang yang menjadi rangkaian Seri 13.

Hanya berselang satu minggu antara MXGP Indonesia di Pangkal Pinang dan Semarang, tentu membutuhkan konsentrasi tinggi bagi para crosser. Begitu juga dengan pihak penyelenggara yang harus memboyong semua kebutuhan pebalap dan tim dari Pangkal Pinang ke Semarang.

"Untuk transportasi kita sudah hitung matang, perjalanan 12 kontainer kita akan menggunakan jalur darat. Dari Jakarta ke Pangkal Pinang dan Pangkal Pinang ke Semarang juga memakai jalur darat yang lebih cepat dan lebih praktis dan tidak bergantung pada ombak laut," jelas Judiarto, pimpinan Lightning Production.

Sementara itu mengenai persiapan treknya sendiri, Judiarto mengakui hingga saat ini masih terus dikebut. Di Pangkal Pinang, para crosser akan menggunakan sirkuit yang sama dengan musim lalu. Di mana tahun lalu gelaran ini dilaksanakan di Area Sport Center GOR Sahabudin Pangkal Pinang.

Baca Juga
Bartholemy Bantah Tudingan Pengusaha Bir Gelapkan Uang Tim Marc VDS

"Untuk sirkuit di Pangkal Pinang, itu ada sedikit perubahan. Dari sirkuit tahun lalu yang becek kita ubah total dan kita perbaiki agar benar-benar bisa nyaman dan menjadi salah satu sirkuit terbaik di Pangkal Pinang," tegas Judiarto.

Sedangkan persiapan MXGP Indonesia 2018 yang rencananya akan dihelat di Bukit Semarang Baru (BSB) City baru berjalan 20 persen. "Untuk Semarang sudah 20 persen, mungkin tiga minggu lagi sudah selesai. 20 persen itu mencakup land clearing dan pemetaan," katanya.

Mengenai kebutuhan di luar sirkuit seperti paddock dan sebagainya, Judiarto mengatakan akan menggunakan paddock portable. "Untuk yang Semarang kita portable semua, tenda sama kontainer dengan kapasitas 100 ribu orang, hampir sama dengan di Pangkal Pinang."

Gelaran MXGP Indonesia tentunya juga menjadi kesempatan untuk semakin memperkenalkan potensi wisata yang kita miliki. Sebab, ajang bergengsi ini akan diikuti setidaknya oleh para pebalap dari 80 negara dengan kru mencapai 1.200 orang.

"Kota Semarang sangat mendukung terselanggarannya event MXGP 2018. Terbukti untuk lahan atau sirkuit sudah disediakan di Bukit Semarang Baru (BSB) seluas sekitar 24 hektar, itu hanya untuk kegiatan MXGP saja. Sedangkan untuk fasilitas pendukung kita sediakan sekitar 20 hektar," ujar H. Gurun Risyad Moko SH, SE, MM dari Dispora (Dinas Kepemudaan dan Olahraga) Kota Semarang.

"Korrdinasi dengan aparat, muspida Alhamdulillah sudah semuanya. Kita juga sudah melakukan koordinasi dengan Imigrasi dan juga Angkatan Laut kaitannya jika nantinya ada kapal yang mau merapat. Jadi semuanya mendukung terselenggaranya MXGP di Kota Semarang dan masyarakat sudah menunggu. Kita sudah sediakan 4 ribu kamar di samping home stay," pungkas Risyad.

Baca Juga
Marquez dan Pedrosa Pakai Fairing Baru di MotoGP Perancis 2018
Papu Gomez Kecewa Gagal Tampil di Piala Dunia 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 19 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

MXGP Hong Kong Siap Digelar

MXGP Hong Kong Siap Digelar

MXGP
Herlings Masih Puncaki Klasemen Sementara

Herlings Masih Puncaki Klasemen Sementara

MXGP
Antonio Cairoli Kuasai MXGP Lombardia

Antonio Cairoli Kuasai MXGP Lombardia

MXGP
Bali MX Tampil Spesial

Bali MX Tampil Spesial

MOTOCROSS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company