Efek Mendengarkan Musik Saat Berkendara

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Images Apple | Editor: Andi Wahyudi | 25 May 2018

SPORTKU.COM

Selama perjalanan mengendarai mobil memang tidak lepas dari kegiatan mendengarkan musik. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan!

Musik dipercaya bisa membangkitkan semangat ketika mengendarai mobil, bahkan bukan hanya itu, musik juga bisa menjadi pengusir rasa lelah saat berkendara terlalu lama. Seperti saat berpuasa, beberapa pengemudi mungkin merasakan lelah dan kurang semangat. Dengan begitu, musik dipercaya bisa membangkitkan semangat. Namun, meskipun faedahnya cukup banyak, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut paparannya.

Memang musik itu terbagi menjadi beberapa genre, rock, hard rock, slow rock, dan juga pop. Dari beberapa jenis tersebut, juga menimbulkan efek yang berbeda pula. Oleh karenanya, Robby Prakoso, sebagai penggiat keselamatan berkendara, menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama dengan musik hard rock.

Baca juga:
SELAMA ASIAN GAMES, TRANSJAKARTA GRATIS UNTUK JURNALIS DAN RELAWAN

"Kalau untuk musik memang, seyogyanya, jangan yang hard rock. Dalam artian yang lebih santai, karena dalam membawa kendaraan harus santai juga. Sebisa mungkin slow rock, itu masih oke, atau pop juga masih diperbolehkan," buka Robby kepada SPORTKU.COM. Ada alasan mengapa Robby tidak menyarankan mendengarkan musik hard rock saat berkendara. Baginya, desibel yang dihasilkan dari musim tersebut, mampu mengganggu pikiran saat berkendara.

Selain aliran musik, hal lainnya yang juga harus diperhatikan adalah besaran volume. "Satu lagi, volumenya mestinya ada batasan desibel. Ini karena faktor noise voice destruction. Dengan seperti itu, diharapkan tidak mengganggu saat berkendara. Kenapa dibatasi? Karena besaran desibel itu akan mempengaruhi konsentrasi, karena dengan volume yang tinggi, konsentrasi kita akan fokus ke suara musik, dan nanti akan terjadi internal destruction," tambah pria yang juga tercatat sebagai pereli Bintang Automotive ini.

Alangkah baiknya, menurut Robby, dalam mengatur volume bisa disesuaikan. Sebisa mungkin, antara suara musik dan dari luar mobil, masih terdengar dengan jelas. Tentunya ini mengacu pada tingkat keselamatan berkendara.

"Untuk mengatur volume, sebaiknya, suara dari dalam dan luar mobil tetap terdengar. Hal ini dikarenakan untuk tetap konsentrasi terhadap dunia luar. Memang tidak ada patokan berapa volume yang harus dipatuhi, hal ini karena tingkat kekedapan kabin mobil itu berbeda-beda," imbuhnya.

Baca juga:
Ini Rencana Pensiun Ronaldo

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Images Apple | Editor: Andi Wahyudi | 25 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

DID U KNOW
Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

Data-Fakta Sirkuit Red Bull Ring

DID U KNOW
Rekor Indonesia di Asian Games

Rekor Indonesia di Asian Games

DID U KNOW
Tertua-Termuda di Asian Games 2018

Tertua-Termuda di Asian Games 2018

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company