Timnas Swiss Bermodalkan Kekuatan Sepakbola Multiras di Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

Swiss, Kekuatan Sepakbola Multiras

SPORTKU.COM

Menilik dari rangking FIFA, Timnas Swiss yang diisi oleh berbagai macam ras tak bisa dipandang sebelah mata.

Menghadapi Piala Dunia 2018, Swiss nampaknya tak boleh dipandang remeh. Pasalnya, saat ini tim asal Eropa Barat itu sukses menempati urutan ke-6 di rangking FIFA. Selain itu, inilah keikutsertaan yang ketiga kalinya secara beruntun ke Piala Dunia sejak Piala Dunia 2010 yang menandakan sepak bola di negara yang terkenal dengan jam tangan itu.

Sebelumnya Swiss yang tergabung di Grup B kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa itu memiliki poin sebanyak 27 alias sama dengan Portugal, namun mereka harus menjalani babak playoff lantaran kalah produktivitas gol dari Portugal. Swiss pun lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui babak playoff dengan mengalahkan Irlandia.

Adapun kunci kesuksesan sepak bola di negara yang beribukota di Bern itu adalah berkat latar belakang pemainnya yang berasal dari berbagai ras Eropa (Spanyol, Albania, Portugal), bahkan ada pula pemain berdarah Afrika (Pantai Gading, Kamerun, hingga Sudan).

Baca juga
Etape Pamungkas Giro d'Italia

Xherdan Shaqiri misalnya, winger andalan Timnas Swiss yang telah tampil sebanyak 34 pertandingan dan mencetak 6 gol itu memiliki darah Kosovo dan Albania. Pemain yang menjadi andalan Stoke City itu memiliki julukan Lionel Messi dari Swiss.

Sepanjang gelaran Piala Dunia berlangsung, Swiss dapat dikatakan cukup sering mengikuti turnamen ini. Tercatat sebanyak 11 kali mereka ikut dan prestasi tertinggi yang diraih adalah saat Piala Dunia 1954 yang mana mereka sukses melaju hingga babak perempat final yang mana saat itu mereka menjadi tuan rumah.

Di Piala Dunia 2018 kali ini, Swiss tergabung di Grup E bersama Brasil, Kosta Rika, dan Serbia. Banyak yang berharap mereka bisa berbicara banyak di Piala Dunia tahun ini.


timnas-swiss-sportku-fajrin-fathia--47603ee34f3c327.jpg

Baca juga
Petenis Unggulan Pria Bersusah Payah

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 28 May 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Stadion Ikonik di Piala Dunia

Stadion Ikonik di Piala Dunia

INFOGRAPHIC
Transformasi Bola Piala Dunia

Transformasi Bola Piala Dunia

INFOGRAPHIC
Senegal Siap Ulangi Memori 2002

Senegal Siap Ulangi Memori 2002

INFOGRAPHIC
Polandia, Bukan Cuma Robert Lewandowski

Polandia, Bukan Cuma Robert Lewandowski

INFOGRAPHIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company