Alireza Jahanbakhsh, Tumpuan Iran di Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Real Sport | Editor: Andi Wahyudi | 11 June 2018

SPORTKU.COM

Alireza Jahanbakhsh diharapkan mampu menjadi pendulang gol bagi Timnas Iran di Piala Dunia 2018 mendatang.

Sepanjang keikutsertaan Timnas Iran di Piala Dunia, tak ada prestasi yang membanggakan yang mereka dapat lantaran hanya mentok di babak fase grup. Meski demikian, di Piala Dunia edisi 2018 kali ini, kehadiran mereka tak boleh dipandang sebelah mata.

Iran sendiri tercatat sebagai tim kedua yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah Brasil. Hal itu lantaran kedigdayaan mereka tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dengan tak terkalahkan di third roun dengan mengumpulkan 22 poin hasil dari enam kali menang dan empat kali imbang.

Iran sendiri di gelaran Piala Dunia 2018 kali ini tergabung bersama di grup B bersama dua tim kuat favorit juara asal Eropa, Portugal dan Spanyol serta satu wakil Afrika, Maroko. Bisa dibilang, tim yang diasuh oleh Carlos Queiroz itu berada di grup neraka.

Menilik persaingan yang cukup ketat di grup B, kemungkinan Iran untuk bisa lolos dari grup meski berstatus sebagai runner-up terbilang sulit. Kendati demikian, merek bisa tampil menjadi kuda hitam di grup tersebut.

Adapun yang membuat Iran bisa optimis untuk bisa lolos ke babak 16 besar adalah lantaran mereka memiliki modal berharga yang bisa menjadi senjata ampun bagi mereka untuk merebutkan satu tiket ke babak knock out.

Baca juga
Antonio Cairolli Semakin Tertinggal Jauh

Selain mengandalkan permainan kolektif. Iran kini memiliki penyerang mematikan. Adapun sosok yang dimaksud adalah penyerang sayap berusia 24 tahun, Alireza Jahanbakhsh.

Nama Jahanbakhsh di musim ini menjadi buah bibir tak hanya di Iran, tetapi juga di Eropa, tepatnya di Belanda. Pasalnya, mantan pemain yang membela AZ Alkmaar Zaanstreek itu sukses keluar sebagai top skor Erevidisie dengan torehan 21 gol.

Catatan tersebut jauh lebih banyak ketimbang apa yang Jahanbakhsh hasilkan di musim lalu yang mana ia hanya mencetak 10 gol di ajang Eredivisie.

Kesuksesan Jahanbakhsh menjadi top skor di Eredivisie sendiri menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi benua Asia. Pasalnya, pemain asal Iran ini menjadi pemain asal Asia pertama yang menjadi top skor di kompetisi Eropa.

Tak hanya itu, sejumlah catatan mentereng juga dibuat oleh Jahanbakhsh. Dikutip dari penyedia statistik sepak bola Opta, dalam 33 penampilan di sepanjang musim di Eredivisie, ia juga mampu menciptakan 12 assist, 78 umpan kunci, dan 111 melakukan drible bola sukses.

Tak heran bila, banyak yang berharap agar Jahanbakhsh bisa menunjukan ketajaman serupa di Piala Dunia 2018. Apalagi berhadapan dengan pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo yang mewakili Portugal atau Diego Costa di sisi Spanyol menjadi motivasi tersendiri bagi pemain yang pernah bermain di ajang Piala AFF U-19 pada tahun 2012 silam.

Baca juga
Sejarah Lahirnya Tim Satelit MotoGP

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Real Sport | Editor: Andi Wahyudi | 11 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

WORLD CUP
Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

WORLD CUP
Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

WORLD CUP
Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

WORLD CUP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company