Soal Pelatih, Argentina Juara di Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2018

SPORTKU.COM

Lima dari 32 negara peserta Piala Dunia 2018 memiliki pelatih yang berasal dari Argentina—termasuk Timnas Argentina.

Bila ditanya siapa yang akan menjuarai Piala Dunia 2018 jawabannya tentu variatif. Namun, kebanyakan jawaban dari pertanyan itu biasa mengerucut kepada tim dengan tradisi juara seperti Brasil, Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Namun meski demikian, Argentina dipastikan menjadi "juara" Piala Dunia 2018 dalam hal pelatih. Pasalnya, lima dari 32 negara peserta Piala Dunia 2018 memiliki pelatih yang berasal dari Argentina.

Adapun lima pelatih tersebut adalah Jorge Sampaoli (Argentina), Jose Pekerman (Kolombia), Ricardo Gareca (Peru), Hector Cuper (Mesir) dan Juan Antonio Pizzi (Arab Saudi).

Dalam sebuah wawancara, pelatih kenamaan dunia, Pep Guardiola sempat mengatakan bahwa Argentina merupakan pabrik pelatih terbaik dunia.

"Jika Anda ingin belajar tentang sepak bola, anda harus melakukan perjalanan ke Argentina," kata pelatih Manchester City seperti dikutip dari Fox Sport.

Sementara, Legenda Timnas Argentina, Mario Kempes mengatakan bahwa pelatih Argentina sangat dihargai lantaran memiliki etos kerja yang baik.

"Mereka memiliki karakter dan kepribadian yang kuat untuk melakukan pekerjaan dengan baik," ungkapnya.

Sementara, Gustavo Aguilera, seorang eksekutif untuk kantor ManpowerGroup Argentina, penyedia layanan tenaga kerja mengatakan bahwa pelatih asal negaranya itu memiliki kemampuan adaptasi yang baik dimanapun mereka bekerja.

Baca juga
Alireza Jahanbakhsh Kunci Timnas Iran

"Mereka memiliki profil yang sangat serbaguna, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan konteks baru, terutama ketidakpastian. Mereka juga menghasilkan solusi dengan cara yang efisien," ujarnya.

Sebagai contoh, Pizzi yang gagal mengantarkan Chile ke putaran final Piala Dunia 2018 justru malah dikontrak oleh Arab Saudi sebulan setelah dipecat oleh asosiasi sepak bola Chile.

Kemampuan Pizzi dalam beradaptasi dianggap solusi terbaik baik Arab Saudi untuk menemukan pelatih jitu dalam waktu singkat. Hal itu lantaran pelatih asal Argentina itu dikontrak tak jauh dari putaran final Piala Dunia 2018, tepatnya pada November 2017 silam dan dianggap terlalu mepet untuk persiapan.

Selain itu simak bagaimana Cuper sukses mengantarkan Mesir untuk kembali ke Piala Dunia setelah 27 tahun absen. Mantan pelatih Inter Milan itu hanya butuh tiga tahun membuat sepak bola negara tersebut berkembang.

Meski demikian, raihan Cuper belum seberapa bila dibandingkan dengan Gareca. Pelatih berusia 6o tahun itu sukses meloloskan Peru ke Piala Dunia setalah absen selama 37 tahun. Kunci kehebatan pelatih asal Argentina itu terletak pada kemampuan dirinya mengakhiri ketidakdisiplinan dalam tim dan memulihkan penguasaan bola yang elegan dan gaya umpan pendek yang menjadi ciri khas Peru yang sempat hilang.

Bicara soal prestasi. Pekermen mungkin menjadi pelatih terbaik Argentina bila menilik pengalamannya di Piala Dunia. Di Piala Dunia edisi 2014 lalu, ia mampu mengantarkan Kolombia sukses capai perempat final dan melahirkan pemain berbakat macam James Rodriguez yang tampil mejadi top skor—bersama Thomas Mueller.

Namun, bagaimanapun Sampaoli yang didapuk sebagai pelatih Argentina juga bukanlah pelatih sembarang. Ia dianggap sukses mengantarkan negaranya ke Piala Dunia lantaran mampu membangkitkan Lionel Messi dkk yang terpuruk.

Selain itu pengalaman dirinya menjuarai ajang Copa America bersama Chila dan sukses membangun sepak bola Peru di masa lampau menjadi alasan bahwa Argentina akan menjadi kejutan di Piala Dunia 2018 kali ini.

Menilik dari profil kelima pelatih asal Argentina di atas tentu menarik melihat sejauh mana kiprah mereka di Piala Dunia 2018 yag bergulir pada 14 Juni-15 Juli 2018 mendatang.

Baca juga
Vettel Juara GP Kanada 2018

 

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

Gol Terbaik Piala Dunia 2018

WORLD CUP
Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

Bakti Dinamo Zagreb untuk Kroasia

WORLD CUP
Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

Kante, Sosok Sederhana Kunci Prancis

WORLD CUP
Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

Rusia Mimpi Buruk Amerika Latin

WORLD CUP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company