Kasus Tak Kunjung Selesai, Tim Marc VDS dan Bartholemy Akhirnya Cerai

Text : Suhartono | Photo / Video : Blick, Blick | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

SPORTKU.COM

Setelah cukup lama terlibat dalam pertikaian, akhirnya Marc VDS dan Michael Bartholemy memilih untuk berpisah.

Sejak beberapa minggu lalu, perseteruan antara pemilik tim Marc VDS Marc van der Straten dengan Manajer Tim lamanya Michael Bartholemy mencuat ke publik. Marc VDS, pegusaha bir asal Belgia sekaligus miliarder ini melayangkan tuduhan kepada Bartholemy atas penggelapan uang tim.

Sebelum MotoGP Le Mans, Perancis pada 20 Mei lalu, kerja sama dengan Bartholemy dihentikan oleh Marc VDS tanpa pemberitahuan. Namun, Bartholemy tidak mau menerima pemecatan tersebut. Dia mengatakan tuduhan penggelapan uang oleh Marc VDS tidak berdasar, tidak ada bukti otentik tentang keuangan. Bartholemy bersikeras jika dirinya tidak membuat kesalahan.

Koordinator tim yang diberhentikan Bartholemy, Marina Rossi, dikatakan telah memberi Marc VDS dokumen yang memberatkan saat berlangsungnya MotoGP Jerez, Spanyol pada 6 Mei, sebelum MotoGP Le Mans.

Namun posisi Bartholemy cukup kuat di tubuh tim Marc VDS. Bartholemy memiliki wewenang di Marc VDS untuk kontrak dua pebalap Joan Mir dan Alex Marquez untuk tampil di Kelas Moto2. Dia juga yang memiliki wewenang kontrak atas sewa motor Honda untuk Thomas Luthi dan Franco Morbidelli yang tampil di Kelas MotoGP.

Akan tetapi, Marc VDS merasa dia adalah pemilik yang sah dari semua aset tim. Dari anggaran tahunan sebesar 14,5 juta euro atau sekitar Rp237,8 miliar untuk Moto2 dan MotoGP, Marc VDS menggelontorkan dana hingga 4 juta euro (Rp65,6 miliar), dan subsidi dari Dorna hampir 6 juta euro (Rp98,4 miliar).

Baca Juga
Asian Games 2018 Dongkrak Kepopuleran Produk Nasional

Sementara itu, Bartholemy dituduh menggelapkan uang tim sebanyak 10 - 15 juta euro atau sekitar Rp166,4 - 249,6 Miliar. Marc VDS menegaskan jika uang tersebut telah dikorupsi Bartholemy sejak 2010 silam. Marc VDS juga menarik denda dari Bartholemy 250 ribu Euro atau sekitar Rp4,1 Miliar. Denda ini karena Bartholemy dianggap telah melanggar peraturan dan memasuki paddock Marc VDS di MotoGP Le Mans.

Tak mau merugi, Bartholemy juga menuntut ganti rugi dalam jumlah 3 juta Euro (sekitar Rp49,9 Miliar) atas kerugian dipecatnya dirinya dari Marc VDS dan untuk mengganti semua kontrak pebalap Moto2 serta aset yang telah dia keluarkan.

Untuk meredam masalah yang semakin panas, Marc VDS dan Bartholemy akhirnya terbuka untuk saling bertukar pandangan dalam berbagai pernyataan. Di belakang layar, para pengacara sedang mencari kompromi yang pas untuk menyelesaikan masalah ini.

Marc VDS dan Bartholemy juga akhirnya membuat perjanjian. Di mana isinya adalah tim Marc VDS dapat melanjutkan musim balap 2018 dengan aman di kedua kelas.

"Marc van der Straten dan Michael Bartholemy hari ini mencapai kesepakatan yang disepakati bersama. Mereka mengakhiri kerja sama hanya karena satu alasan, ada berbagai pendekatan strategi," ungkap Marc VDS.

"Beberapa minggu terakhir ini sulit bagi semua orang yang terlibat dalam Tim Marc VDS, karena ada ketidakpastian tentang masa depan, yang mengalihkan perhatian kami dari tujuan kami memenangkan perlombaan. Dengan bantuan perjanjian ini, kami dapat fokus untuk mencapai lebih banyak kesuksesan," sambung Marc VDS.

"Dalam delapan tahun, Marc dan saya telah mencapai banyak hal bersama. Kami telah memenangkan dua gelar juara dunia di Moto2 dan membentuk Marc VDS sebagai salah satu tim terkuat di paddock. Tapi tidak ada kemitraan yang membutuhkan waktu selamanya. Mulai hari ini kita berpisah. Saya menantikan tantangan baru," tutup Bartholemy.

Baca Juga
Keuntungan Indonesia Gelar Asian Games 2018, Perputaran Uang Hingga Rp45 Triliun
Bongkar Rahasia MotoGP Catalunya

Text : Suhartono | Photo / Video : Blick, Blick | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Wahyu Aji Jadi Nama Stadion

Wahyu Aji Jadi Nama Stadion

ARRC
Angel Nieto Hengkang dari MotoGP

Angel Nieto Hengkang dari MotoGP

MOTOGP
Barbera Banting Setir ke WSBK

Barbera Banting Setir ke WSBK

SUPERBIKE
Pedro Wuner Alami Kendala Motor

Pedro Wuner Alami Kendala Motor

SUPERMOTO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company