Motor MotoGP Memiliki Tiga Rem

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

SPORTKU.COM

Pada dasarnya motor hanya memiliki dua sistem pengereman. Namun, untuk motor MotoGP, mereka mendapat satu tambahan pengereman lagi.

Selain mengadopsi sistem rem depan dan belakang sebagai bawaan standarnya, motor MotoGP yang memiliki bobot sekitar 157 kilogram, memiliki satu rem tambahan. Meskipun ini bersifat tidak mutlak, namun engine brake atau yang biasa dikenal sebagai deselerasi darurat, juga menjadi bagian dari sistem pengereman yang turut membantu pebalap motoGP.

Dengan kata lain, kombinasi yang turut melengkapi motor MotoGP antara lain rem depan, engine brake, dan rem belakang. Sebagai persentasenya, teknisi membaginya menjadi beberapa persen. Untuk rem depan, peranti ini memiliki peranan sebesar 70 persen untuk sistem pengereman. Untuk engine brake, memiliki peranan sebesar 20 persen dan kemudian rem belakang yang memiliki 10 persen peranan pengereman.

Baca juga:
BENDERA FINISH BERKIBAR SEBELUM WAKTUNYA

Namun, berbicara mengenai pengoperasiannya, untuk rem depan dan rem belakang, menurut data teknis dari MotoGP, sistem ini 100 persen dikendalikan penuh oleh pebalap. Lain halnya dengan engine brake, sistem ini bekerja tanpa masukan dari pebalap. Secara teknis, sistem pengereman ini memberikan deselerasi terhadap ban belakang untuk menahan lajunya kecepatan. Selain itu, setiap tikungan, engine brake akan memiliki tingkat tekanan yang berbeda-beda.

Sebagai tambahan, di beberapa motor MotoGP, ada juga yang turut menyematkan handle rem di sebelah kiri yang bertugas untuk melakukan pengereman tambahan. Ini dimaksudkan untuk menambah daya cengkeram yang lebih saat ingin mendapatkan braking yang begitu tepat.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 13 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Dua Hal yang Dibenahi Vinales

Dua Hal yang Dibenahi Vinales

MOTOGP
Motivasi Davies Jelang WSBK Amerika

Motivasi Davies Jelang WSBK Amerika

SUPERBIKE
Iannone Ingin Menang Bersama Suzuki

Iannone Ingin Menang Bersama Suzuki

MOTOGP
Dimas Penuhi Target di Moto2

Dimas Penuhi Target di Moto2

MOTO2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company