Begini Bentuk Mobil Formula 1 Ferrari Pertama Kali

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 17 June 2018

SPORTKU.COM

Nama Ferrari memang tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan Formula 1. Namun, tahukah Anda seperti apa mobil F1 pertama mereka?

Tepatnya Mei 1947, atau tiga tahun sebelum gelaran pertama Formula 1 dimulai, Ferrari mulai memproklamirkan mobil balap pertama mereka. Sebelum menggunakan nama Ferrari 125 ini, Ferrari terlebih dahulu menggunakan nama Tipo 125, namun hal tersebut diganti ketika Ferrari terjun di ajang Formula 1 untuk pertama kalinya di tahun 1950. Padahal, di tahun 1948, sebelum masuk ke Formula 1, mobil balap tersebut sudah mengantongi piala kejuaraan, namun hal tersebut belum diresmikan sebagai ajang kejuaraan bergengsi seperti sekarang.

Baca juga:
BERKAH UNTUK RED BULL RACING

Melihat bentuk SF71-H yang sekarang, tentu akan berbeda sangat jauh dengan mobil Formula 1 pertama mereka. Pasalnya, bentuk Ferrari 125 F1 saat itu tidak ada bagian yang terbilang tajam, hampir seluruh desainnya dibuat rounded. Di bagian depan, mobil ini mengadopsikan grill yang cukup lebar. Tidak seperti mobil Formula 1 saat ini, dimana mereka tidak menghadirkan grill, dan diganti dengan adanya nose atau hidung mobil.

Lanjut ke bagian lainnya, bentuk desain yang panjang memang sudah dari dahulu mobil Formula 1 memiliki 'hidung' yang panjang. Di tahun 1950, jarak dari kursi pebalap hingga ujung mobil, memang sangat jauh. Ini menyiratkan nuansa kecepatan karena di balik kap mesin terdapat mesin super yang mampu melontarkan tenaga sebesar 230 hp.

Secara bahasa desain, model ini memang terlihat unik. Pasalnya, jika ditarik garis lurus dari depan ke belakang, tidak ada kemiripan. Namun di bagian tengah, banyak air scoop yang dihadirkan untuk meringankan panas mesin yang memiliki tenaga dahsyat.

Baca juga:
TANGKI MOTOR BALAP ENAK DIPELUK

Untuk spesifikasinya, Ferrari 125 F1 ini mengadopsi mesin berkapasitas 1.5 liter Colombo 125 V12 dengan sudut kemiringan 60 derajat. Ini juga disokong dengan fitur single overhead camshaft di masing-masing silinder dengan sudut kemiringan yang sama, yakni 60 derajat. Mobil yang didesain oleh Gioacchino Colombo dan Valerio Coloti ini memiliki jarak sumbu roda 2.160 mm dengan panjang 3.685 mm, lebar 1.400 mm dan tinggi 1.025 mm.

Setelah dikembangkan dengan penuh keteguhan hati, mobil ini langsung menyabet beberapa prestasi, salah satunya adalah saat Grand Prix Brazil 1950. Peter Whitehead, mencetak prestasi pertamanya di podium ketiga.

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 17 June 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Tarquini Belum Tergoyahkan

Tarquini Belum Tergoyahkan

WTCR
Bencana Membawa Berkah Denny Rommel

Bencana Membawa Berkah Denny Rommel

TOURING
Kekeliruan Warnai Podium Eko Bambang

Kekeliruan Warnai Podium Eko Bambang

ETCC
Hyundai Berjaya di WTCR Slovakia

Hyundai Berjaya di WTCR Slovakia

WTCR

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company