Ini Cara Penanganan Luka Jatuh Saat Bermain Bola

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 1 July 2018

Cara Penanganan Luka Bermain Bola

SPORTKU.COM

Ini saran dr Dedy Kartawidjaja ketika mendapatkan luka akibat jatuh saat bermain sepak bola.

Bermain sepak bola merupakan hal yang positif bagi kesehatan. Namun, kadang kala kerasnya olahraga ini bisa menimbulkan luka apabila terjatuh. Tentunya, hal ini tentu harus ditangani dengan serius apabila tak ingin timbul infeksi.

dr Dedy Kartawidjaja mengatakan bahwa penanganan luka akibat jatuh ketika bermain sepak bola harus dilakukan secara tepat untuk menghindari luka yang lebih serius.

“Terkadang kita menganggap hal ini adalah hal sepele, namun sebenarnya kita tahu semua dalam menangani luka yang paling penting adalah menghindari infeksi dengan memberikan larutan zat antiseptic yang tepat di waktu yang tepat, ” kata dr Deddy.

Dokter yang merupakan Head of Medical Affairs Mundipharma Indonesia itu mengingatkan bahwa sebelum melakukan aktivitas olahraga yang menguras fisik, terlebih dahulu harus mempersiapkan obat antiseptik.

“Kebanyakan dari kita adalah terkena luka dulu, baru kemudian mencari antiseptiknya,” ungkapnya.

dr Dedy sendiri mengatakan cara menangani luka yang benar adalah saat terjadinya luka harus langsung diberikan zat antiseptik saat itu juga untuk mencegah kumah masuk ke dalam kulit.

Baca juga
Soal Fasilitas, Ini Kata Osrita Muslim

Betadine Soccer Camp bersama Manchester City
coaching-clinic-betadine-dan-89960d59607dcb4.JPG

“Yang perlu diperhatikan adalah pemberian zat antiseptik yang tepat pada saat yang tepat. Saat yang tepat adalah sesaat setelah terjadinya luka, jadi bukan ditunda sekian waktu atau mungkin sekian jam. Karena ketika luka sudah terjadi gangguan terhadap diri kita di situ menjadi pintu masuk untuk kuman-kuman. Jadi setelah terluka harus langsung dilakukan penanganan,” katanya.

Selain itu sang dokter juga menyarankan untuk terlebih dahulu melihat tanggap kedaluarsa obat tersebut sehingga masih layak digunakan atau tidak.

“Bisa sudah memiliki obat, coba dicek apakah sudah expired atau belum. Karena luka bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Kegiatan Soccer Camp 2018 kali ini merupakan yang pertama yang digelar di Indonesia. Sebelumya mereka melakukan seleksi secara online pada April-Mei 2018 lalu untuk menentukan 36 peserta terpilih yang dilatih oleh pelatih akademi Manchester City pada 27-29 Juni 2018.

Baca juga
36 Anak Indonesia Dilatih Pelatih Akademi Manchester City

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Pariyono | Editor: Andi Wahyudi | 1 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Data dan Fakta MotoGP Jerman

Data dan Fakta MotoGP Jerman

DID U KNOW
Tinta Emas Pedrosa dalam Angka

Tinta Emas Pedrosa dalam Angka

DID U KNOW
Tiga Mesin Andalan di MotoGP

Tiga Mesin Andalan di MotoGP

DID U KNOW
Bikin Mobil Balap? Berikut Panduannya!

Bikin Mobil Balap? Berikut Panduannya!

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company