Toto Wolff Mulai Benahi Strategi

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 11 July 2018

SPORTKU.COM

Kehilangan poin utama di GP Inggris, membuat Toto Wolff terus berputar otak untuk membenahi strategi timnya.

Melihat jagoannya kalah di kampung halamannya, mungkin menjadi sebuah pecutan keras bagi Mercedes AMG F1 saat berlaga di sirkuit Silverstone, Inggris (8/7). Terlebih, Mercedes kalah dari musuh bebuyutannya, Scuderia Ferrari.

Melalui pebalap andalannya, Sebastian Vettel, Tim Kuda Jingkrak, langsung memberikan tekanan sejak lampu start dipadamkan. Alhasil, Vettel sukses mencuri posisi terdepan dari Valtteri Bottas lewat pertaruhan aksi salipnya saat balapan menyisakan empat putaran lagi.

Bagi Toto Wolff, Kepala Tim Mercedes, ada beberapa hal yang menjegal jagoannya untuk tampil maksimal. Pertama, insiden dengan Kimi Raikkonen yang membuat perjuangan Lewis Hamilton menjadi lebih berat. Wajar saja, setelah bersenggolan, Lewis Hamilton langsung menempati posisi juru kunci, meskipun lap demi lap ia mampu bangkit dan menempati posisi kedua, tetap saja ia dipandang gagal tampil sempurna di hadapan publiknya.

Baca juga:
SEAN GELAEL BEKERJA DENGAN PROFESIONAL

"Kami perlu menemukan beberapa performa dalam lomba, mulai dari menghindari insiden seperti yang kami lihat di Silverstone. Yang perlu kita pahami adalah di mana kita bisa meningkatkan, dan dimana kita bisa mengerahkan teknisi kita," jelas Toto Wolff, dilansir F1i.com. Alhasil, kekalahan tersebut juga turut menyeret Andrew Acoylin, Chief Race Engineer Mercedes.

Bagi Andrew, usai mengalami hasil yang kurang baik tersebut, pihaknya terus berkonsolidasi untuk bisa memecahkan masalah tersebut. "Kami melakukan banyak pekerjaan di sini, untuk mencoba memahami itu," ucap Andrew dalam video Pure Pitwall terbaru yang dirilis melalu channel Youtube Mercedes F1.

"Jawaban sederhananya adalah kami mendapatkan beberapa whellpin. Ada lebih dari sedikit grip di grid daripada yang kami harapkan. Kami telah berlatih mulai dari sana, dan di Silverstone, mereka benar-benar memungkinkan Anda melakukan start dari grid," tambahnya.

Sementara menyikapi strategi pit stop yang banyak dikritik, justru Toto Wolff tidak melihat itu sebagai kelemahan timnya. Bagi Wolff, apa yang telah diterapkan oleh timnya di Silverstone, sejauh ini sudah benar.

"Saya pikir strateginya cukup bagus. Kami memutuskan untuk pergi ke posisi trek. Itu adalah pemanggilan yang tepat dalam pandangan saya, dan kami tidak akan memenangkan perlombaan jika tidak menurut pendapat saya. Jadi saya merasa baik-baik saja dengan itu," imbuh Wolff yang bergeming tidak mau menyalahkan strategi pit.

Baca juga:
RENAULT TEPIS KABAR TENTANG ALONSO

Bagi pria kelahiran Austria ini, langkah yang harus dibenahi adalah bagaimana balapan itu dimulai. Karena, bagi Wolff, strategi pit itu juga terafiliasi dengan strategi lainnya. Sehingga, penggabungan keduanya dirasa akan lebih bermanfaat bagi Mercedes saat akan balapan di Jerman dua pekan mendatang.

"Menimbang bagaimana perlombaan dimulai, kita harus menerima hasilnya sebagai hasil yang dapat diterima dengan batasan kerusakan. Kami ingin menjadi agresif. Jelas beberapa yang lain lebih agresif, tetapi ini tentang balapan yang adil dan seimbang, serta memiliki mobil yang baik. Inilah yang ada di tangan kami, dan kami mencoba untuk meningkatkan di mana kami dapat melakukan peningkatan," papar Wolff.

Berbekal perubahan strategi tersebut, Wolff pun percaya bahwa dalam pertarungan berikutnya, timnya mampu membawa pulang hasil yang lebih baik dari laga di Silverstone, akhir pekan kemarin. "Tapi sekarang kita akan melihatnya, dan mencoba untuk bertarung dan mencetak poin sebanyak mungkin," pungkas Wolff.

Baca juga:
TOYOTA SUPRA DI GOODWOOD FOS

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Andi Wahyudi | 11 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Catatan Rekor di MotoGP Jerman

Catatan Rekor di MotoGP Jerman

TOPIC OF THE WEEK
Akhir Generasi Emas Belgia

Akhir Generasi Emas Belgia

TOPIC OF THE WEEK
Rahasia Prancis Juara Piala Dunia

Rahasia Prancis Juara Piala Dunia

TOPIC OF THE WEEK
Persaingan di Tour de France

Persaingan di Tour de France

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company