Roger Federer Tinggalkan Panggung Wimbledon di Perempat Final

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Wimbledon | 12 July 2018

Federer Tinggalkan Panggung Wimbledon

SPORTKU.COM

Harapan Roger Federer tentang gelar Wimbledon kesembilan pupus sudah. Ia terhenti di perempat final, Rabu (12/7).

Kejutaan menyedihkan bagi para fans tenis dunia. Juara bertahan Roger Federer ditaklukkan oleh petenis Afrika Kevin Anderson dengan 2-6 6-7 (5) 7-5 6-4 13-11.

Petenis Swiss berusia 36 tahun itu, tidak bermain di Centre Court untuk pertama kalinya sejak 2015, menampilkan performa apik yang biasa ia mainkan.

Setelah menyia-nyiakan satu match point pada game ke-10 dari set ketiga, permainan Federer melemah dan Anderson yang terinspirasi kembali mengklaim kemenangan dalam empat jam 14 menit.

Itu adalah kejutan terbesar dalam turnamen ini, terutama karena Anderson adalah petenis yang belum memenangkan satu set pun dalam empat pertemuan head to head mereka sebelumnya.

Sementara unggulan teratas Federer yang hanya gemilang di set pertama, tidak ada yang bisa dicegah dari gebrakan Anderson. Ia akan menjadi petenis pria Afrika Selatan pertama yang masuk semifinal Wimbledon sejak Kevin Curren pada 1983.

Pemain berusia 32 tahun, yang mencapai final AS Terbuka tahun lalu, akan menghadapi John Isner di semifinal.

“Pada saat 2-0 saya mencoba yang terbaik untuk terus berjuang dan mampu mengikis defisit. Pada akhirnya saya melakukan pekerjaan yang hebat. Saya berada di alur pertandingan, ”kata unggulan kedelapan Anderson.

“Mengalahkan Roger Federer di Wimbledon akan menjadi salah satu momen yang saya kenang. Saat pertandingan berlangsung, saya memberikan segalanya. Saya sangat gembira, ”

Kesempatan Yang Menghilang

Ini adalah kedua kalinya 20 kali juara Grand Slam Federer kalah di Wimbledon dari dua set di depan. Ia menderita nasib yang sama saat melawan Jo-Wilfried Tsonga di perempatfinal 2011.

"Itu bukan salah satu hari terbaik saya," kata Federer, yang memenangkan set pertama dalam 26 menit.

Petenis Swiss ini menolak untuk menyalahkan kekalahannya pada keputusan untuk memainkan pertandingan di Court One daripada di lapangan Centre Court di All England Club.

“Saya pikir itu tidak penting. Saya punya peluang dan tak bisa mewujudkannya. Itu masalah saya sebenarnya. Saya mepunyai kesempatan dan saya gagal,"

Sebenarnya Federer telah memainkan pertandingan bagus di set pembuka. Namun Anderson tetap teguh bertarung dan melakukan apa yang belum pernah dilakukan di Wimbledon sejak semifinal tahun lalu ketika ia mematahkan servis Federer di awal set kedua.

Ia dipatahkan 85 match dari Federer. Namun dia tidak bergeming, memukul kembali untuk mengambil set pada tiebreak.

Baca Juga:
Lolos ke semifinal, Novak Djokovic: Saya Merasa Berbeda

Match Point Yang Menentukan

Poin pertandingan Federer tiba ketika servis Anderson di 4-5 pada menjulang di net. Dia membuat servis dari umpan backhand yang dicobanya.

Upaya itu memberi energi kepada Anderson. Ia mematahkan servis berikutnya dengan pukulan backhand dari servis lemah kedua. Kemudian ia berjuang kembali dari 0-40 untuk menutup yang ketiga dengan ace.

Federer tampak bingung dan forehandnya mulai terlihat rentan dan itu adalah stroke yang memungkinkan Anderson mematahkan servis yang menentukan di 3-3 pada set keempat.

Anderson menurunkan Federer 0-30 dua kali untuk servis di tahap awal penentuan. Tetapi naluri Federer menggelora dan dengan keunggulan servis  pertama tampaknya tak terelakkan bahwa lawannya akan lemah.

Enam kali Anderson dituntut untuk mengendalikan servis agar tetap bertahan dan ia berhasil untuk tugas itu.

Federer yang goyah pada 11-11, melakukan kesalahan ganda untuk memberikan Anderson break point yang ia ubah saat forehand jagoan bertahan itu menyangkut pada net.

Masih ada masalah kecil saat mengendalikan servis. Tapi ace ke-28 membantu menenangkan ketegangan Anderson. Dia memenangkan match point dengan forehand manis sebelum menyelesaikan kemenangan luar biasa dengan servis pertama yang tidak bisa ditangani Federer.

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : Wimbledon | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

Djokovic, Kembalinya Sang Juara Wimbledon

TENNIS
Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

Taklukan Serena, Kerber Juarai Wimbledon

TENNIS
Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

Duel Klasik, Djokovic Akhiri Nadal

TENNIS
Anderson Menangi Semifinal Wimbeldon Terpanjang

Anderson Menangi Semifinal Wimbeldon Terpanjang

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company