Racikan Super Ferrari di Silverstone

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

Racikan Super Ferrari di Silverstone

SPORTKU.COM

Hingar bingar kemenangan Scuderia Ferrari di tanah Inggris masih membekas hingga hari ini. Apa rahasia Ferrari di Silverstone kemarin?

Banyak hal yang menjadi penyokong keberhasilan Scuderia Ferrari di negeri Ratu Elizabeth ini. Selain performa mesin yang mumpuni, faktor lain yang juga menjadi penopang keberhasilan tersebut adalah perbaikan serta penyempurnaan fungsi berbagai komponen yang ada di mobil SF71-H ini. Dalam sebuah video singkat yang dirilis oleh Autosport, mereka membagikan rahasia kemenangan Ferrari.

Setidaknya ada dua hal baru yang diboyong oleh Tim Kuda Jingkrak demi meningkatkan performa mobilnya. Kedua hal tersebut adalah memaksimalkan fungsi air flow di bagian front wing dan floor. Meski terlihat kecil, namun siapa sangka bahwa dampak yang dihasilkan justru cukup besar. Hal ini pun terbukti dengan keberhasilan yang digenggam oleh Sebastian Vettel untuk menyingkirkan Mercedes dari singgasana tertinggi.

Baca juga:
SPRINTER INDONESIA JUARA DUNIA 100M

Secara teknis, untuk front wing, tim asuhan Maurizio Arrivaben ini merevisi kisi-kisi yang ada di bagian tersebut. Dibandingkan dengan desain sebelumnya yang hanya berdimensi kecil, dan tidak begitu lebar mengalirkan udara, untuk spec kedua yang digunakan Ferrari sangat jauh berbeda. Meskipun masih berada di posisi yang sama, namun untuk dimensi panjang, spec kedua ini memiliki kelebihan yang cukup banyak, terutama dengan desain yang lebih panjang, sehingga bisa memaksimalkan performa mobil.

Menurut informasi yang dibeberkan Autosport, Ferrari melakukan tersebut dikarenakan mengikuti karakter sirkuit Silverstone yang memang cukup tricky, dan juga tidak lepas dari peran pebalap mereka yang memberikan referensi terkait keandalan mobil tersebut.

Sementara itu, perubahan kedua yang dilakukan oleh skuat Maranello ini terbilang cukup besar. Pasalnya, bagian floor yang sejatinya tidak banyak dirubah dengan slot tambahan. Akan tetapi, di putaran kesepuluh ini racikan tersebut mampu menghantarkan Sebastian Vettel berhasil meraih kemenangan dengan jarak 2,264detik dari Lewis Hamilton.

Baca juga:
FEDERER TINGGALKAN PANGGUNG WIMBLEDON

Secara visual, floor yang dimodifikasi tersebut kini memiliki tiga slot tambahan, di bagian depan, tengah dan bagian belakang. Mengenai posisinya, slot tambahan tersebut menempati area terluar dari floor atau tepat di sebelah sidepod. Keuntungan dari modifikasi yang dibenamkan tersebut, adalah dapat membantu menciptakan output yang lebih baik lagi. Selain itu, ini juga untuk mencegah terjadinya turbulansi ban depan karena nantinya akan mengganggu sistem aerodinamis bagian belakang.

Berbekal perubahan tersebut, maka tidak heran Scuderia Ferrari dapat lebih unggul dari rival utamanya, Silver Arrow. Selain mesin, rupa-rupa lainnya juga ternyata sangat berpengaruh untuk menambah kompetitif mobil di atas lintasan.

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Scuderia Ferrari | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Perolehan Hasil Sesuai dengan Target

Perolehan Hasil Sesuai dengan Target

ETCC
Adrianza Akhiri Puasa Podium

Adrianza Akhiri Puasa Podium

TOURING
Koleksi Podium Tjandra Bertambah

Koleksi Podium Tjandra Bertambah

TOURING
Vergne Semakin Haus Kemenangan

Vergne Semakin Haus Kemenangan

FORMULA E

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company