Nih, Modal Utama Skutik Baru Suzuki

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : SIS | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

Gebrakan Suzuki di Entry Level

SPORTKU.COM

Sejak diluncurkan di IIMS 2018, Suzuki Nex II menjadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), lalu bagaimana dengan impresi berkendaranya?

Hadirnya Suzuki Nex II memang didesain untuk menggebrak segmen skutik entry level di Indonesia. Dengan desain baru dibanding generasi sebelumnya, Nex II dibuat untuk menyasar market pasar anak muda yang membutuhkan tunggangan kecil namun stylish. 

Dengan harga termurah di kelasnya, tentu semua orang penasaran bagaimana rasa menunggangi motor bermesin 115cc tersebut. Dan kali ini, SPORTKU mendapat kesempatan merasakan kemampuan Nex II pada Rabu (11/7). 

Menempuh jarak kurang lebih 50km dari kawasan Kemang, Jakarta menuju Alam Sutera, Tangerang, kami melewati berbagai kontur jalan. Mulai dari jalanan mulus, bergelombang, serta berlubang. Dengan kondisi seperti itu, tentu bisa menguji kemampuan skutik mungil tersebut.

Dibanding generasi terdahulunya, Suzuki Nex II memang tampil lebih agresif dan menonjol dari segi desain serta striping. Selama perjalanan, saya merasakan juga handling cukup lincah di jalan ibu kota serta melibas kemacetan.

Bodi kecilnya bisa dengan mudah melakukan manuver diantara mobil yang memadati jalanan. Untuk performa mesin, tenaga yang disemburkan dari Nex II juga terbilang cukup mumpuni. Mesin yang diklaim menghasilkan tenaga 6,9 kw pada 8.800 rpm sudah cukup untuk motor perkotaan. 

Tetapi, ada catatan khusus dari saya yang mendapat tipe standard dalam tes kali ini. Suara motor ini bisa dibilang cukup kasar saat gas mulai dipelintir agak dalam di 6.000 rpm. Selain itu, saat melakukan starter awal, mesin masih mengeluarkan suara khas motor matik zaman dulu. 

Mungkin ini bisa menjadi perhatian bagi Suzuki untuk melakukan pembenahan di generasi berikutnya untuk lebih meningkatkan daya saingnya. Kemudian, dengan badan saya yang lumayan bongsor, terasa jok Nex II kurang lebar sehingga membuat badan cepat pegal saat perjalanan jauh.

Namun, yang cukup membuat kami kagum adalah redaman suspensi yang cukup mantap karena tidak terlalu keras tapi juga tidak empuk. Pas!

Selain itu, konsumsi BBM-nya terbilang irit. Menempuh perjalanan sekitar 50km, jarum penunjuk BBM terlihat sama sekali tidak bergerak. Pihak Suzuki mengklaim motor ini mampu menempuh jarak 49km dengan 1 liter bensin. Tapi, kami rasa angka yang sebenarnya lebih baik dari klaim Suzuki.

Dengan hasil tersebut, bisa dibilang Nex II  menjadi skutik entry level teririt di kelasnya. Faktor tersebut jelas menjadi modal utama untuk melibas jalanan Jakarta yang memiliki karakter stop and go.

Secara keseluruhan, motor dengan berat kosong 93kg tersebut sangat cocok untuk kawula muda dengan aktivitas padat di ibu kota. Dibekali tenaga yang mumpuni dan hemat BBM, jelas Nex II bisa menjadi pilihan menarik masyarakat Indonesia yang ingin mencari skutik murah tapi tidak murahan. 

Baca Juga:
Ramai-Ramai Ejek Timnas Inggris

Baca Juga:
Suzuki Nex II Tebar Pesona di PRJ

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : SIS | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company