Yerry Mina, Dilema Untuk Barcelona

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

Yerry Mina, Dilema Untuk Barcelona

SPORTKU.COM

Performa impresif Yerry Mina bersama Kolombia di Piala Dunia 2018 ternyata membuat Barcelona merasakan dilema, kenapa ya?

Sebelum Piala Dunia dimulai, nama Yerry Mina memang masuk daftar jual klub karena performanya tidak berkembang sejak bergabung pada Januari 2018 lalu. Ia kerap melakukan kesalahan dan membuat lini belakang Blaugrana rentan kebobolan saat dirinya diturunkan oleh Ernesto Valverde.

Atas hal inilah, manajemen klub menilai Mina kurang cocok dengan cara bermain Barcelona yang setiap pemainnya dituntut handal dan tenang dalam menguasai bola. Apalagi, Barcelona kabarnya tinggal selangkah lagi mendapatkan bek Sevilla, Christian Lenglet.

Hal itu jelas membuat posisi Mina kian rawan tergeser karena tim Catalan sudah punya tiga bek lain yang lebih dipercaya Valverde, yakni Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Thomas Vermaelen. Namun, saat Piala Dunia bergulir hal tersebut berubah 180 derajat.

Pemain yang baru berusia 23 tahun tersebut tampil sangat apik bersama Kolombia. Bahkan, ia mencetak gol-gol penting di tiga laga Los Cafeteros ketika menghadapi Polandia, Senegal, dan babak 16 besar kontra Inggris.

Di tiga laga tersebut, ia sukses mencatatkan namanya di papan skor meski saat bertemu Inggris golnya tidak berarti karena Kolombia tersingkir usai kalah via adu penalti. Tetapi, meski negaranya tersingkir, nama Mina menjadi buah bibir karena jadi satu-satunya bek yang berhasil mencetak trigol di Piala Dunia.

Hal itu pun membuat namanya menjadi buruan klub Eropa yang tertarik menggunakan jasanya. Ada Everton, Manchester United, dan Liverpool yang tertarik dengan mantan pemain Palmeiras tersebut. Kemampuannya dalam duel udara tentunya menjadi nilai jual utama dari Mina saat ini.

Jika dilihat dari sisi ekonomi, menjual Mina sekarang jelas berbuah keuntungan besar untuk Barcelona, tapi manajemen Blaugrana menghadapi dilema besar dan kabarnya berpikir tidak akan melepas Mina secara permanen tapi dipinjamkan terlebih dulu. Dengan usia yang masih 23 tahun, karier pemain bertinggi badan 195 cm tersebut tentu masih sangat panjang.

Melepasnya sekarang seolah menjadi perjudian besar Barcelona karena bukan tidak mungkin dalam dua atau tiga tahun ke depan ia bisa menjadi salah satu bek terkuat di dunia. Bisa saja melepas Mina akan menjadi bumerang untuk mereka seperti saat menjual Thiago Alcantara ke Bayern Muenchen 2013 silam. 

Baca Juga:
Sindiran Hazard Untuk Perancis

Baca Juga:
Kubica Nyaris Gabung Ferrari

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 12 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Karius, Kiper Terbaik Premier League

Karius, Kiper Terbaik Premier League

FOOTBALL
Beruntungnya Benjamin Mendy

Beruntungnya Benjamin Mendy

FOOTBALL
Saat Ronaldo Bicara Soal Messi!

Saat Ronaldo Bicara Soal Messi!

FOOTBALL
Manchester United Gandeng Kohler Co

Manchester United Gandeng Kohler Co

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company