Mengenal Lebih Dalam Turnamen Basket 3x3

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Dedi Hermawan | 14 July 2018

SPORTKU.COM

IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour akan segera bergulir, lalu bagaimana aturan dan regulasi dalam permainan 3x3 ini?

IBL selaku operator resmi olahraga bola basket di Indonesia membuat terobosan dalam mengisi waktu off season. Mereka membuat turnamen bertajuk ‘IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2018’ yang akan dilangsungkan di tiga kota, Yogyakarta (14-15 Juli), Malang (21-22 Juli), dan Jakarta (27-28 Juli).

Memang permainan 3x3 ini terkesan masih awam di Indonesia. Untuk itu, kita patut mengetahui seperti apa cara bermain serta peraturan yang berlaku pada ajang IBL 3x3 kali ini.

Sebenarnya, jika kita melihat olahraga basket secara global, 3x3 sudah punya wadah tersendiri. Federasi Basket Internasional (FIBA) sudah mengatur kompetisi serta regulasi dari permainan 3 melawan 3 ini. Secara permainan, hanya ada beberapa hal mendasar yang berbeda antara 3x3 dan basket konvensional 5 on 5. 

Berikut ini kami coba menjelaskan sesuai regulasi yang tertuang dari FIBA.

Perbedaan mendasar yang pertama jelas jumlah pemain di lapangan yakni dalam 3x3 permainan berlangsung 3 melawan 3. Kemudian pemain cadangan ada satu orang. Jadi, setiap tim wajib memiliki empat pemain. Wasit yang memimpin saat bertanding ada satu atau dua jika diperlukan di dalam lapangan dibantu tiga ofisial di luar lapangan. 

Selanjutnya, lapangan yang digunakan hanya setengah saja dari lapangan basket 5 on 5. Ukuran lapangan sesuai regulasi harus memiliki lebar 15m x panjang 11m. Bola yang digunakan juga berukuran 6 atau lebih kecil dari 5 on 5 yang punya ukuran 7.

Durasi waktu bermain di 3x3 adalah 1x10 menit dan terdapat 1 kali time out untuk setiap tim. Tapi pertandingan akan dihentikan jika ada salah satu tim yang terlebih dulu mencapai 21 poin, karena itu menjadi nilai maksimal. Tentu ini berbeda dengan basket konvensional karena skor pertandingan tidak punya batasan. 

Setelahnya setiap poin di 3x3 hanya bernilai satu dan dua poin saja, sedangkan di 5 on 5 ada dua dan tiga poin. Selanjutnya, setelah tim mencetak angka, pertandingan terus berlanjut tanpa adanya jeda.

Tentunya, turnamen IBL 3x3 Basketball Indonesia Tour 2018 ini akan menarik karena baru pertama kali digelar. Apalagi, turnamen ini diikuti oleh seluruh tim IBL yang biasanya kita hanya menyaksikan di kompetisi basket konvensional.

Ditambah, pemenang turnamen ini akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang FIBA 3x3 World Tour di Cina pada 29-30 September mendatang.

Baca Juga:
Gaya Pragmatis Perancis Yang Berbuah Tiket Final

Baca Juga:
Presley Martono Akan Tampil Di Formula 3 Asia Seri Perdana

Text : Aga Buge Katiara | Photo / Video : Pariyono | Editor: Dedi Hermawan | 14 July 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

OCA Puji Persatuan Korsel-Korut

OCA Puji Persatuan Korsel-Korut

BASKETBALL
Pelatih Korea: Indonesia Lemah

Pelatih Korea: Indonesia Lemah

BASKETBALL
Dicukur Korea, Ini Alasan Pelatih

Dicukur Korea, Ini Alasan Pelatih

BASKETBALL
Duet Korea Hancurkan Indonesia

Duet Korea Hancurkan Indonesia

BASKETBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company