Catatan Rekor Indonesia di Asian Games

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Biem | Editor: Andi Wahyudi | 10 August 2018

SPORTKU.COM

Inilah deretan rekor yang sukses diraih oleh atlet Indonesia di ajang Asian Games

Sejak pertama kali Asian Games digelar pada tahun 1951, Indonesia tak pernah absen menjadi peserta ajang olah raga tertinggi di tingkat Asia tersebut. Namun, prestasi Indonesia di ajang ini tak begitu cemerlang.

Adapun raihan tertinggi yang pernah dicatatkan Indonesia di ajang Asian Games adalah pada tahun 1962 dimana Indonesia yang menjadi tuan rumah saat itu berhasil keluar sebagai runner up dengan meraih 51 medali yang terdiri 11 emas, 12 perak, dan 28 perak.

Meski demikian, beberapa cabang olahraga Asian Games sendiri banyak rekor yang tercatatkan atas atlet Indonesia.

Yang pertama datang dari cabang Bowling. Ryan Lalisang, berhasil menjadi atlet bowling yang sukses mencatatkan rekor sebagai peraih poin terbanyak di nomor tunggal putra di ajang Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Ryan berhasil mengumpulkan 1.442 poin. Poin tersebut berhasil melampaui catatan poin yang diraih oleh atlet bowling asal Thailand, Kritchawat Jampakao yang meraih 1.408 poin di Asian Games Bangkok tahun 1998.

Kini setelah 12 tahun lamanya, belum ada satu atlet pun yang bisa menyamai rekor yang diukir Ryan Lalisang.

Baca juga
Tertua-Termuda di Asian Games 2018

Rekor dari Bowling lainnya dipegang oleh Putty Armein dkk yang berhasil mengumpulkan 1.247 poin dari nomor lima putri (team of five) yang mereka bukukan pada ajang Asian Games Guangzhou, Cina 2010 silam.

Bulu tangkis yang notabene merupakan cabang olah raga yang diandalkan Indonesia untuk meraih medali juga mencatatkan rekor gemilang di ajang Asian Games.

Adapun catatan rekor yang dibuat Indonesia adalah sebagai negara yang paling sukses di sektor ganda putra. Dari 14 edisi Asian Games, nomor tersebut tercatat telah sumbangkan tujuh medali emas melampaui catatan negara kuat macam Malaysia (4 emas), Korea Selatan (2), dan Cina (1).

Adapun pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi atlet bulu tangkis terakhir yang mampu sumbangkan emas di nomor ganda putra pada Asian Games 2014 silam.

Selain itu 938 atlet yang akan bertarung mewakili Indonesia di Asian games 2018 mendatang menjadi rekor tersendiri bagi Indonesia lantaran inilah jumlah terbanyak yang turunkan Indonesia. Sebelumnya, jumlah terbanyak Indonesia ketika menjadi tuan rumah pada tahun 1962 di mana ada 285 atlet bertarung saat itu.

Adapun sepanjang keikutsertaan di Asia Games, Indonesia berhasil mengumpulkan 358 medali dengan rincian: 60 emas, 95 perak, dan 203 perunggu. Jumlah tersebut menempatkan Indonesia berada di urutan ke-12 dari 46 negara.

Baca juga
Skuat Timnas Bola Indonesia di Asian Games

 

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Biem | Editor: Andi Wahyudi | 10 August 2018

  • facebook share

RELATED NEWS

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

Miliader Indonesia Ikut Asian Games

DID U KNOW
Tertua-Termuda di Asian Games 2018

Tertua-Termuda di Asian Games 2018

DID U KNOW
Apa Sih Olahraga Kabaddi?

Apa Sih Olahraga Kabaddi?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company