image

Usain Bolt Ungkap Ambisi Dan Skandal Doping Olimpiade Rio

Text : Maya Soeparwoto | Editor: Andi Wahyudi | 9 August 2016

SPORTKU.COM

Sang juara enam kali Olimpiade, Usain Bolt mengungkapkan tentang masa depan atletik pada sebuah konferensi pers di Olimpiade Rio, di Cidade das Artes, Rio de Janeiro Senin (8/7/2016).

Bolt menyampaikan harapan pada masyarakat, para fans olah raga atletik di seluruh dunia agar memiliki kepercayaan kuat di tengah maraknya masalah doping yang melanda para atlet dunia. Seperti telah terjadi pukulan besar skandal doping pada ajang Olimpiade Rio kali ini yang menimpa pada para atlet Rusia.

"Masyarakat harus percaya pada kami (atlet) meski  maraknya skandal doping saat ini. Kami pun cukup waspada agar tidak jatuh pada hal-hal buruk. Dan saat ini kita sudah ke arah yang benar" ujar Bolt

Namun si manusia tercepat di dunia ini juga tidak dapat menjamin apakah para atlet lari yang bertanding di Olimpiade Rio bebas dari obat-obatan ataupun doping.

Pada Olimpiade Rio kali ini, Bolt yang akan turun di nomor 100m, 200m dan 4x100m estafet dipastikan dirinya sangat menjaga dan mempersiapakan agar ambisi medali emas bisa direbut tahun ini. Sebagai pemegang rekor dunia di nomor 100m dan 200m, Bolt menyimpan ambisinya akan mencetak rekor waktu di bawah 19 detik pada nomor 200m.

Bolt diperkirakan akan meraih sukses ketiganya di Rio, setelah kemenangannya di nomor 100m, 200m, dan 4x100m estafet setelah dua gelar beruntun dicapainya pada Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

"Pada nomor 100m bukan beban untuk saya. Entah mengapa justru saya selalu gugup menjalani nomor 200m. Saya selalu ingin mencapai rekor waktu di bawah 19 detik. Sungguh ini berat. Tapi yah, kita tak pernah tahu. "

Kehandalan Usain Bolt juga diakui oleh Mantan sprinter AS, Michael Johnson.  Johnson berandai-andai jika dia berada pada era yang sama dan harus bertanding dengan Bolt, pastinya akan kalah. Michael Johnson sendiri telah mencetak rekor dunia 19:32 detik dan meraih medali emas 200m pada Olimpiade Atlanta 1996.

Bolt telah memperbaiki catatan waktu Johnson sebanyak dua kali yaitu 19.19 detik pada World Championships 2009 di Berlin, Jerman.

Mata dunia dan Jamaika kini menanti performa Bolt di Olimpiade Rio 2016. Cabang atletik sendiri akan mulai dipertandingkan pada Jumat 12 Agustus 2016 dan aksi Bolt akan tampil pertama pada nomor 100m.

Namun di  balik semua ambisi dan intuisinya Bolt telah merencanakan masa pensiunnya. Ia akan menggantung sepatu dari dunia atletik setelah World Championships 2017. Hal ini telah Bolt sampaikannya Februari lalu.

Text : Maya Soeparwoto | Editor: Andi Wahyudi | 9 August 2016

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

Empat Publik Figur Ikut Marathon

Empat Publik Figur Ikut Marathon

RUNNING

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company