image

Hacker Bocorkan Data Atlet Tenar Dunia, Inikah Pembalasan Rusia?

Text : Maya Soeparwoto | 20 September 2016

SPORTKU.COM

Heboh, sejumlah data atlet juara Olimpiade bocor di publik. Rusia diduga dalangnya.

Juara Olimpide Rio Mo Farah, Rafael Nadal dan Justin Rose adalah sejumlah nama atlet yang menjadi target bocoran rahasia dokumen medis yang yang dilakukan oleh kelompok spionase cyber Rusia, demikian disampiakan oeleh lembaga anti doping, WADA.

Atlet Inggris Mo Farah adalah pemenang medali perak Olimpiade Rio pada nomor 5.000 dan 10.000 meter sementara rekan senegaranya Rose meraih medali emas pertama pada cabor golf selama 112 tahun.

Petenis Spanyol Rafel Nadal, 14-kali juara Grand Slam memenangkan medali emas pada nomor ganda putra Olimpiade Rio bersama rekan senegaranya Marc Lopez. Dia juga memenangkan medali emas pada nomor tunggal putra di Olimpiade Beijing 2008 namun gagal pada London 2012 karena cedera lutut.

Seperti lansiran Reuters, WADA mengatakan pihaknya percaya bahwa para hacker, bernama APT28 dan Fancy Bears, memperoleh akses ke administrasi dan manajemen sistem anti-doping (ADAMS) melalui akun IOC yang diciptakan untuk Olimpiade Rio.

Dokumen yang berhubungan dengan Farah dan dipublikasikan di website fancybear.net, menunjukkan bahwa pelari jarak jauh ini tidak terbukti aktif penggunaan Therapeutic Use Exemptions (TUEs) pada saat Olimpiade. Dia menerima infus intravena berupa larutan garam, morfin sulfat dan vicodin yang diberikan secara oral selama perawatan di rumah sakit periode 3-5 Juli 2014. Saat itu Mo Farah runtuh saat proses pelatihan lari. Sebelumnya , Farah juga diberi TUEs untuk dosis 80mg dari triamsinolon kortikosteroid pada bulan Oktober 2008.

Sedangkan Rose memiliki dosis harian dari anti-inflamasi prednisolon antara Mei tahun ini dan 20 Juni.

Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Nadal, yang selama lebih dari dua bulan absen karena karena cedera pergelangan tangan hingga memaksanya mudur dari turnamen Prancis Terbuka dan Wimbledon menunjukkan pengecualian pada tahun 2009 dan 2012.

Rilis data keempat sejauh ini bersangkutan dengan 26 atlet dari Argentina, Belgia, Burundi, Kanada, Denmark, Perancis, Inggris, Hungaria, Spanyol dan Amerika Serikat.

Nama - nama para atlet tenar tersebut termasuk Francine Niyonsaba (Burundi), atlet sepeda Inggris Callum Skinner dan peraih dua kali medali emas Olimpide pada cabor dayung, Helen Glover.

WADA telah mengatakan ini sebagai "serangan kriminal" yang ceroboh mengekspos data pribadi dalam upaya mencoreng reputasi.

WADA juga percaya bahwa serangan ini adalah pembalasan atas investigasi para atlet Rusia yang terkena doping. yang disponsori negara di Rusia.

Fancy Beras sebelumnya telah menyiarkan data atlet AS Simone Biles, Elena Delle Donne, dan Serena dan Venus Williams serta juara Tour de France Bradley Wiggins dan Chris Froome.

 

 

Baca Juga:
Akhirnya, 29 Perenang Rusia Lolos Dan 3 Gagal Di Olimpiade 2016

Text : Maya Soeparwoto | 20 September 2016

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company