image

Kemenpora Siap Bantu Niat Striker Ajax Berpaspor Indonesia

Text : Republika | Editor: Maya Soeparwoto | 29 December 2016

SPORTKU.COM

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersedia membantu PSSI memulangkan pemain Ajax Amsterdam, Ezra Walian ke Tanah Air. Juru Bicara Kemenpora, Gatot Dewa Broto menerangkan, selama ini usaha pindah warga negara para olahragawan memang melalui perantara Kemenpora.

Gatot mengatakan, Kemenpora selama ini terbuka bagi pengurus-pengurus induk cabang olah raga di dalam negeri, untuk mengembalikan kewarganegaraan keturunan Indonesia yang kini berstatus warga negara asing.

"Kami akan memfasilitasi usaha PSSI (untuk Ezra) agar bisa menjadi warga negera Indonesia. Selama ini, Kemenpora sudah melakukan itu untuk sejumlah atlet," ujar dia, Rabu (28/12/2016).

Meski siap membantu dan memberikan fasilitas, namun Gatot mengaku sampai saat ini belum ada permintaan dari PSSI. Pembicaraan terkait rencana kepindahan kewarganegaraan Ezra dari Belanda ke Indonesia pun belum dibicarakan PSSI dengan Kemenpra. Akan tetapi, Gatot menegaskan Kemenpora bersedia memfasilitasi seperti sebelumnya.

Ketua Umum PSSI Letjen Edy Rahmayadi mengungkapkan, Ezra ingin mengganti status kewarganegaraannya. Saat ini, pemain 19 tahun tersebut, sudah berada di Indonesia meski masih memiliki paspor Belanda. 

Edy menerangkan, keinginan Ezra tersebut murni kemauannya agar bisa memperkuat skuat timnas Garuda. Ezra saat ini, bermain di Ajax Amsterdam di U-16. Ayah Ezra, Glenn Walian yang juga blasteran Indonesia Belanda, sedangkan ibunya Linda--yang telah meninggal pada 2012 lalu--berasal dari Belanda. Ezra lahir di Amsterdam pada 22 Oktober 1997.

Ezra Walian dalam akun Instagaramnya saat mendukung Timnas untuk Pila AFF 2016

 

 

Text : Republika | Editor: Maya Soeparwoto | 29 December 2016

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company