image Ajang balap motocross punya risiko tinggi

Mau Tahu Berapa Gaji Pebalap Motocross Nasional? Ternyata...

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2017

uploads/news/2017/01/gaji-crosser-nasional-bikin-1eafbaf4d6.JPG

Gaji Crosser Nasional Bikin Kaget

mau-tahu-berapa-gaji-a407276779
SPORTKU.COM

Peran sebagai pebalap memang bukan hal mudah. Banyak risiko yang bisa saja menimpanya. Kecelakaan menjadi hal yang bisa terjadi kapan saja kepada pebalap saat berlaga di sirkuit. Bahkan terkadang nyawa mereka yang harus menjadi taruhannya. Memang, balapan menjadi salah satu cabang olahraga yang besar risikonya dibanding lainnya.

Tak terkecuali pula untuk balapan garuk tanah alias motorcross. Adu kebut di medan offroad ini juga tak kalah tinggi risikonya. Beberapa pengamalan para crosser, patah tulang karena kecelakaan bisa mengintainya kapan pun. Tak mengenal waktu, risiko ini terus menghantui.

Karena mempunyai tingkat kecelakaan tinggi, maka bisa dibilang para pebalap motocross memiliki gaji fantastis. Tapi tidak! Kenyataan di lapangan ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Salah satu pebalap motocross yang enggan disebutkan namanya membocorkan berapa kisaran gaji mereka selama satu musim.

Sumber mengatakan jika saat ini bayaran mereka selama satu musim berlaga di event Kejurnas rata-rata di bawah Rp100 juta. "Nilai pastinya saya tidak tahu, yang saya tahu kalau sekarang kisarannya di angka Rp100 juta ke bawah," buka sumber tersebut kepada SPORTKU.com.

Angka itu memang jauh melorot jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Di mana gaji crosser bisa mencapai Rp300-400 juta setiap musimnya. Bisa dibandingkan sendiri dengan pendapatan para pebalap motocross saat ini yang nilainya terlalu jauh ke bawah.

"Kalau untuk tim papan atas mungkin ada juga ya yang di atas Rp100 juta. Gak tahu juga pastinya, karena kalau kontrak pada sembunyi-sembunyi. Tapi ya itu, sekarang memang kecil banget untuk kontrak pebalap motocross. Yang kebanyakan orang tahu kan mewah, tapi kalau sekarang ya kebalikannya."

Gak ada aturan baku bagaimana regulasi untuk tim dalam urusan kontrak pebalap. Lebih mirisnya, ada juga tim yang hanya melakukan sistem bayar setiap event berlangsung.

"Ada juga pebalap yang hanya dapat bonus seadanya. Ada yang cuma dapat hadiah kalau dia menang. Ada juga yang gak dibayar sama sekali, kan ada yang gak bisa balap karena kurang mampu dan gak punya motor. Jadi mereka ditawarin naik motornya saja, kalau menang baru dapat hadiah," ungkapnya.

Ajang balap motocross punya risiko tinggi

mau-tahu-berapa-gaji-a407276779

 

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 18 January 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company