image Marc Marquez bermain flyboard di Bali (Foto: AHM) Wahana flyboard di Tanjung Benoa, Bali (Foto: Andi) Flyboard bisa dimainkan secara tandem (Foto: Andi) Aksi flyboard (Foto: HPM)

Flyboard, Watersport Yang Menguji Ketangkasan

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Dok.Sportku | 14 February 2017

uploads/news/2017/02/sensasi-terbang-wahana-flyboard-436009eb6751279.jpg

Sensasi Terbang Wahana Flyboard

flyboard-bali-824934cdbb6b71f
flyboard-bali-69585027168be55
flyboard-bali-63320fb3c5c1011
flyboard-bali-260071ae03d3949
SPORTKU.COM

Kalau Anda penyuka kegiatan watersport, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Flyboard. Yup, ini memang wahana permainan air penuh tantangan. Flyboard diperkenalkan pertama kali tahun 2012 oleh Franky Zapata, pria kelahiran Prancis yang berprofesi sebagai watercraft rider. Konsepnya sederhana, yaitu membuat orang bisa terbang di atas air.

Nah, untuk bisa terbang, orang tersebut harus menggunakan semacam sepatu yang dilengkapi alas lebar dengan pipa pendorong. Flyboard jetpack tersebut terhubung dengan watercraft (jetski) yang berfungsi untuk menyalurkan energi dorong sehingga jetpack tersebut bisa menerbangkan pengendaranya. Daya dorong jetpack tersebut bisa mencapai ketinggian sekitar 15meter dan kemampuan menyelam hingga 2,5meter. 

Bukan perkara mudah untuk bisa mengendalikan jetpack tersebut. Ini lantaran penunggang flyboard harus bisa berenang tanpa harus menggerakan kakinya (karena terikat dengan jetpack). Pemakaian baju pelampung mutlak diperlukan untuk keselamatan.

Nah, untuk bisa terbang, penunggang flyboard harus berada dalam posisi tegak di dalam air. Ketika posisi sudah tepat, maka operator yang ada di watercraft akan membuka throttle untuk menyalurkan energi dorong ke jetpack. Untuk mengendalikannya, penunggang flyboard bisa mengaturnya melalui pergerakan kakinya. Berbagai manuver menantang bisa dilakukan seperti memutar 360 derajat, menikung tajam, menghempas ke dalam air atau keluar dari dalam air seperti gerakan ikan lumba-lumba. 

Bagi pemula, memang butuh waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan jetpack tersebut. Ketika sudah bisa terbang, ketinggiannya juga tidak lebih dari 10meter. Hal ini semata-mata untuk keselamatan si penunggang flyboard. Namun bagi yang belum bisa menerbangkan jetpack tersebut, jangan khawatir, sebab wahana flyboard bisa dikendarai secara tandem dengan instruktur. 

Untuk yang sudah terbiasa dengan flyboard, maka bisa terbang hingga 15meter dan melakukan berbagai manuver menarik yang terlihat keren. FYI, Flyboard ini juga sudah dilombakan dalam Flyboard World Championships di Doha, Qatar pada Oktober 2012. Nah, berminat?

 

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Dok.Sportku | 14 February 2017

  • facebook share
  • twitter share
  • instagram connect
  • youtube connect

RELATED NEWS

QUICK NAVIGATION

Tagline

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Mahaka Media

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company